Categories: Metro 24 Jam

Perumda Tirta Uli Sosialisasikan Biaya Beban Tetap di Siantar Utara

Perumda Tirtauli Kota Siantar akan menerapkan pemakaian minimal (beban tetap). Hal ini dilakukan agar para pelanggan memakai air dari Perumda Tirta Uli minimal sebanyak kebutuhan pokok dengan tujuan pelanggan lebih sehat.

Sosialisasi beban tetap sebelumnya telah digelar di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Martoba dan Siantar Timur. Kali ini sosialisasi diadakan bersama masyarakat Kecamatan Siantar Utara, Kamis (11/2/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Direktur Utama Perumda Tirtauli Kota Pematangsiantar, Ir Zulkifli Lubis mengatakan, kebutuhan pokok air minum adalah 10 meter kubik setiap kepala keluarga/bulan atau 60 liter/orang/hari atau sebesar satuan volume lainnya digunakan untuk minum, makan, cuci makanan dan mandi.

“Sosialisasi pendapatan beban tetap agar masyarakat tau bahwa hal itu perlu dilakukan agar Perumda Tirta Uli dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, seperti memperbaiki pipa bocor, rehabilitas pipa distribusi (perbaikan tekanan air), penurunan Min Revenue Water (MRW), pembuatan Distric Management Area (DMA) Pilot Project, penggantian meter pelanggan dan pemerataan tekanan,” kata Zulkifli Lubis di hadapan warga.

Ia juga menjelaskan, Beban Tetap bukanlah hal baru dan sudah pernah diterapkan para tahun 2013 silam.

Zulkifli menambahkan, sesuai Permendagri No 71 tahun 2016, tepatnya pada Pasal 20 ayat 2 dinyatakan, pendapatan air meliputi tarif air, beban tetap, pemeliharaan air dan pendapatan air lainnya selain perpipaan.

“Jadi berdasarkan Permendagri tersebut tepatnya dalam Pasal 21 ayat 1 dinyatakan BUMD air minum mengenakan beban tetap bulanan kepada setiap sambungan pelanggan apabila pemakaian air kurang dari volume pemakaian air minimum,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, salah seorang warga Bane, bermarga Sinaga mengaku tidak ada masalah tentang kenaikan beban tetap yang akan diberlakukan oleh Perumda Tirta Uli.

“Pada prinsipnya kami warga setuju, namun kenaikan beban tetap itu harus dibarengi dengan prestasi yang dapat ditunjukkan oleh Perumda Tirta Uli,” tegasnya.

Saya berharap Perumda lebih sering melakukan pengawasan terhadap pipa-pipa air yang bocor dan lebih tanggap dengan cepat terhadap laporan-laporan warga jika ada permasalahan terhadap penyaluran air ke rumah warga.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat yang hadir dalam kegiatan sosialisasi mengucapkan terima kasih atas penjelasan oleh Perumda Tirta Uli.

“Sosialisasi itu penting, jadi kami masyarakat dapat mengetahui apa itu beban tetap, sehingga kami dapat menyampaikan informasi ini ke warga lainnya yang tidak dapat hadir dalam acara ini,” katanya.

Untuk diketahui, beban tetap mulai diberlakukan pada pemakaian Maret 2021 tagihan bulan April 2021. Sedangkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah dengan kelompok tarif S1, S2, Sk dan RT I dan RT2 akan ditunda pelaksanaannya sampai 6 bulan kemudian. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

14 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

14 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago