Categories: Metro 24 Jam

Kunker ke Parapat, Perwakilan Kemenko Marves dan PUPR: Pembangunan Dermaga Jalan Terus

Perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kementerian PUPR melaksanakan kunjungan kerja ke Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Selasa (16/2/2021).

Dalam kunjungannya, kedua perwakilan kementerian menyempatkan berdiskusi dengan para pelaku wisata serta keturunan Ompu Raja Usia Sinaga. Hasilnya, keturunan Ompu Raja Usia Sinaga menyampaikan dukungan mereka terhadap pembangunan dermaga kapal di Pantai Buntu Pasir.

“Kami mendukung pembangunan dermaga, dan tidak ada niat menghalangi, disisi lain berjuang menghormati leluhur kami, terkait sengketa tanah telah kami daftarkan ke Kejati Sumut,” kata Alun Sinaga.

Sementara itu, Ketua Organisasi Perkapalan Sejenis (OPS) Dermaga Atsari Hotel, Pak Siska Butarbutar mengajukan 3 permohonan kepada pemerintah, yaitu pembuatan kantor OPS, sandaran kapal OPS serta kesejahteraan awak kapal selama pembangunan dermaga berlangsung.

“Mohon permintaan kami supaya dipertimbangkan Pak! akibat adanya pembangunan dermaga, kami pengusaha kapal terganggu untuk mencari rezeki,” katanya.

Uneg-uneg dan pemirmintaan para pelaku wisata ditangapi oleh perwakilan Kementerian PUPR, Maika.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan dermaga yang dimulai sejak 10 Januari 2021 direncanakan akan selesai pada Agustus mendatang.

“Aktifitas operasi kapal bisa berjalan selama masa pengerjaan proyek, dan PUPR sudah mendiskusikannya dengan Pemkab Simalungun melalui Dinas Perhubungan. Silahkan berkoordinasi ke pemerintah daerah setempat,” saran Maika.

Terkait pembangunan kantor OPS, lanjut Maika, tidak ada perencanaan dari awal. Tetapi, jika itu memang dibutuhkan, agar dikoordinasikan dengan Pemkab Simalungun.

“Begitu juga permintaan dari Ompu Raja Usia Sinaga, supaya tetap berkoordinasi ke pemerintah daerah. Pembangunan nasional ini tidak bisa dihentikan, karena progres proyek harus diselesaikan tepat waktu,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa soal nama Rondahaim Saragih untuk dermaga yang akan dibangun belum terdaftar di Kementerian PUPR. “Belum ada putusan pasti,” tegas Maika.

Sementara itu, perwakilan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ekonomi Kreatif (Kemenko Marves), Sardim Hia, menjelaskan, sebelum dermaga kapal dibangun, Bupati JR Saragih telah menyampaikan bahwa objek tanah adalah milik Pemkab Simalungun.

“Hasil koordinasi kami dengan Bupati Simalungun, bahwa tanah yang dibagun tidak bermasalah karena lahan milik Pemkab Simalungun. Jika ada sengketa tanah, silakan masyarakat tempuh jalur hukum, atau gugat ke PTUN. Yang jelas, pembangunan tidak bisa dihentikan, dan itu lah masyarakat yang baik,” ucap Sardim Hia.

“Hari ini saya akan ketemu Bupati, dan uneg-uneg saudara akan kami sampaikan, karena Bapak Menteri Luhut Binsar Panjaitan berpesan, kami tetap mengawal ekonomi masyarakat. Saya juga berpesan, masyarakat jangan memikirkan pembangunan ini untuk pribadi, tapi pikirkan jangka panjang bagi anak cucu kita ke depan,” urainya.

Rapat diskusi itu juga dihadiri Bappeda Simalungun Rudi Saragih, Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Y Simaibang, Lurah Parapat Rohana Sinaga, perwakilan PT Wijaya dan sejumlah pelaku wisata. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago