Categories: Metro 24 Jam

Komenparekraf Gelar Pelatihan UMKM Ekonomi Siap Digital di Parapat

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Pelatihan Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) Ekonomi Siap Digital, di Hotel Niagara, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Kamis (18/2/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri puluhan peserta dari empat kabupaten, yakni Simalungun, Toba, Samosir dan Dairi, serta Bank Dana, Bank Indonesia dan Dinas Pariwista Simalungun diwakili Amson Napitupulu.

Koordinator Tata Kelola Ekonomi Digital, Donni Setiwawan selaku nara sumber menjelaskan, kegiatan dalam rangka pelatihan Masterclass UMKM Ekonomi Kreatif Siap Digital di kawasan Dana Toba bertujuan agar produk UMKM kreatif bisa masuk ke pasar era digital hingga diharapkan bisa menembus pasar manca negara.

“Diharapkan dengan adannya pelatihan ini, para UMKM kratif bisa bertahan penjualannya di pasar digital, meski dimasa pandemi. Karena kita tahu produk-produk di kawasan Danau Toba itu bermacam, maka perlu dipasarkan secara global,” ungkapnya,

Donni mengakui, produk kreatif yang tenar di Danau Toba adalah ulos. Kemudian kopi serta seni pertunjukan. Diharap para peserta UMKM dapat membranding produknya agar pembeli lebih percaya.

“Turunan dari produk kreatif Danau Toba, maka memerlukan dorongan agar lebih terkenal dan diminati serta dibeli masyarakat Indonesia,” jelas Donni.

Dengan Pelatihan UMKM Kreatif Siap Digital ini yang telah dilaksanakan di Toba, Samosir, Dairi, Simalungun dan Samosir, para pelaku UMKM diharapkan dapat membangun ekosistem digital.

“Jadi perlu peran komunitas untuk membangun ekosistem itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang dan Manajemen Ritel Sumatera Utara, Nasrullah menyampaikan, Bank Indonesia mendukung program UMKM Ekonomi Siap Digital.

“Bank Indonesia Mendukung Program UMKM Kreatif Siap Digital ini, sebagaimana telah dilakukan di Sumatera utara mau pun provinsi lain di Indonesia, BI juga ada Binaan UMKM klaster, Folkutura dan sandang pangan, artinya dimasa pendemi dibutuhkan UMKM kretifitas tinggi, yang kita dorong melalui merketing online (digital),” urainya.

Nasrullah juga mengatakan, Bank Indonesia mempersiapkan transaksi mengunakan Kris Youlhart Indonesia Standard, yang sudah dilaksanakan sejak 2019.

“Transaksi bisa dilakukan secara tunai dan non tunai, dan bisa dilakukan di seluruh Indonesia,” tegas Nasrullah. (*)

Recent Posts

Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang: Lelang Jabatan Harus Profesional, Peringkat 1 Harus Jadi Kadis

Ketua Fraksi PAN DPRD, Bayu Sumantri Agung, mengkritik proses Lelang Jabatan Eselon II yang digelar…

3 jam ago

Gegara Dituduh Curi Beras, Ponakan Tikam Bude Pakai Gunting, Warga Jalan Ade Irma Geger!

Warga seputaran Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Siantar Utara digegerkan aksi penikaman yang dilakukan…

3 jam ago

Soal Tambang Batu di Siregar Aek Nalas, KPH Balige: Itu APL, Ketua DPRD Toba: Harus Disikapi dengan Bijak

Lokasi penambangan liar galian C batu padas di Huta Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan…

4 jam ago

Ditangkap Polisi dan Positif Narkoba, Kades Pulo Tagor Baru Hanya Direhabilitasi

Oknum Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Deliserdang, yang terjerat kasus narkoba akhirnya bisa…

4 jam ago

Duduk-duduk di Kawasan TPU, Pemuda 18 Tahun Tewas Tertimpa Tembok Rubuh

Seorang pemuda tewas lantaran tertimpa tembok rubuh di kawasan TPU, Jalan Medan, Lingkungan I, Kelurahan…

5 jam ago

Digrebek Polisi, Pengedar Sabu Kampung Banjar Tunjuk Temannya

Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali melakukan penggrebekan di Kelurahan (Kampung) Banjar, Siantar Barat,…

6 jam ago