Categories: Metro 24 Jam

11 Orang Pernah Terpapar Covid-19, Desa Pasar Melintang Disemprot Disinfektan

Tim Satgas Covid-19 Deliserdang dipimpin Koordinator Citra Efendi Capah, melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh Desa Pasar Melintang, Kecamatan Lubukpakam, Kamis (6/5/2021) pagi.

Kegiatan penyemprotan juga dihadiri Asisten III Dedi Maswardi, Kepala BPBD ZA Hutagalung, Kadis Kesehatan dr Budi Ade Budi Krista, Kadis Damkar dan Penyelamatan Kurnia Boloni Sinaga, PLt Camat Lubukpakam, Budi Pane beserta TNI-Polri

Penyemprotan disinfektan dilakukan karena Desa Pasar Melintang pernah menjadi zona merah Covid-19, atau mencatat jumlah kasus tertinggi.

“Pernah menjadi zona merah di sini. Kita laksanakan penyemproran disinfektan keseluruhan Desa Pasar Melintang ini,” kata Citra Efendi Capah.

Ia menjelaskan, hal itu menjadi perhatian Satgas Covid-19 Deliserdang agar status zona merah Desa Pasar Melintang berubah menjadi zona kuning.

Capah menjelaskan, zona berdasarkan PPKM mikro Inmendagri No 10 THN 2021 yaitu, Zona Hijau nol kasus. Zona Kuning 1 sampai dengan 2 rumah tangga terkonfirmasi positif.

Kemudian, Zona Orange 3 sampai dengan 5 Rumah tangga dalam satu dusun terkonfirmasi positif. Sedangkan Zona Merah artinya lebih dari 5 rumah tangga dalam satu dusun terknmfirmasi positif Covid-19.

“Hal ini yang membuat kami turun ke Desa Pasar Melintang. Saya berharap, masyarakat di Desa Pasar Melintang terus melaksanakan protokol kesehatan , karena Covid-19 belum berakhir,” tandas Capah yang juga Asisten I Pemkab Deliserdang.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr Ade Budi Krista menambahkan bahwa di Desa Pasar Melintang pernah menjadi klaster kasus Covid-19, dengan 11 orang terpapar.

“Sebelas orang pernah terpapar Covid-19 di desa ini. Sudah diisolasi satu orang bergejala dan diopname. Nah, penyemprotan disinfektan dilakukan untuk mengantisipasi dan memutus penularan Covid-19 ini,” kata dr Ade.

Ia menjelaskan, sejak tahun 2020 hingga sekarang, kasus kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Deliserdang berjumlah 285 orang.

Untuk itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 tersebut mengimbau warga agar tidak jangan lengah dan terus mematuhi protokol kesehatan.

“Kami mengimbau jangan mudik, jangan berkerumun dan berkumpul. Dan jangan terlena, Covid-19 masih ada dan belum berakhir, tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa tetap memakai masker,” katanya.

Kadis Damkar dan Penyelamatan Kurnia, Boloni Sinaga, mengatakan bahwa pihaknya menurunkan 2 unit mobil Damkar yang membawa disinfektan. Para petugas Damkar juga mengenakan APD lengkap.

“Setiap sudut desa ini kita semprot semua tanpa kecuali,” kata Kurnia mantan Camat Lubukpakam itu.

Sedangkan PLt Camat Lubukpakam Budi Pane menyebutkan bahwa Desa Pasar Melintang yang terdiri dari 16 dusun mencatat kasus Covid-19 tertinggi di Deliserdang.

“Seluruh dusun kita semprot masyarakat di sini sangat mendukung tim Satgas Covid-19. Sebelum penyemprotan kita sudah mensosialisasikannya, saya berharap atas kepedulian warga desa ini, mudah-mudahan tidak ada lagi yang terpapar,” pungkas Budi Pane. (*)

Recent Posts

Golkar Siantar Laporkan Pemilik Akun Murni Purba

Sejumlah pengurus Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Pematang Siantar melaporkan pemilik akun Facebook, Murni Purba,…

16 jam ago

Emosi Disebut Monyet dan Jomblo, Pria Ini Tikam Leher Teman Kerja, Tewas!

Pria bernama Zulkarnain ini ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Sunggal lantaran telah membunuh rekan kerjanya,…

16 jam ago

3 Hari Pipa PDAM Pecah, Lalulintas di Jalinsum Tanjung Morawa Macet

Pipa PDAM di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di samping Rumah Makan Wong Rame, Kecamatan…

16 jam ago

Siap-siap Pesta Sabu Oknum Pengacara di Siantar dan Rekannya Ditangkap, 1 Lagi Pengedar Ganja

Seorang oknum pengancara ditangkap oleh personel Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar, Sabtu (19/6/2021) kemarin.…

22 jam ago

Kelurahan Lubukpakam III Gelar Vaksinasi Massal

Kelurahan Lubukpakam III, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang menggelar vaksinasi massal, Senin (21/6/2021). Kegiatan dilaksanakan di…

23 jam ago

Camat Patumbak Tinjau Kondisi Kerusakan di Jalan Pertahanan

Camat Patumbak, Drs Syahdin Setia Budi Pane didampingi Sekcam Muhammad Kennedy Tarigan SIP MSi dan…

1 hari ago