Categories: Metro 24 Jam

AKP Kristo Tamba & Gang Beraksi Lagi, 10 Bandar Serta Pecandu Narkoba Diciduk dari Siantar Utara dan Barat

Kehadiran AKP Kristo Tamba memimpin Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar sepertinya membuat para bandar barang haram tersebut makin ciut.

Bagaimana tidak? Dalam tempo 2 hari, mantan Panit 2 Unit 2 Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Sumut itu sudah meringkus 14 pengedar narkoba dari sejumlah lokasi.

Teranyar, tim Satuan Narkoba Polres Siantar kembali meringkus 10 pengedar sabu-sabu dan ganja dari sejumlah lokasi di Kecamatan Siantar Utara dan Barat.

AKP Kristo Tamba dalam keterangannya Minggu (14/2/2021) mengatakan, penangkapan 10 orang tersebut berawal dari informasi masyarakat yang sudah resah dengan seringnya transaksi narkoba.

“Semuanya informasi dari masyarakat,” kata Kristo, Minggu (14/2/2020) pagi.

Polisi awalnya meringkus Frengki (38)–warga Lorong 8, Kecamatan Siantar Utara, Jum’at (12/2/2021) sekira jam 13.30 Wib.

“Frengki kita tangkap, sering menjual ganja di sebuah warung di Jalan Merbau, Kelurahan Kahean, Siantar Utara,” katanya.

Hasil penggeledahan terhadap Frengki, ditemukan 7 paket ganja seberat 5,96 gram (bruto) dan sebungkus kertas tik-tak dari sebuah kotak rokok yang disimpan dalam tas coklat. Selain itu, petugas juga menyita uang Rp25.000.

Berselang beberapa jam kemudian, polisi berhasil meringkus Anoi (34), warga Jalan Sentosa, Kecamatan Siantar Utara. Pria itu ditangkap ketika kedapatan membuang puntungan rokok berisi ganja.

“Kita tangkap dari warung tuak jalan Merbau, Kecamatan Siantar Utara sedang komsumsi ganja yang dicampur dalam rokok,” kata Kristo.

Selanjutnya, petugas kembali meringkus 8 lagi penyalahguna narkoba pada Sabtu (13/2/2021).

Polisi awalnya meringkus Udin (26), Oki (21), Raja (23) dan Bobi (34)– seluruhnya warga Siantar Utara.

Mereka ditangkap di jalan di depan gerbang sekolah SMAN 2 di Jalan Patuan Anggi, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara.

Dari tangan Udin disita 2 paket sabu, dari kantong jaket sebelah kiri ditemukan sebuah kantongan hitam berisi 1 paket sabu-sabu, sendok pipet dan 4 buah plastik klip kosong kemudian dari kantong celananya ditemukan uang sebesar Rp100.000.

Sementara dari Oki dan Raja yang ditangkap di kediaman Bobi ditemukan uang sebanyak Rp1.640.000, diduga hasil penjualan sabu-sabu.

Selain itu, 2 paket sabu-sabu yang dibungkus kantongan dan disembunyikan dalam sebuah kotak plastik.

“Berat total seluruh sabu-sabu 2,83 gram,” rinci Kristo.

Selanjutnya, tim Sat Resnarkoba Polres Siantar bergerak ke Kecamatan Siantar Barat. Dari salah satu kos-kosan, di Jalan Senam, Kelurahan Banjar, petugas meringkus 3 tersangka lainnya, yakni Diki (31), Amri (25) dan Udin (50).

Hasil penggeledahan di dalam kamar, ditemukan 2 paket sabu-sabu, 1 kotak rokok, 3 buah pipet, kompeng karet dan sebatang pipa kaca.

Dari penggrebekan itu juga disita uang tunai Rp 2.010.000 , 1 unit HP dan sebuah kotak berisi 9 paket sabu-sabu seberat 7,45 gram (bruto).

Kemudian, petugas bergerak ke Jalan Sriwijaya, Kecamatan Siantar Utara. Dari sebuah rumah di sana, polisi meringkus seorang pengedar ganja bernama Fauzi (21).

“Fauzi kita tangkap dari dalam rumahnya, dan kita suruh mengeluarkan ganja yang disimpannya di dalam kasur tidur,” beber Kristo.

Dari tangan Fauzi, polisi menyita 20.67 gram ganja yang dibungkus plastik dengan lakban dan disimpan dalam tas plastik.

Saat ini, seluruh tersangka sudah diamankan di Mapolres Pematang Siantar untuk penyidikan dan pengembangan lebih lanjut. (*)

Recent Posts

Tak Terima Jenazah Harus Dimakamkan Secara Covid-19, Keluarga Duka di Siantar Pajang Poster Ini

Jalan Ade Irma Suryani Nasution Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Selasa (20/4/2021)…

10 jam ago

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Batubara, Diduga Keracunan Limbah

Puluhan ribu ikan ditemukan mati terkapar di Pantai Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara,…

10 jam ago

Mega Pro Kontra Vixion di Jalan Sangnaualuh, Pensiunan PNS Patah Kaki

Seorang laki-laki lanjut usia terkapar dengan darah berceceran, setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan…

14 jam ago

BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Pematang Siantar

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota…

15 jam ago

Anggota DPRD Sumut Minta Polda Selidiki Dalang Galian C Ilegal di Aek Nalas Siregar

Anggota DPRD Sumatera Utara Viktor Silaen, meminta pihak Polda Sumatera Utara agar secepatnya mengungkap dalang…

1 hari ago

Mortir Temuan Warga di Hatonduhan Diledakkan, Kapolsek: 5 Kali Lebih Dahsyat dari Sebelumnya

Tim Gegana Brimob Polda Sumatra Utara meledakan mortir temuan warga di Huta VIII Buntu Uluan…

1 hari ago