Categories: Metro 24 Jam

Disiplinkan Prokes Selama Libur Imlek, Tim Satgas Covid-19 Sumut dan Simalungun Gelar Razia di Parapat

Satuan Tugas Gugus (Satgas) Covid-19 dari Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Simalungun mengelar razia masker di beberapa titik objek wisata dan hotel, serta tempat hiburan di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Jum’at (12/2/2021).

Razia penerapan Protokol Kesehatan itu melibatkan Sat Pol-PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BPPD dan TNI-Polri.

Ketua Satgas Covid-19 Sumut, Joni Koto di lokasi mengatakan, razia tersebut dilaksanakan dalam rangka pendisiplinan protokol Kesehatan.

“Kita imbau kepada masyarakat, meski liburan tetap patuhi Prokes, sayangi diri kita dan keluarga. Yang jelas, virus corona itu ada, jangan percaya terhadap isu yang menyesatkan bahwa virus corona tidak ada,” katanya.

Program penerapan Protokol Kesehatan, lanjut Joni Koto, dilaksankan di 5 kabupaten objek wisata, yaitu Karo, Simalungun, Sergai, Samosir dan Langkat.

“Sebelumya, pihak Sat Pol-PP Provinsi Sumut telah menyurati setiap kabupaten/kota agar mengantisipasi gimana masyarakat taat Prokes. Kita juga tidak melarang masyarakat untuk berwisata tapi tetap patuhi Protokol kesehatan,” tegasnya.

Kasi Trantib Sat Pol-PP Simalungun, Donny Sinaga SH menambahkan, kegiatan razia masker akan dilakukan selama tiga hari mulai Jum’at (12/2/2021) hingga Minggu (14/2/2021).

“Sasaran razia masker terhadap pengunjung yang masuk ke wisata Parapat, kemudian dilanjutkan esok harinya di perhotelan, restauran dan tempat hiburan. Tujuanya, untuk pemutusan mata rantai virus Covid 19, ” tegasnya.

Ia menjelaskan, pada hari pertama razia yang digelar di Parapat, ada 64 orang yang terjaring tidak memakai masker dan dikenakan sanksi sosial atau imbauan berupa push-up, menyanyikan Indonesia Raya dan hafal Pancasila. Supaya ada efek jera bagi masyarakat tidak pakai masker, ” ucap Donni.

Sementara itu, Kapolsek Parapat Iptu Hosea Ginting menyampaikan, kedatangan Sat Pol-PP Pemprov Sumut sangat membantu pihaknya dalam penerapan dan menertibkan pengunjung mau pun masyarakat terkait protokol kesehatan.

“Kita siap mendampingi dalam razia atau sosialisasi pakai masker, dan kita imbau bagi masyarakat yang wisata ke Parapat, agar tetap melengkapi surat kendaraannya, serta pakai masker,” jelas Iptu Hosea Ginting. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago