Rabu, 23 Juni 2021 | 13.23 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Reporter : Fani Ardana | Jumat, 7 Mei 2021 - 18:11 WIB

IMG-106773

Pertemuan Forkopimda dan tokoh agama Deliserdang membahas Covid-19. (ist/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

DELISERDANG, metro24jam.com – Forum Komunikasi pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pimpinan Ormas serta tokoh agama membahas sosialisasi tentang penerapan Protokol Lesehatan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19, di Aula Kantor Bupati Deliserdang, Jum’at (07/05/2021).

Forkopimda dipimpin Wakil Bupati Deliserdang Muhammad Ali Yusuf Siregar, Kapolresta Kombes Pol Yemi Mandagi, Dandim 0204 DS Letkol Kav Jackie Yudhantara dan Asisten 1 Citra Efendi Capah.

Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar menyampaikan situasi terkini terkait kondisi penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Deliserdang.

Ia meminta pimpinan Ormas keagamaan seperti Muhamadiyah, FKUB, Dewan Mesjid Deliserdang maupun organisasi masyarakat bersama MUI dan tokoh agama untuk membantu pemerintah dalam menyampaikan edukasi pada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Wabup mengatakan, melihat situasi dan kondisi peningkatan Covid-19 yang semakin hari semakin tinggi, maka harus dilakukan upaya untuk menurunkan atau pun memutus mata rantai penyebaranmya.

“Kabupaten Deliserdang yang terpapar Covid-19 meninggal dunia di tahun 2020 dan 2021 sebanyak 285 orang. Sementara untuk yang sembuh sebanyak 4.534 orang, terkonfirmasi 5.195 orang,” kata Yusuf Siregar.

Ia meminta semua pihak untuk lebih serius menangani penyebaran Covid-19, dimulai dari desa.

“Karena Covid-19 ini tidak main-main. Jika desanya sudah baik, kecamatannya baik, maka tentu kabupatenya juga baik,” katanya.

Wabup HM Ali Yusuf Siregar juga meminta Dinas Kominfo untuk menyampaikan perkembangan data terkait penanganan virus Covid-19 serta mengimbau masyarakat melalui siaran radio dan media sosial.

Hal senada disampaikan Kombes Pol Yemi Mandagi, yang menyoroti aktivitas keramaian warga di tempat wisata maupun pusat perbelanjaan dan perdagangan.

Orang nomor satu di Polresta Deliserdang itu meminta pendataan pengunjung misalnya di objek wisata kolam renang di Tanjung Morawa.

“Kalau bisa, ada hitungan jumlah pengunjung, supaya petugas dapat memonitor jumlah pengunjung yang ada di lokasi wisata tersebut,” katanya.

Ia juga menyarankan Satgas Covid-19 memiliki juru bicara yang dapat mengupdate perkembangan situasi, sehingga dilakukan pemetaan di masing masing desa dan kecamatan.

Tak berbeda jauh dengan Kapolresta, Dandim 0204 DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, menyampaikan bahwa TNI/Polri masih terus melakukan monitoring di wilayahnya hingga saat ini.

“Kami minta, untuk objek wisata, hotel, cafe pusat perbelanjaan untuk membatasi pengunjung. Kewenangan untuk Satgas Covid-19 bisa mengecek ke tempat wisata tersebut,” katnaya.

Sementara itu, Dewan Mesjid dan FKUB Deliserdang menyatakan dukungannya pada Satgas Covid-19 untuk melakukan tindakan dalam upaya menekan penyebaran virus Covid-19. Para tokoh agama juga mengaku siap membantu menyosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Miska Gewasari menjelaskan saat ini sudah ada 2 siara radio khusus untuk penyampaian informasi sosialisasi tentang Covid-19.

“Sudah 2 siaran tentang Covid-19, namun dibutuhkan narasumber untuk menyampaikan perkembangan, materi yang perlu segera disampaikan. Maka, kami mengharapkan peran OPD terkait, untuk mengupdate informasi terbaru,” jelas Miska.(*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Tabrakan dengan Trailer, Truk Air Terguling di Jalinsum Tanjung Morawa

Tabrakan dengan Trailer, Truk Air Terguling di Jalinsum Tanjung Morawa

Satu unit truk tangki air bertabrakan dengan truk trailer di Jalan Medan - Tanjung Morawa Km 14,5-15, tepatnya di depan ...
Golkar Siantar Laporkan Pemilik Akun Murni Purba

Golkar Siantar Laporkan Pemilik Akun Murni Purba

Sejumlah pengurus Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Pematang Siantar melaporkan pemilik akun Facebook, Murni Purba, ke Polres Pematang Siantar, Selasa ...
Emosi Disebut Monyet dan Jomblo, Pria Ini Tikam Leher Teman Kerja, Tewas!

Emosi Disebut Monyet dan Jomblo, Pria Ini Tikam Leher Teman Kerja, Tewas!

Pria bernama Zulkarnain ini ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Sunggal lantaran telah membunuh rekan kerjanya, Rendy alias Bagong (22), Sabtu ...
3 Hari Pipa PDAM Pecah, Lalulintas di Jalinsum Tanjung Morawa Macet

3 Hari Pipa PDAM Pecah, Lalulintas di Jalinsum Tanjung Morawa Macet

Pipa PDAM di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di samping Rumah Makan Wong Rame, Kecamatan Tanjung Morawa, mengalami kebocoran akibat ...
Siap-siap Pesta Sabu Oknum Pengacara di Siantar dan Rekannya Ditangkap, 1 Lagi Pengedar Ganja

Siap-siap Pesta Sabu Oknum Pengacara di Siantar dan Rekannya Ditangkap, 1 Lagi Pengedar Ganja

Seorang oknum pengancara ditangkap oleh personel Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar, Sabtu (19/6/2021) kemarin. Ia diciduk bersama rekannya, diduga ...
Kelurahan Lubukpakam III Gelar Vaksinasi Massal

Kelurahan Lubukpakam III Gelar Vaksinasi Massal

Kelurahan Lubukpakam III, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang menggelar vaksinasi massal, Senin (21/6/2021). Kegiatan dilaksanakan di lapangan SD Bertingkat Jalan RA ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
AdvertNative 320 x 200