Rabu, 19 Januari 2022 | 06.13 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Lagi, Preman Paksa Sopir Truk Tangki CPO ‘Kencing’ Warga: Tangkaplah ‘Big Boss’-nya

Lagi, Preman Paksa Sopir Truk Tangki CPO ‘Kencing’ Warga: Tangkaplah ‘Big Boss’-nya

Reporter : Agus Suhendra | Jumat, 14 Januari 2022 - 09:37 WIB

IMG-111814

Aksi premanisme penghadangan truk CPO di Desa Laut Tador, Batubara. (ist/metro24jam.com)

MGID Sky Scrapper
Loading...

BATUBARA, metro24jam.com – Aksi premanisme pengancaman untuk menghentikan paksa sopir truk tangki Crude Palm Oil (CPO) di Jalan Lintas Sumatera Kabupaten Batubara kembali terjadi. Para sopir dipaksa untuk mengeluarkan sebagian dari muatan (biasa disebut ‘kencing’-red) di salah satu gudang di sana. Aksi itu pun terekam kamera dan viral di media sosial.

Informasi diperoleh Metro24jam.com, aksi tersebut terjadi di Desa Laut Tador, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, Selasa (11/1/2022).

Dalam rekaman video tersebut, terlihat jelas 2 pria mengancam seorang sopir karena tidak mau membelokkan truk CPO yang dikemudikannya ke dalam gudang.

“Kau ku foto kau ya, kaya nggak lewat lintas sini aja kau. Kalau apa kau berhenti jangan kau kencang-kencang. Sengaja kau jalan dari sana kencang kau kan. Yang lain bisa berhenti, kenapa kau enggak mau berhenti,” sergah pria yang diduga preman, dalam video berdurasi 20.49 detik terbut.

Seorang pria yang ada dalam kabin truk yang diduga merekam aksi preman tersebut lalu menjawab, ‘Ada mobil, kalau aku berhenti ketabrak. Dia main masuk aja’.

Sadar dengan kamera Hendphone yang terlihat digenggaman seorang penumpang truk, preman tersebut bergegas pergi dan mengancam sopir truk untuk berhati-hati bila melintas di Kabupaten Batubara.

“Awas kau ya, hati-hati kau. Ku tandai kau,” ujar preman tersebut sembari meninggalkan truk.

“Tolonglah, enggak bisa diambil ini ketua. Aku juga mau duit, tapi ini enggak bisa,” kata sopir.

Meskipun sudah memohon, mobil truk tetap tidak diberikan jalan dan dipaksa untuk masuk ke dalam gudang diduga untuk mengeluarkan isi tangki dengan istilah ‘kencing’.

“Gak bisa bang, aku minta tolong kali gak bisa bang,” kata supir.

Dalam video juga terlihat dari kejauhan, seorang rekan preman lainnya juga memberhentikan truk tangki warna kuning dan memaksa berhenti. Namun, lantaran diberi kode tidak berisi muatan, truk tersebut diberi izin jalan.

Terkait hal itu sejumlah warga yang ditanyai menyebutkan salah satu pemicu maraknya pencurian CPO ilegal juga dipengaruhi kehadiran oknum nakal maupun pabrik sawit tanpa kebun. Pabrik ini menjadi ‘tempat pencucian’.

“Logikanya bagaimana pabrik bisa berjalan kalau tidak punya kebun pasokan buah. Apalagi di saat ini harga buah sawit saat ini lagi melambung tinggi,” katanya saat ditemui di simpang empat Limapuluh – Jalinsum Medan-Kisaran, Kamis (13/1/2022), siang.

Ia menambahkan, bahwa rata-rata satu drum berisi 100-200 liter. Jika dihitung kerugian dari kegiatan CPO ‘kencing’ tersebut bisa mencapai Rp1 miliar per hari, kalau dibayar Rp1 juta per drum kepada supir nakal.

