Categories: Metro 24 Jam

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA), di Dusun Sualan, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Rabu (13/4/2021).

Kedatangan Kapolda bersama Pangdam I/BB Mayjend TNI Hassanudin didampingi Bupati Simalungun JR Saragih, Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha, Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka dan pejabat dari Pemprovsu maupun Simalungun.

Kepada warga, Irjen Panca mengatakan, kedatangaannya bersama Pangdam I/BB untuk melihat secara langsung proses penataan KJA yang berada di Kabupaten Simalungun.

Ia menjelaskan, sehubungan dengan kawasan Danau Toba sudah ditetapkan sebagai destinasi pariwisata super prioritas, maka seluruh warga harus mendukungnya.

“Hari ini menjadi momentum yang paling penting, karena saya melihat kesadaraan masyarakat untuk menata dan menyerahkan Keramba Jaring Apungnya. Artinya masyarakat mendukung destinasi pariwisata super proritas,” katanya.

Panca berharap, agar momen ini dapat diikuti daerah lain yang berada di kawasan Danau Toba. “Mari jaga kualitas Danau Toba untuk mewujudkan destinasi wisata super prioritas kawasan Danau Toba,” katanya.

Pangdam I/BB, Mayjend TNI Hassanudin, mendukung penataan KJA di Danau Toba dan berharap masyarakat dapat mengalihkan usahanya.

Sementara itu, Bupati JR Saragih, di hadapan para pemilik KJA menyampaikan, penataan tersebut merupakan program nasional yang sudah direncanakan beberapa tahun lalu dan sudah disosialisakan sebelumnya.

“Sesuai dengan hasil kesepakatan bersama masyarakat, hari ini 20 persen Keramba Jaring Apung berukuran panjang 6 meter dan lebar 6 meter yang berlokasi di Dusun Sualan akan diangkat ke daratan dan diberi kompensasi Rp5 juta per unit,” ungkapnya.

JR Saragih juga meminta masyarakat agar bekas bongkaran KJA tidak lagi dikembalikan ke perairan Danau Toba. Selain itu, diharapkan agar warga setempat bisa perlahan berganti profesi dari petani keramba menjadi pelaku pariwisata bidang restoran maupun peternak ayam.

“Untuk hari ini, kata ada 8 pemilik keramba Jaring Apung yang akan menerima biaya kompensasi dan untuk selanjutnya akan diserahkan kepada Forkopimda untuk memastikan siapa penerima manfaat biaya kompensasi,” harapnya.

JR menambahkan, selama 4 hari ke depan, Pemkab Simalungun akan membersihkan 20 persen KJA di Danau Toba, Dusun Sualan. Penertiban KJA akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai sampai 40 persen, sehingga pada tahun 2022, kawasan Danau Toba sudah bersih dari keramba.

Recent Posts

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Tinjau Penertiban KJA di Humbahas

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin…

19 jam ago

Tagih Utang Chips Game Online Dibayar ‘Bogem Mentah’, Pemuda Siantar Ini Lapor Polisi

Rahman (25), warga Jalan Lapangan Bola Bawah, Kelurahan Pardamean, Siantar Marihat, mendatangi Mapolres Pematang Siantar,…

19 jam ago

Kapolres Boy dan Ny Fifi Bagi Parsel serta THR untuk Wartawan Unit Polres Siantar

Kapolres AKBP Boy Sutan Binanga Siregar dan Ketua Bhayangkari Cabang Pematang Siantar Ny Fifi Boy…

19 jam ago

Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forum Komunikasi pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pimpinan Ormas serta tokoh agama membahas sosialisasi tentang…

21 jam ago

Dukung Program Jum’at Bersih Bupati, Camat dan Direktur RSUD Parapat Ajak Staf Gotong-royong

Mendukung program Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi, Camat Girsang Sipangan Bolon…

22 jam ago

Belum Difungsikan, Bupati Radiapoh Tinjau Balai KIR Dishub Simalungun

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga SH dan rombongan meninjau Balai Pengujian Kenderaan Bermotor Dinas Perhubungan di…

23 jam ago