Rabu, 19 Januari 2022 | 06.06 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Sidang Pembunuhan di Kafe 77, 2 Terdakwa Dituntut 20 Tahun Bui, Seorang Lagi 15 Tahun

Sidang Pembunuhan di Kafe 77, 2 Terdakwa Dituntut 20 Tahun Bui, Seorang Lagi 15 Tahun

Reporter : Reza D | Selasa, 11 Januari 2022 - 23:19 WIB

IMG-111765

Majelis hakim saat mendengarkan pembacaan tuntutan. (ist/metro24jam.com)

MGID Sky Scrapper
Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Dua terdakwa yang terlibat perkara pembunuhan terhadap Janwarisa Sembiring alias Ucok di Kafe 77, Jalan Bunga Rinte Raya, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Syandyta Ginting (21) dan Luddy Tanca Aprija Perangin-angin (24) dituntut masing-masing selama 20 tahun penjara.

“Meminta majelis hakim supaya menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada kedua terdakwa masing-masing selama 20 tahun,” ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Priono Naibaho dalam sidang virtual di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (11/1/2022).

Sementara terdakwa Rikki Sinulingga (20) dituntut selama 15 tahun penjara. Perbuatan ketiga terdakwa dinilai terbukti melakukan pembunuhan berencana sesuai Pasal 340 KUHPidana jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

“Adapun peran masing-masing terdakwa adalah turut serta membantu melakukan pembunuhan berencana terhadap Janwarisa Sembiring alias Ucok,” beber Chandra.

Usai mendengarkan tuntutan, Hakim Ketua, Denny Lumban Tobing memberikan kesempatan kepada para terdakwa untuk menyampaikan nota pembelaan (pledoi) pada sidang berikutnya.

Sedangkan untuk satu terdakwa lagi yakni Edi Fananta Ginting (21), JPU mengaku tuntutannya akan dibacakan pada pekan ini.

Dalam dakwaan JPU Chandra Priono Naibaho, pada Minggu (3/5/2021) jam 23.00 WIB, Edi Fananta bersama rekannya sedang joget di Kafe 77 Jalan Bunga Rinte Raya Kelurahan Tanjung Selamat Kecamatan Medan Tuntungan.

Namun, Edi dan Janwarisa Sembiring alias Ucok (korban) yang sedang asik di atas panggung tidak sengaja saling bersenggolan. “Ayo pulang, mau dihantamnya aku,” sebut JPU, menirukan ucapan Edi yang mengajak tiga terdakwa lain untuk meninggalkan Kafe 77 tersebut.

Setiba di Simpang Selayang, saksi Awal Sinulingga dan Rio Swandi Bangun pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan para terdakwa tetap berada di Simpang Selayang.

“Terdakwa Edi yang masih menyimpan perasaan tidak senang terhadap korban, meminta rekannya untuk mengambil pisau. Edi menyelipkan pisau tersebut di pinggangnya dan mereka berempat pergi kembali ke Kafe 77 dengan berboncengan kereta,” ujar Chandra.

Setiba di lokasi hiburan tersebut pada Senin (4/5/2021) sekira jam 00.30 WIB, Edi meminta Rikki Sinulingga standby di depan agar bisa leluasa melarikan diri setelah ‘menghabisi’ korban. Lalu, korban diajak Edi keluar dari kafe karena ada hal yang perlu diselesaikan.

Tanpa basa basi, Edi langsung mengeluarkan pisau dari pinggangnya dan menancapkannya ke arah dada korban. Tusukuan pisau itu mengenai jantung korban.

“Korban sempat dibawa ke RSU Pusat Haji Adam Malik, namun nyawanya tidak tertolong lagi. Setelah kejadian itu, petugas Satreskrim Polrestabes Medan berhasil menangkap keempat terdakwa di lokasi berbeda,” pungkas JPU dari Kejari Medan tersebut. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
3 Rumah Terbakar di Porsea, Tim TPL Bantu Unit Damkar Pemkab Toba Padamkan Api

3 Rumah Terbakar di Porsea, Tim TPL Bantu Unit Damkar Pemkab Toba Padamkan Api

Tiga unit rumah warga yang di Desa Simpang Sigura-gura, Kecamatan Porsea rusak parah setelah terjadi musibah kebakaran, Senin (18/01/2022) malam.Untuk ...
Curi Motor di Hotel Alam, 2 Tersangka Ditangkap, 1 Ditembak, Temannya dan Penadah Buron

Curi Motor di Hotel Alam, 2 Tersangka Ditangkap, 1 Ditembak, Temannya dan Penadah Buron

Unit Reskrim Polsek Medan Area berhasil meringkus 2 tersangka pelaku pencurian sepedamotor, Senin (10/1/2022). Seorang di antaranya, dilumpuhkan polisi dengan ...
Dinyatakan Tidak Terbukti Lakukan Pemalsuan Akta, Pengusaha Minuman Vigour Divonis Bebas

Dinyatakan Tidak Terbukti Lakukan Pemalsuan Akta, Pengusaha Minuman Vigour Divonis Bebas

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan memvonis bebas pengusaha minuman vigour, David Putranegoro alias Lim Kwek Liong (64) Senin (17/1/2022). ...
Otak Pelaku Pembunuhan di Kafe 77 Dituntut Hukuman Seumur Hidup Penjara

Otak Pelaku Pembunuhan di Kafe 77 Dituntut Hukuman Seumur Hidup Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Priono Naibaho menuntut Edi Fananta Ginting hukuman seumur hidup penjara. Pria 21 tahun ini dianggap ...
Bersama Forwakum Sumut, Kejari Medan Bagikan 200 Paket Bahan Pangan

Bersama Forwakum Sumut, Kejari Medan Bagikan 200 Paket Bahan Pangan

Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menggelar kegiatan bakti sosial dengan membagikan 200 paket ...
HBM Consultant Siap Bantu Urus Manajemen Pajak di Siantar-Simalungun

HBM Consultant Siap Bantu Urus Manajemen Pajak di Siantar-Simalungun

Harmonisasi Bisnis Management (HBM), menggelar Soft Opening di Jalan Raya, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Senin (17/1/2022) siang.Alfiando Jayali ...
Horas Laundry
MGID

Loading…


Awie
AdvertNative 320 x 200