Categories: Metro 24 Jam

Nelayan Danau Toba Keluhkan ‘Jangkar’ Milik PT Aquafarm, Marine Inspector BPTD: Itu Pelampung Jalur Pelayaran

Nelayan di sekitar Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba mengeluhkan ‘jangkar’ drum yang dipasang PT Aquafarm Nusantara, di seputar kawasan dermaga Danau Toba. Tali yang menghubungkan setiap drum disebut sangat menganggu nelayan saat mencari ikan.

“Kita minta jangkar PT Aquafram itu dibersihkan, kami nelayan merasa terganggu. Kami tau belum ada izinnya,” kata seorang nelayan bermarga Sitio didampingi rekannya Sirait, kepada awak media di Pelabuhan Ajibata, Rabu (17/2/2021).

Ia menjelaskan, penempatan jangkar dengan pelampung metal di permukaan air di sekitar Pelabuhan Ajibata menganggu perahu nelayan saat mencari ikan setiap hari, karena jaring-jaring atau doton seringkali tersangkut pada tali jangkar.

Terpisah, Dinas Perhubungan Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) II Wilayah Sumatera Utara melalui Marine Inspector Danau Toba, Rijaya Simarmata S MM menjelaskan, drum-drum itu bukan jangkar, melainkan hanya pelampung untuk jalur pelayaran kapal.

Pelampung itu juga sengaja diikat dan diberi pemberat agar tidak lari dari jalur.

“Pelampung di permukaan air sekitar pelabuhan kapal perusahaan PT Aquafram Nusantara tidak menganggu aktifitas nelayan lain. Fungsi pelampung hanya untuk jalur pelayaran transportasi perusahaan, sehingga tidak menggangu pelayaran kapal-kapal lainnya ketika beroperasi di pelabuhan Ajibata,” kata Rijaya Simarmata.

Ia menjelaskan, pihaknya mendukung dan mengetahui penempatan pelampung tersebut, khususnya di sekitar dermaga perusahaan. Dan kedalam buoy atau berupa pada kedalaman 6-8 meter.

“Penempatan pelampung masih ujicoba dan izinya sudah di proses. Kita juga menyarankan agar perusahaan membuat lampu buoy kelap-kelip di atas pelampung, sehingga jalur pelayaran tampak jelas di malam hari, jadi alat apung ini tidak menganggu aktifitas nelayan mau pun kapal transportasi yang lain,” pungkasnya. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

13 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

13 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago