Jumat, 29 Oktober 2021 | 01.32 WIB
Regal Springs
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Aceh Utara Kirim 20 Peserta Ikuti MQK Tingkat Provinsi NAD

Aceh Utara Kirim 20 Peserta Ikuti MQK Tingkat Provinsi NAD

Reporter : Chairul Sya'ban | Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:07 WIB

IMG-109937

Kafilah Aceh Utara ke MQK Provinsi NAD. (ist/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

ACEH UTARA, metro24jam.com – Kabupaten Aceh Utara mengirimkan kafilah yang terdiri dari 20 peserta untuk mengikuti 10 cabang lomba Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) ke-2 tingkat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yang berlangsung di Kota Banda Aceh mulai 12-17 Oktober 2021.

Pelepasan kafilah Aceh Utara menuju even MQK ke-2 Aceh dilaksanakan di halaman eks Kantor Bupati di Lhokseumawe dipimpin Asisten I Sekdakab Dayan Albar SSos MAP, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Abdullah Hasbullah SAg MSM, Selasa (12/10/2021).

Dalam arahannya, Dayan Albar meminta para peserta, pendamping dan tim offisial agar tetap menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan MQK di Banda Aceh. Bagaimanapun, di tengah suasana pandemi saat ini kondisi kesehatan tetap menjadi prioritas kita bersama.

“Jangan lupa selalu jaga protokol kesehatan di manapun berada, baik saat mengikuti kegiatan maupun saat di luar kegiatan,” harap Dayan Albar kepada peserta dalam keterangan tertulis yang diterima Metro24jam.com.

Dayan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang sebelumnya telah menjuarai even yang sama di tingkat Kabupaten Aceh Utara.

“Perlombaan ini merupakan lomba membaca dan memahami isi kandungan kitab kuning tingkat Propinsi Aceh. Ini merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh setiap Kabupaten/Kota, termasuk kita di Aceh Utara,” kata Dayan.

Kegiatan MQK ini sangat penting dan strategis, karena selain sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT, juga dapat mendorong semangat generasi muda dalam memahami, menghayati dan mengamalkan kandungan isi kitab kuning.

“Saya yakin semua peserta yang menjadi utusan Aceh Utara ke MQK tingkat Provinsi Aceh telah mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang gemilang dan dapat mengharumkan nama Aceh Utara,” kata Dayan.

Perlombaan kitab kuning ini merupakan even resmi bagi pemerintah, baik tingkat Kabupaten, Propinsi, bahkan tingkat Nasional.

“Saya pribadi maupun mewakili Pemkab Aceh Utara sangat menaruh harapan besar kepada peserta agar menjadi juara, baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional, yang mampu mengharumkan nama Bumi Pase ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara dalam laporannya mengatakan pihaknya mengirim 20 orang peserta untuk mengikuti 10 cabang perlombaan katagori putra dan putri pada MQK ke-2 tingkat Provinsi Aceh tahun 2021.

Para peserta didampingi oleh dua orang ustaz dan dua ustazah, serta offisial empat orang.

Selama kegiatan berlangsung, kata Abdullah, para peserta ditempatkan di asrama haji Banda Aceh. Khusus pada acara pembukaan, panitia membatasi jumlah personel yang boleh menghadiri.

Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan dan tetap menjadi protokol kesehatan.

Untuk itu, pihaknya mengutus satu orang peserta dan satu orang pendamping untuk menghadiri seremoni pembukaan yang berlangsung di ruang makan asrama haji Banda Aceh. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Rumah Sekaligus Bengkel Sepedamotor di Jalan Bakaran Batu Lubukpakam Terbakar

Rumah Sekaligus Bengkel Sepedamotor di Jalan Bakaran Batu Lubukpakam Terbakar

Rumah salah seorang warga di Jalan Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang ludes terbakar, Kamis (28/10/2021) sekira pukul 18.00 ...
Pelaku Pemerkosaan di Aceh Utara Diciduk Polisi, Korban Diancam Rekaman Mesum Akan Disebarkan

Pelaku Pemerkosaan di Aceh Utara Diciduk Polisi, Korban Diancam Rekaman Mesum Akan Disebarkan

Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Aceh Utara, meringkus 2 pelaku pemerkosaan terhadap anak di bawah umur. Kedua tersangka, masing-masing SY ...
Oknum Perangkat Nagori Bandar Siantar Disebut Bantu Urus Identitas Palsu DPO Kasus Curanmor

Oknum Perangkat Nagori Bandar Siantar Disebut Bantu Urus Identitas Palsu DPO Kasus Curanmor

Penyebab kematian seorang terduga pelaku pencurian sepedamotor yang sempat dipertanyakan, menyeret banyak pihak dan menyisakan banyak cerita bagi warga Nagori ...
Sarang Narkoba di Kelurahan Banjar dan Karo Digrebek, 3 Pengedar Sabu dan Ganja Diciduk

Sarang Narkoba di Kelurahan Banjar dan Karo Digrebek, 3 Pengedar Sabu dan Ganja Diciduk

Selama 2 hari 'mengendap' melakukan penyelidikan, personel Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar menggerebek 'sarang narkoba' di Kelurahan (Kampung) Banjar ...
Polisi Lhokseumawe Ringkus 3 Pengedar Sabu-sabu, Lebih 2 Kilogram Disita

Polisi Lhokseumawe Ringkus 3 Pengedar Sabu-sabu, Lebih 2 Kilogram Disita

Satuan Reserse Narkoba Polres Lhokseumawe berhasil meringkus tiga pengedar sabu dari Kecamatan Muara Batu dan Samudera selama 2 pekan terakhir. ...
Tugas Khusus BPJS Kesehatan dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Tugas Khusus BPJS Kesehatan dalam Penanganan Pandemi Covid-19

BPJS Kesehatan menggelar kegiatan Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2021. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan ...
MGID

Loading…


Awie
Horas Laundry
AdvertNative 320 x 200