Rabu, 19 Januari 2022 | 04.45 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Tim Tabur Kejatisu Tangkap Buronan Kasus Korupsi Pengadaan Sarana Air Minum di Doorsmer

Tim Tabur Kejatisu Tangkap Buronan Kasus Korupsi Pengadaan Sarana Air Minum di Doorsmer

Reporter : Reza D | Kamis, 13 Januari 2022 - 23:42 WIB

IMG-111804

Juara Pangaribuan saat diboyong petugas kejaksaan. (ist/metro24jam.com)

MGID Sky Scrapper
Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) mengamankan Direktur PT Karya Bukit Nusantara (KBN), Juara Pangaribuan, di rumah sekaligus tempat usahanya yakni Corez Flower & Doorsmer, Gang Madirsan Ujung, Tanjung Morawa, Deliserdang, Kamis (13/1/2022).

Pria yang jadi buronan sejak 2018 ini merupakan terpidana korupsi pengadaan sarana air minum di Sibisa (DAK) Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Tahun Anggaran (TA) 2007.

“Saat kita amankan, terpidana tidak melakukan perlawanan dan langsung kita bawa ke Kejatisu untuk selanjutnya kita serahkan ke Cabjari Toba Samosir di Porsea,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejatisu, Yos A Tarigan dalam rilis yang diterima wartawan.

Yos menjelaskan, putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor: 1540 K/Pid.Sus/2015 tanggal 24 Maret 2016, menaikkan tuntutan jaksa menjadi 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan.

“Terpidana ditetapkan DPO sejak 31 Juli 2018. Selama pelariannya, terpidana JP berada di Medan dan Tanjung Morawa membuka usaha doorsmer. Sebelumnya, jaksa menuntut terpidana 4 tahun penjara dan divonis majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan selama 1 tahun 6 bulan penjara,” jelasnya.

Mantan Kasi Pidsus Kejari Deliserdang ini mengungkapkan, bahwa pada saat pelaksanaan pengadaan Sarana Air Minum di Sibisa (DAK) senilai Rp 1.870.000.000, ternyata Juara menyerahkan (men-sub-kontrak) seluruh pekerjaan kepada TS (DPO).

Dalam perkara korupsi ini, ada 5 orang yang ditetapkan tersangka yakni DRS, GN dan AM sudah menjalani hukuman. Juara berhasil diamankan dan TS yang saat ini masih DPO diharapkan segera menyerahkan diri untuk menjalani putusan MA.

Kelimanya dijerat dengan Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) KUHPidana.

“Perbuatan melawan hukumnya adalah pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai waktu dan volume pekerjaan tidak sesuai dengan kontrak. Kerugian keuangan Negara berdasarkan perhitungan Badan Pengawasan Keuangan Negara (BPKP) Perwakilan Sumut sebesar Rp 519.584.436 dan telah dibayarkan ke kas negara,” ungkap Yos. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
3 Rumah Terbakar di Porsea, Tim TPL Bantu Unit Damkar Pemkab Toba Padamkan Api

3 Rumah Terbakar di Porsea, Tim TPL Bantu Unit Damkar Pemkab Toba Padamkan Api

Tiga unit rumah warga yang di Desa Simpang Sigura-gura, Kecamatan Porsea rusak parah setelah terjadi musibah kebakaran, Senin (18/01/2022) malam.Untuk ...
Curi Motor di Hotel Alam, 2 Tersangka Ditangkap, 1 Ditembak, Temannya dan Penadah Buron

Curi Motor di Hotel Alam, 2 Tersangka Ditangkap, 1 Ditembak, Temannya dan Penadah Buron

Unit Reskrim Polsek Medan Area berhasil meringkus 2 tersangka pelaku pencurian sepedamotor, Senin (10/1/2022). Seorang di antaranya, dilumpuhkan polisi dengan ...
Dinyatakan Tidak Terbukti Lakukan Pemalsuan Akta, Pengusaha Minuman Vigour Divonis Bebas

Dinyatakan Tidak Terbukti Lakukan Pemalsuan Akta, Pengusaha Minuman Vigour Divonis Bebas

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan memvonis bebas pengusaha minuman vigour, David Putranegoro alias Lim Kwek Liong (64) Senin (17/1/2022). ...
Otak Pelaku Pembunuhan di Kafe 77 Dituntut Hukuman Seumur Hidup Penjara

Otak Pelaku Pembunuhan di Kafe 77 Dituntut Hukuman Seumur Hidup Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Priono Naibaho menuntut Edi Fananta Ginting hukuman seumur hidup penjara. Pria 21 tahun ini dianggap ...
Bersama Forwakum Sumut, Kejari Medan Bagikan 200 Paket Bahan Pangan

Bersama Forwakum Sumut, Kejari Medan Bagikan 200 Paket Bahan Pangan

Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menggelar kegiatan bakti sosial dengan membagikan 200 paket ...
HBM Consultant Siap Bantu Urus Manajemen Pajak di Siantar-Simalungun

HBM Consultant Siap Bantu Urus Manajemen Pajak di Siantar-Simalungun

Harmonisasi Bisnis Management (HBM), menggelar Soft Opening di Jalan Raya, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Senin (17/1/2022) siang.Alfiando Jayali ...
Horas Laundry
MGID

Loading…


Awie
AdvertNative 320 x 200