Sabtu, 8 Mei 2021 | 14.31 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Kakanwil Kemenkumham Sumut Buka Sekolah NKRI di LPKA Medan

Kakanwil Kemenkumham Sumut Buka Sekolah NKRI di LPKA Medan

Reporter : Adi Putra | Senin, 3 Mei 2021 - 22:19 WIB

IMG-106693

Kakanwil Kemenkumham dan Ka Lapas Khusus Anak Medan saat peresmian Sekolah NKRI. (ist/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

MEDAN, metro24jam.com – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Medan, resmi memiliki sarana pendidikan bernama Sekolah NKRI.

Sekolah ini diperuntukkan bagi tahanan anak yang putus sekolah akibat menjalani masa tahanan di Lapas Anak, Tanjung Gusta, Kota Medan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi menjelaskan bahwa sekolah informal ini bertujuan supaya anak-anak tersebut tetap mendapatkan pendidikan selama menjalani masa tahanan.

Menurutnya, berdasarkan peraturan pemerintah setiap anak berhak menerima pendidikan sampai dengan usia yang ditentukan.

Selain itu, tujuannya adalah untuk membekali mereka agar dapat mengikuti perkembangan yang nantinya disaat mereka keluar dari lembaga pemasyarakatan bisa diterima oleh masyarakat karena memiliki bekal pengetahuan yang cukup selama di lapas.

“Dalam rangka mempersiapkan kalian semua yang ada disini, dibekali dengan pendidikan. Nanti kalau sudah kembali kepada keluarga, ke masyarakat. Bisa mengikuti kegiatan di lingkungan rumah kalian. Bisa di terima masyarakat,” katanya kepada awak media di Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Kelas 1 Medan, pada Senin (3/5/2021).

Sebanyak 40 anak yang menjalani masa tahanan ini nantinya akan belajar di area terbuka yang disediakan pihak Lapas.

Pembagian kelas dibagi menjadi dua bagian, yakni masing-masing tenda menampung 20 pelajar. Untuk materi nantinya anak-anak tersebut akan mendapatkan materi yang sama seperti sekolah formal biasa.

Sementara itu untuk tenaga pengajar, Imam Suyudi mengatakan sudah bekerjasama dengan Forum Pemerhati Pemasyarakatan Sumatera Utara untuk membantu penyaluran tenaga pendidik.

Nantinya mereka akan mengirimkan guru-guru yang siap mengajar di Lembaga Pembinaan Khusus Anak.

Lebih lanjut Imam mengatakan,  selesai mendapatkan pendidikan nantinya mereka akan mendapatkan sertifikasi seperti halnya sekolah pada umumnya.

Sertifikasi dimaksud adalah seperti halnya ijazah pendidikan yang nantinya agar bisa dipergunakan untuk mencari pekerjaan setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan.

“Pendidikan ini juga dimaksudkan agar mereka mendapatkan sertifikasi minimal ijazah setelah mengikuti kegiatan ini. karena kegiatan ini selain juga dilakukan upaya secara formal juga dilakukan secara kegiatan-kegiatan yang sifatnya non formal dan informal,” katanya.

Nantinya, Kanwil Kemenkumham akan mengirimkan guru-guru yang siap mengajar di Lembaga Pembinaan Khusus Anak ini. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Tinjau Penertiban KJA di Humbahas

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Tinjau Penertiban KJA di Humbahas

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin meninjau penertiban Keramba Jaring Apung ...
Tagih Utang Chips Game Online Dibayar ‘Bogem Mentah’, Pemuda Siantar Ini Lapor Polisi

Tagih Utang Chips Game Online Dibayar ‘Bogem Mentah’, Pemuda Siantar Ini Lapor Polisi

Rahman (25), warga Jalan Lapangan Bola Bawah, Kelurahan Pardamean, Siantar Marihat, mendatangi Mapolres Pematang Siantar, Jum'at (7/5/2021) dengan kondisi wajah ...
Kapolres Boy dan  Ny Fifi Bagi Parsel serta THR untuk Wartawan Unit Polres Siantar

Kapolres Boy dan Ny Fifi Bagi Parsel serta THR untuk Wartawan Unit Polres Siantar

Kapolres AKBP Boy Sutan Binanga Siregar dan Ketua Bhayangkari Cabang Pematang Siantar Ny Fifi Boy Siregar membagikan bingkisan parsel Paket ...
Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forum Komunikasi pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pimpinan Ormas serta tokoh agama membahas sosialisasi tentang penerapan Protokol Lesehatan dan pencegahan ...
Dukung Program Jum’at Bersih Bupati, Camat dan Direktur RSUD Parapat Ajak Staf Gotong-royong

Dukung Program Jum’at Bersih Bupati, Camat dan Direktur RSUD Parapat Ajak Staf Gotong-royong

Mendukung program Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi, Camat Girsang Sipangan Bolon dan Direktur RSUD Parapat mengajak ...
Belum Difungsikan, Bupati Radiapoh Tinjau Balai KIR Dishub Simalungun

Belum Difungsikan, Bupati Radiapoh Tinjau Balai KIR Dishub Simalungun

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga SH dan rombongan meninjau Balai Pengujian Kenderaan Bermotor Dinas Perhubungan di Komplek Perkantoran Pemkab Simalungun, Jalan ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
AdvertNative 320 x 200