Categories: Metro 24 Jam

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama Polres Toba mengikuti Zoom Meeting bersama 26 jajaran Polres di Sumatera Utara, di ruang Vidcon Polres Toba, Rabu (14/4/2021) sekira pukul 16.00 Wib.

Kegiatan yang diselenggarakan Polda Sumatera Utara bersama Forkopimda Provinsi Sumatera itu mengajak masyarakat bersama pemerintah mendeklarasikan Tolak Narkoba.

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya melalui Kasat Narkoba AKP Firman Peranginangin mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyebar nomor yang bisa dihubungi masyarakat jika mengetahui peredaran narkotika.

“Kita sudah memberikan nomor telepon komunikasi, baik WA guna memudahkan informasi terkait peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Toba,” ucapnya.

Firman menyampaikan, sejak awal Januari hingga akhir bulan Maret 2021, pihaknya sudah mengamankan 21 tersangka, 20 laki-laki dan 1 perempuan dengan jumlah Laporan Polisi sebanyak 15.

“Jadi kami sudah menyampaikan kepada tokoh agama khususnya, juga tokoh-tokoh adat masyarakat. Ya, kita membentuk kerjasama, sebab dalam memberantas jaringan narkotika ini kami tidak bisa sendiri. Harus bersama-sama agar wilayah Toba, mudah-mudahan bisa kami maksimalkan bebas narkotika,” beber Firman kepada awak media di depan Loby Mapolres Toba, Rabu (14/04/2021) sekira pukul 17.30 Wib.

Sementara itu, Ketua Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kabupaten Toba, Wilson Napitupulu mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut.

Terima kasih kepada bapak Kapolda beserta jajaran Polres se-Provinsi Sumatera Utara, demikian juga dengan Bapak Gubernur dan unsur Forkopimda lainnya yang hari ini telah tegas menyatakan deklarasi untuk menolak Narkoba untuk menuju Sumut Sumatera Utara bersinar, khususnya Kabupaten Toba,” katanya.

Napitupulu menilai, saat ini Kabupaten Toba sudah berada dalam kondisi narkoba.

“Kenapa? Karena seringkali kita dapat dari pihak Polres menangkap penyalahguna narkoba,” jelasnya.

Ia menjelaskan, bahwa pada tahun 2019, polisi berhasil meringkus sebanyak lebih kurang 45 pengguna dan pengedar narkoba.

“Tahun 2020 meningkat 100%, tahun 2020 ada sekitar kurang lebih 85 orang yang terjerat masalah narkoba. Untuk tahun 2021 mulai Januari sampai Maret ini sesuai dengan informasi dari Kasat narkoba tadi sudah terjerat atau sudah tertangkap sebanyak 21 orang,” imbuhnya.

Wilson Napitupulu pun mengimbau seluruh warga Kabupaten Toba untuk sama-sama bergandeng tangan memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Ini demi masa depan generasi muda anak-anak muda di Kabupaten Toba ini, ” tandasnya.

Sementara itu, ada 5 poin yang ditandatangani dalam Deklarasi Tolak Narkoba yaitu:

– Menolak segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dimulai dari diri sendiri keluarga dan masyarakat guna terwujudnya lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

– Mendukung dan mendorong upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba

– Berperan aktif memberikan informasi adanya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba serta edukasi tentang bahaya narkoba

– Mewujudkan masyarakat yang berpola pikir dan pola tindak untuk menangkal bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba

– Menggelorakan semangat tolak narkoba dalam mewujudkan Sumatera Utara bersih narkoba dalam rangka menyelamatkan generasi bangsa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua NU Kabupaten Toba Jefri Habeahan SE, Kabid P2P Dinkes Tiur Minta Hutagaol, Ketua Rehabilitasi Adiksa Michael Sitorus Amkep, Kabid Penyuluhan LAN Toba dr Palmina Sihombing MSi. (*)

Recent Posts

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Tinjau Penertiban KJA di Humbahas

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin…

19 jam ago

Tagih Utang Chips Game Online Dibayar ‘Bogem Mentah’, Pemuda Siantar Ini Lapor Polisi

Rahman (25), warga Jalan Lapangan Bola Bawah, Kelurahan Pardamean, Siantar Marihat, mendatangi Mapolres Pematang Siantar,…

19 jam ago

Kapolres Boy dan Ny Fifi Bagi Parsel serta THR untuk Wartawan Unit Polres Siantar

Kapolres AKBP Boy Sutan Binanga Siregar dan Ketua Bhayangkari Cabang Pematang Siantar Ny Fifi Boy…

19 jam ago

Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forum Komunikasi pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pimpinan Ormas serta tokoh agama membahas sosialisasi tentang…

21 jam ago

Dukung Program Jum’at Bersih Bupati, Camat dan Direktur RSUD Parapat Ajak Staf Gotong-royong

Mendukung program Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi, Camat Girsang Sipangan Bolon…

22 jam ago

Belum Difungsikan, Bupati Radiapoh Tinjau Balai KIR Dishub Simalungun

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga SH dan rombongan meninjau Balai Pengujian Kenderaan Bermotor Dinas Perhubungan di…

23 jam ago