Rabu, 23 Juni 2021 | 13.29 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>324 Narapidana Lapas Klas IIB Lubukpakam Dapat Remisi Idul Fitri

324 Narapidana Lapas Klas IIB Lubukpakam Dapat Remisi Idul Fitri

Reporter : Fani Ardana | Jumat, 14 Mei 2021 - 11:58 WIB

IMG-106865

Upacara pemberian remisi kepada narapidana di Lapas Klas IIB Lubukpakam. (ist/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

DELISERDANG, metro24jam.com – Sebanyak 324 narapidana di Lapas Klas IIB Lubukpakam mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri tahun 2021. Upacara pemberian remisi tersebut dilaksanakan di Lapangan Blok Tahanan Lapas Lubukpakam, usai pelaksanaan sholat ied, Kamis (13/5/2021).

Kalapas Lubuk Pakam Hudi Ismono didampingi Kasi Binadik & Giatja Edward Pahala Situmorang, mengatakan, pemberian remisi merupakan hak bagi para narapidana beragama Islam yang telah memenuhi syarat sesuai aturan yang berlaku. 

“Remisi adalah hak narapidana dan anak yang sedang menjalani pidana, apabila telah dipenuhi persyaratannya sudah dapat dipastikan narapidana dan anak yang memeluk agama Islam akan mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 dengan besaran remisi 15 hari sampai dengan 2 bulan,” jelasnya.

Pemberian remisi Lebaran, lanjut Hudi Ismono, diharapkan akan memotivasi narapidana yang telah dianggap baik dalam perilaku kesehariannya.

Selain itu, remisi ini diharapkan bisa mendorong optimisme narapidana agar menjalani sisa masa pidananya dengan sungguh-sungguh sembari menyadari kesalahannya.

Jumlah penghuni Lapas Lubukpakam saat ini ada sebanyak 1636 orang, 923 orang di antaranya beragama Islam.

“Dari 835 orang narapidana yang beragama Islam, sebanyak 324 orang yang berhak menerima remisi Idul Fitri tahun 2021 sesuai aturan yang berlaku. Di mana sebelumnya, 324 0rang narapidana yang kita usulkan, seluruhnya disetujui Ditjen Pemasyarakatan dan 4 orang langsung bebas setelah dapat remisi (RK II),” kata Hudi.

Sementara itu, Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Dody Efrata Fernando Ginting menjelaskan, 139 di antara yang mendapat RK I adalah pelaku Tindak Pidana Narkotika, Pidana Umum sebanyak 177 orang, Pidana Khusus 4 orang.

“Warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan RK II (langsung bebas) sebanyak 4 orang, yang semuanya pidana umum,” jelasnya.

Lapas Lubukpakam juga berharap para narapidana yang mendapatkan remisi ini tidak mengulangi lagi perbuatan melanggar hukum setelah bebas nanti. Sehingga, mereka bisa kembali ke masyarakat menjadi manusia bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Tabrakan dengan Trailer, Truk Air Terguling di Jalinsum Tanjung Morawa

Tabrakan dengan Trailer, Truk Air Terguling di Jalinsum Tanjung Morawa

Satu unit truk tangki air bertabrakan dengan truk trailer di Jalan Medan - Tanjung Morawa Km 14,5-15, tepatnya di depan ...
Golkar Siantar Laporkan Pemilik Akun Murni Purba

Golkar Siantar Laporkan Pemilik Akun Murni Purba

Sejumlah pengurus Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Pematang Siantar melaporkan pemilik akun Facebook, Murni Purba, ke Polres Pematang Siantar, Selasa ...
Emosi Disebut Monyet dan Jomblo, Pria Ini Tikam Leher Teman Kerja, Tewas!

Emosi Disebut Monyet dan Jomblo, Pria Ini Tikam Leher Teman Kerja, Tewas!

Pria bernama Zulkarnain ini ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Sunggal lantaran telah membunuh rekan kerjanya, Rendy alias Bagong (22), Sabtu ...
3 Hari Pipa PDAM Pecah, Lalulintas di Jalinsum Tanjung Morawa Macet

3 Hari Pipa PDAM Pecah, Lalulintas di Jalinsum Tanjung Morawa Macet

Pipa PDAM di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di samping Rumah Makan Wong Rame, Kecamatan Tanjung Morawa, mengalami kebocoran akibat ...
Siap-siap Pesta Sabu Oknum Pengacara di Siantar dan Rekannya Ditangkap, 1 Lagi Pengedar Ganja

Siap-siap Pesta Sabu Oknum Pengacara di Siantar dan Rekannya Ditangkap, 1 Lagi Pengedar Ganja

Seorang oknum pengancara ditangkap oleh personel Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar, Sabtu (19/6/2021) kemarin. Ia diciduk bersama rekannya, diduga ...
Kelurahan Lubukpakam III Gelar Vaksinasi Massal

Kelurahan Lubukpakam III Gelar Vaksinasi Massal

Kelurahan Lubukpakam III, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang menggelar vaksinasi massal, Senin (21/6/2021). Kegiatan dilaksanakan di lapangan SD Bertingkat Jalan RA ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
AdvertNative 320 x 200