Selasa, 27 Juli 2021 | 08.10 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Peringatan HBA Ke-61, Jaksa Agung: Hukum Tegas Bukan Berarti Hukuman Berat

Peringatan HBA Ke-61, Jaksa Agung: Hukum Tegas Bukan Berarti Hukuman Berat

Reporter : Reza D | Kamis, 22 Juli 2021 - 17:51 WIB

IMG-108177

Peringatan HBA ke-61 secara virtual di Kejati Sumut. (ist/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

MEDAN, metro24jam.com – Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61 tahun 2021, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) mengikuti upacara secara virtual nasional dipimpin Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kamis (22/7/2021). Upacara ini diikuti oleh korps adhyaksa seluruh Indonesia.

Kepala Kejati Sumut (Kajati Sumut) IBN Wiswantanu, Wakil Kajati Sumut (Wakajati Sumut) Agus Salim, para Asisten, Kabag TU Raden Sudaryono dan Koordinator mengikuti upacara dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Jumlah peserta juga dibatasi untuk menghindari kerumunan.

Dalam arahannya, Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan, upacara peringatan HBA ke-61 ini dilakukan secara sederhana, khidmat dan serempak, baik kehadiran fisik maupun virtual.

“HBA yang setiap tahunnya diperingati sudah selayaknya kita maknai bersama sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua yang telah kita lakukan selama ini serta merumuskan langkah-langkah apa yang hendak kita lakukan ke depan. Khususnya dalam menjawab tantangan dan mengatasi situasi saat ini tanpa harus mengurangi semangat dalam bekerja dan berkarya,” tegas Burhanuddin.

HBA ke-61 mengangkat tema ‘Bekarya Untuk Bangsa’ yang merupakan kesinambungan dari tahun sebelumnya yang menginginkan korps adhyaksa ‘Terus Bergerak dan Berkarya’ dalam mendukung serta memastikan setiap kebijakan pemerintah sebagai upaya percepatan penanganan COVID-19 hingga pemulihan ekonomi nasional.

Saat ini, Jaksa Agung menyatakan, bahwa semua bangsa Indonesia sedang bersusah payah berjuang melawan wabah virus COVID-19. Badai Covid-19 ini tengah mengancam dan meneror semuanya.

Tentunya, kejaksaan memiliki tanggung jawab besar untuk berperan aktif dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19.

“Saya minta segenap jajaran mejaksaan untuk mengerahkan segala sumber daya dan kewenangan yang ada guna mengamankan serta menjaga ketersediaan dan kestabilan harga obat, alat kesehatan hingga oksigen medis yang sangat dibutuhkan oleh rakyat serta berperan aktif dalam mengakselerasi program vaksinasi nasional,” sebut Burhanuddin.

Selain itu, dalam rangka percepatan pengendalian wabah COVID-19, pemerintah tengah melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Untuk itu, pihak kejaksaan harus mendukung dan memastikan keberhasilan pelaksanaannya.

“Saya tidak mengharapkan di situasi sulit saat ini hukum menjadi alat ‘pemiskinan’ bagi rakyat kecil. Hukum yang tegas bukan berarti memberlakukan hukuman yang berat.

Namun, hukum yang tegas adalah hukum yang terukur dan proporsional yang mampu memberikan kemanfaatan bagi semua serta dapat mengubah perilaku pelanggar untuk tidak melakukan perbuatan pidana lagi,” tegas Jaksa Agung.

Burhanuddin juga menyampaikan capaian kinerja masing-masing bidang yang ada di kejaksaan. Di akhir sambutannya, Jaksa Agung menyampaikan 7 perintah harian untuk diperhatikan dan dilaksanakan.

Penegasan Jaksa Agung pada butir ke-7 perintah hariannya adalah jaga marwah institusi dengan bekerja secara cerdas, integritas, profesional dan berhati nurani.

Di Kejati Sumut sendiri, rangkaian kegiatan untuk menyambut HBA sangat terbatas demi untuk mendukung program pemerintah agar tidak menimbulkan kerumunan.

“Sesuai dengan perintah Jaksa Agung, kita sangat mendukung program PPKM Darurat dan tetap melakukan pendampingan agar pemanfaatan dana serta anggaran percepatan penanganan COVID-19,” ucap Kajati Sumut, IBN Wiswantanu. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
2 Pria Ini Curi Komputer dari Kantor Dinas ESDM Siantar, Pas Ditangkap, Tusuk Polisi!

2 Pria Ini Curi Komputer dari Kantor Dinas ESDM Siantar, Pas Ditangkap, Tusuk Polisi!

Dua pria pelaku pembongkaran Kantor Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah 3 di Jalan Rakutta Sembiring, Kelurahan Nagapita, Kecamatan ...
Fakta Baru Kasus Jual Beli Jabatan di Pemko Tanjungbalai, Uang Rp1,5M Untuk Penghentian Penyidikan Ternyata Ide Oknum Pengacara

Fakta Baru Kasus Jual Beli Jabatan di Pemko Tanjungbalai, Uang Rp1,5M Untuk Penghentian Penyidikan Ternyata Ide Oknum Pengacara

Kasus dugaan korupsi jual beli jabatan di Pemerintahan Kota Tanjungbalai yang melibatkan Walikota Non Aktif Muhammad Syahrial kini mengungkap fakta ...
Korupsi Pembangunan Jembatan Penghubung, Mantan Kades dan Bendahara Desa Salabuan Divonis 4 Tahun Penjara

Korupsi Pembangunan Jembatan Penghubung, Mantan Kades dan Bendahara Desa Salabuan Divonis 4 Tahun Penjara

Mantan Kepala Desa Salabulan, Lebih Tarigan dan Bendahara Desa, Fransiskus Valentino dijatuhi vonis masing-masing 4 tahun penjara serta denda Rp200 ...
Peringati HAN 2021, Kemenkum HAM Sumut Berikan Remisi 23 Andikpas

Peringati HAN 2021, Kemenkum HAM Sumut Berikan Remisi 23 Andikpas

Sedikitnya, 23 Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tanjung Gusta Medan mendapat remisi dari ...
Dibuang Ayahnya ke Teras Rumah Warga, Bayi Hasil Hubungan Gelap Ini Dijemput Neneknya

Dibuang Ayahnya ke Teras Rumah Warga, Bayi Hasil Hubungan Gelap Ini Dijemput Neneknya

Warga Dusun II, Desa Pagar Merbau I, Kecamatan Pagar Merbau, Deliserdang, dibikin heboh dengan temuan sesosok bayi berjenis kelami perempuan, ...
Anggi Maisarah Mengajak Pemuda Terlibat Di Sahabat Pantau KTR

Anggi Maisarah Mengajak Pemuda Terlibat Di Sahabat Pantau KTR

Berbicara tentang bahaya rokok, mungkin sebahagian orang menganggap bukanlah isu yang populer. Terlebih, jumlah perokok di Indonesia begitu tingginya, termasuk ...
MGID

Loading…


Awie
Horas Laundry
AdvertNative 320 x 200