“Kegiatan ilegal ini juga memanfaatkan toleransi nilai susut dari jual beli CPO. Jadi, kalau muatan CPO berkurang sekitar 3 persen masih dimungkinkan. Celah inilah yang dimanfaatkan sindikat tesebut. Idealnya, tangki truk pengangkut CPO bagus tidak ada nilai susut,” ketusnya.

Ketika ditanya terkait penindakan, selama ini, pria yang minta identitas tidak disebutkan mengatakan, yang ditangkap itu masih level kroco alias pesuruh.

“Usul ku tangkaplah ‘big bos’ nya! siapa ‘big bos’ nya. Ya, aparatlah paling tahu. Tidak mungkin mereka tidak tahu,” katanya berlalu memacu sepeda motornya.

Sayang Kapolres Batubara AKBP H Ikhwan Lubis ketika dikonfirmasi melalui Aplikasi Whast App, aksi premanisme pengancaman dan menghentikan paksa sopir truk tangki di (Jalinsum) Batubara tersebut, hingga saat ini belum bersedia memberikan penjelasan.

Sebelumnya beredar satu rekaman video yang memperlihatkan sejumlah pria menghentikan secara paksa truk tangki CPO yang melintas di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara.

Dalam rekaman terlihat, awalnya seorang pria menghadang truk CPO berwarna hijau tua. Beberapa saat kemudian, seorang pria lain membawa kayu ikut menghadang, diduga karena sopir truk tak mau berbelok ke arah salah satu gudang di sana.

Sat Reskrim Polres Batubara kemudian meringkus para pelaku setelah video tersebut viral di media sosial. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
3 Rumah Terbakar di Porsea, Tim TPL Bantu Unit Damkar Pemkab Toba Padamkan Api

3 Rumah Terbakar di Porsea, Tim TPL Bantu Unit Damkar Pemkab Toba Padamkan Api

Tiga unit rumah warga yang di Desa Simpang Sigura-gura, Kecamatan Porsea rusak parah setelah terjadi musibah kebakaran, Senin (18/01/2022) malam.Untuk ...
Curi Motor di Hotel Alam, 2 Tersangka Ditangkap, 1 Ditembak, Temannya dan Penadah Buron

Curi Motor di Hotel Alam, 2 Tersangka Ditangkap, 1 Ditembak, Temannya dan Penadah Buron

Unit Reskrim Polsek Medan Area berhasil meringkus 2 tersangka pelaku pencurian sepedamotor, Senin (10/1/2022). Seorang di antaranya, dilumpuhkan polisi dengan ...
Dinyatakan Tidak Terbukti Lakukan Pemalsuan Akta, Pengusaha Minuman Vigour Divonis Bebas

Dinyatakan Tidak Terbukti Lakukan Pemalsuan Akta, Pengusaha Minuman Vigour Divonis Bebas

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan memvonis bebas pengusaha minuman vigour, David Putranegoro alias Lim Kwek Liong (64) Senin (17/1/2022). ...
Otak Pelaku Pembunuhan di Kafe 77 Dituntut Hukuman Seumur Hidup Penjara

Otak Pelaku Pembunuhan di Kafe 77 Dituntut Hukuman Seumur Hidup Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Priono Naibaho menuntut Edi Fananta Ginting hukuman seumur hidup penjara. Pria 21 tahun ini dianggap ...
Bersama Forwakum Sumut, Kejari Medan Bagikan 200 Paket Bahan Pangan

Bersama Forwakum Sumut, Kejari Medan Bagikan 200 Paket Bahan Pangan

Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menggelar kegiatan bakti sosial dengan membagikan 200 paket ...
HBM Consultant Siap Bantu Urus Manajemen Pajak di Siantar-Simalungun

HBM Consultant Siap Bantu Urus Manajemen Pajak di Siantar-Simalungun

Harmonisasi Bisnis Management (HBM), menggelar Soft Opening di Jalan Raya, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Senin (17/1/2022) siang.Alfiando Jayali ...
Horas Laundry
MGID

Loading…


Awie
AdvertNative 320 x 200