Sabtu, 8 Mei 2021 | 15.03 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Kunker ke Parapat, Perwakilan Kemenko Marves dan PUPR: Pembangunan Dermaga Jalan Terus

Kunker ke Parapat, Perwakilan Kemenko Marves dan PUPR: Pembangunan Dermaga Jalan Terus

Reporter : Heryanto Silalahi | Selasa, 16 Februari 2021 - 18:31 WIB

IMG-104713

Rapat diskusi perwakilan Kementerian PUPR dengan pelaku wisata di Parapat. (Heryanto S/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

PARAPAT, metro24jam.com – Perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kementerian PUPR melaksanakan kunjungan kerja ke Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Selasa (16/2/2021).

Dalam kunjungannya, kedua perwakilan kementerian menyempatkan berdiskusi dengan para pelaku wisata serta keturunan Ompu Raja Usia Sinaga. Hasilnya, keturunan Ompu Raja Usia Sinaga menyampaikan dukungan mereka terhadap pembangunan dermaga kapal di Pantai Buntu Pasir.

“Kami mendukung pembangunan dermaga, dan tidak ada niat menghalangi, disisi lain berjuang menghormati leluhur kami, terkait sengketa tanah telah kami daftarkan ke Kejati Sumut,” kata Alun Sinaga.

Sementara itu, Ketua Organisasi Perkapalan Sejenis (OPS) Dermaga Atsari Hotel, Pak Siska Butarbutar mengajukan 3 permohonan kepada pemerintah, yaitu pembuatan kantor OPS, sandaran kapal OPS serta kesejahteraan awak kapal selama pembangunan dermaga berlangsung.

“Mohon permintaan kami supaya dipertimbangkan Pak! akibat adanya pembangunan dermaga, kami pengusaha kapal terganggu untuk mencari rezeki,” katanya.

Uneg-uneg dan pemirmintaan para pelaku wisata ditangapi oleh perwakilan Kementerian PUPR, Maika.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan dermaga yang dimulai sejak 10 Januari 2021 direncanakan akan selesai pada Agustus mendatang.

“Aktifitas operasi kapal bisa berjalan selama masa pengerjaan proyek, dan PUPR sudah mendiskusikannya dengan Pemkab Simalungun melalui Dinas Perhubungan. Silahkan berkoordinasi ke pemerintah daerah setempat,” saran Maika.

Terkait pembangunan kantor OPS, lanjut Maika, tidak ada perencanaan dari awal. Tetapi, jika itu memang dibutuhkan, agar dikoordinasikan dengan Pemkab Simalungun.

“Begitu juga permintaan dari Ompu Raja Usia Sinaga, supaya tetap berkoordinasi ke pemerintah daerah. Pembangunan nasional ini tidak bisa dihentikan, karena progres proyek harus diselesaikan tepat waktu,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa soal nama Rondahaim Saragih untuk dermaga yang akan dibangun belum terdaftar di Kementerian PUPR. “Belum ada putusan pasti,” tegas Maika.

Sementara itu, perwakilan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ekonomi Kreatif (Kemenko Marves), Sardim Hia, menjelaskan, sebelum dermaga kapal dibangun, Bupati JR Saragih telah menyampaikan bahwa objek tanah adalah milik Pemkab Simalungun.

“Hasil koordinasi kami dengan Bupati Simalungun, bahwa tanah yang dibagun tidak bermasalah karena lahan milik Pemkab Simalungun. Jika ada sengketa tanah, silakan masyarakat tempuh jalur hukum, atau gugat ke PTUN. Yang jelas, pembangunan tidak bisa dihentikan, dan itu lah masyarakat yang baik,” ucap Sardim Hia.

“Hari ini saya akan ketemu Bupati, dan uneg-uneg saudara akan kami sampaikan, karena Bapak Menteri Luhut Binsar Panjaitan berpesan, kami tetap mengawal ekonomi masyarakat. Saya juga berpesan, masyarakat jangan memikirkan pembangunan ini untuk pribadi, tapi pikirkan jangka panjang bagi anak cucu kita ke depan,” urainya.

Rapat diskusi itu juga dihadiri Bappeda Simalungun Rudi Saragih, Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Y Simaibang, Lurah Parapat Rohana Sinaga, perwakilan PT Wijaya dan sejumlah pelaku wisata. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Tinjau Penertiban KJA di Humbahas

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Tinjau Penertiban KJA di Humbahas

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin meninjau penertiban Keramba Jaring Apung ...
Tagih Utang Chips Game Online Dibayar ‘Bogem Mentah’, Pemuda Siantar Ini Lapor Polisi

Tagih Utang Chips Game Online Dibayar ‘Bogem Mentah’, Pemuda Siantar Ini Lapor Polisi

Rahman (25), warga Jalan Lapangan Bola Bawah, Kelurahan Pardamean, Siantar Marihat, mendatangi Mapolres Pematang Siantar, Jum'at (7/5/2021) dengan kondisi wajah ...
Kapolres Boy dan  Ny Fifi Bagi Parsel serta THR untuk Wartawan Unit Polres Siantar

Kapolres Boy dan Ny Fifi Bagi Parsel serta THR untuk Wartawan Unit Polres Siantar

Kapolres AKBP Boy Sutan Binanga Siregar dan Ketua Bhayangkari Cabang Pematang Siantar Ny Fifi Boy Siregar membagikan bingkisan parsel Paket ...
Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forum Komunikasi pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pimpinan Ormas serta tokoh agama membahas sosialisasi tentang penerapan Protokol Lesehatan dan pencegahan ...
Dukung Program Jum’at Bersih Bupati, Camat dan Direktur RSUD Parapat Ajak Staf Gotong-royong

Dukung Program Jum’at Bersih Bupati, Camat dan Direktur RSUD Parapat Ajak Staf Gotong-royong

Mendukung program Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi, Camat Girsang Sipangan Bolon dan Direktur RSUD Parapat mengajak ...
Belum Difungsikan, Bupati Radiapoh Tinjau Balai KIR Dishub Simalungun

Belum Difungsikan, Bupati Radiapoh Tinjau Balai KIR Dishub Simalungun

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga SH dan rombongan meninjau Balai Pengujian Kenderaan Bermotor Dinas Perhubungan di Komplek Perkantoran Pemkab Simalungun, Jalan ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
AdvertNative 320 x 200