Rabu, 23 Juni 2021 | 12.33 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Bangunan Liar Marak di Pantai Danau Toba Balige, Bupati Poltak Sitorus Dituding Pembohong

Bangunan Liar Marak di Pantai Danau Toba Balige, Bupati Poltak Sitorus Dituding Pembohong

Reporter : Hotman Siagian | Senin, 7 Juni 2021 - 15:57 WIB

IMG-107287

Massa saat menyampaikan aspirasi mereka di halaman Kantor Bupati Toba. (Hotman/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

TOBA, metro24jam.com – Puluhan massa yang menamakan diri Masyarakat Balige Peduli Danau Toba melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Toba, Senin (07/6/2021) sekira pukul 10.15 Wib.

Mereka meminta Bupati Poltak Sitorus serta DPRD Kabupaten Toba agar menghentikan reklamasi di pesisir pantai Danau Toba di sekitar Kecamatan Balige.

Pantauan di lapangan, massa mengawali aksi dengan membawa poster lalu berjalan kaki dari depan Bank Mandiri, Jalan Sisingamangaraja Balige menuju Kantor Bupati Toba.

Koordinator Lapangan, Pederika Napitupulu (51), dalam orasinya menyampaikan, bahwa sebelum ini pihaknya sudah menyurati Bupati dan DPRD Toba sebagai bentuk keberatan mereka atas maraknya bangunan liar milik oknum pengusaha di sepanjang bibir pantai Danau Toba.

“Pembiaran sudah berlangsung sejak dulu.Pemkab selalu tutup mata atas maraknya pembangunan bangunan liar tanpa IMB dan tidak menghasilkan PAD kepada Pemkab. Sayangnya pembiaran terus berlanjut hingga saat ini. Dulu Bupati telah berjanji akan segera menggelar rapat dengan seluruh Forkopimda, namun tidak terlaksana. Bupati Toba pembohong!” teriak Napitupulu lantang.

Sementara itu salah seorang peserta aksi lainnya, Frits Simanjuntak (60) mengatakan, sebelumnya telah digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama DPRD Toba, perwakilan massa dan pihak pengusaha. “Tapi pengusaha yang diundang tidak menghadiri RDP tersebut,” katanya.

Simanjuntak mengultimatum, jika aksi mereka tidak segera ditindaklanjuti, mereka akan melakukan aksi lebih besar dengan melibatkan ratusan orang pada 28 Juni mendatang.

Menanggapi aksi tersebut, Wakil Bupati Toba, Tony Simanjuntak akhirnya menemui massa.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah menemui BWSS II Sumut untuk membahas seluruh persoalan sekaitan dengan maraknya bangunan di sempadan sungai dan danau di sekitar Danau Toba.

“Kami telah mendengar semua tuntutan kalian, selanjutnya akan kami tindaklanjuti dan kami akan bahas dalam rapat dengan seluruh dinas terkait secepatnya. Hasilnya nanti akan kita sampaikan kepada koordinator lapangan,” kata Wabup Tonny.

Usai berdilaog dengan Wakil Bupati Toba, massa bergerak ke halaman kantor DPRD Toba. Massa merasa kecewa, karena meski surat melayangkan pada Jum’at (4/6/2021) kepada Ketua DPRD Toba, tak satupun wakil rakyat yang menemui mereka.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Agus Sitorus, mengatakan, seluruh anggota DPRD sedang tugas luar. Dia pun meminta agar massa berkenan menyampaikan maksud dan tujuan aksi untuk selanjutnya disampaikan kepada Pimpinan DPRD Toba.

“Kami akan menyampaikan seluruh tuntutan bapak/ibu untuk selanjutnya ditindak lanjuti oleh Pimpinan DPRD. Kami sendiri tidak bisa memutuskannya sebab ada mekanisme yang harus kita jalankan, tapi kami akan menyampaikan seluruh tuntutan kalian,” pungkasnya. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Golkar Siantar Laporkan Pemilik Akun Murni Purba

Golkar Siantar Laporkan Pemilik Akun Murni Purba

Sejumlah pengurus Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Pematang Siantar melaporkan pemilik akun Facebook, Murni Purba, ke Polres Pematang Siantar, Selasa ...
Emosi Disebut Monyet dan Jomblo, Pria Ini Tikam Leher Teman Kerja, Tewas!

Emosi Disebut Monyet dan Jomblo, Pria Ini Tikam Leher Teman Kerja, Tewas!

Pria bernama Zulkarnain ini ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Sunggal lantaran telah membunuh rekan kerjanya, Rendy alias Bagong (22), Sabtu ...
3 Hari Pipa PDAM Pecah, Lalulintas di Jalinsum Tanjung Morawa Macet

3 Hari Pipa PDAM Pecah, Lalulintas di Jalinsum Tanjung Morawa Macet

Pipa PDAM di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di samping Rumah Makan Wong Rame, Kecamatan Tanjung Morawa, mengalami kebocoran akibat ...
Siap-siap Pesta Sabu Oknum Pengacara di Siantar dan Rekannya Ditangkap, 1 Lagi Pengedar Ganja

Siap-siap Pesta Sabu Oknum Pengacara di Siantar dan Rekannya Ditangkap, 1 Lagi Pengedar Ganja

Seorang oknum pengancara ditangkap oleh personel Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar, Sabtu (19/6/2021) kemarin. Ia diciduk bersama rekannya, diduga ...
Kelurahan Lubukpakam III Gelar Vaksinasi Massal

Kelurahan Lubukpakam III Gelar Vaksinasi Massal

Kelurahan Lubukpakam III, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang menggelar vaksinasi massal, Senin (21/6/2021). Kegiatan dilaksanakan di lapangan SD Bertingkat Jalan RA ...
Camat Patumbak Tinjau Kondisi Kerusakan di Jalan Pertahanan

Camat Patumbak Tinjau Kondisi Kerusakan di Jalan Pertahanan

Camat Patumbak, Drs Syahdin Setia Budi Pane didampingi Sekcam Muhammad Kennedy Tarigan SIP MSi dan Kepala Desa Patumbak Kampung, Ahmad ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
AdvertNative 320 x 200