Categories: Metro 24 Jam

Dijemput dengan Pengawalan Polisi, Hari Ini Vaksin Sinovac Dijadwalkan Tiba di Toba

Satuan Tugas Covid-19 Toba dipimpin Kadis Kesehatan dr Juliwan Hutapea menjemput 2.000 paket vaksin Sinovac ke Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara, Medan, Selasa (02/01/2021) sekira pukul 16.30 Wib.

Penjemputan vaksin dilakukan dengan menggunakan mobil double cabin milik Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dengan pengawalan voorijder Polres Toba.

Polres Toba sendiri mengerahkan 6 personel untuk pengawalan penjemputan vaksin Sinovac yang diperkirakan akan tiba di Kabupaten Toba hari ini, Rabu (03/02/2021).

Kadis Kesehatan dr Juliwan Hutapea mengakui adanya perubahan jadwal penjemputan Vaksin Sinovac ke Medan.

Perubahan tersebut terjadi setelah adanya rapat koordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Minggu (31/01/2021) lalu.

“Ada perlu percepatan untuk vaksinasi. Awalnya kita dijadwalkan untuk Kabupaten Toba penjemputan tanggal 5 Februari 2021, tapi dipercepat menjadi tanggal 3 Februari. Seluruh kabupaten yang ada di Indonesia termasuk di Sumatera Utara,” ujarnya.

Juliwan menjelaskan, hasil komunikasi dengan pihak Kemenkes, Kabupaten Toba hanya menjemput 1.000 vaksin Sinovac untuk sekali vaksin.

“Tapi vaksin yang dijemput untuk saat ini sebanyak 2.000 vial, sekaligus untuk tahap pertama dan tahap kedua 14 hari kemudian,” jelasnya.

Jadwal vaksinasi juga, lanjut Juliwan juga dipercepat, dari sebelumnya Selasa (9/2/2021) menjadi Jumat (5/2/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba.

ia mengungkapkan, prioritas pertama adalah 10 pejabat publik dari Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama dan akan dilanjutkan kepada tenaga kesehatan.

“Ada 1.411 orang tenaga kesehatan yang sudah terdata,” urai Juliwan.

Meski begitu, untuk tahap pertama ini, hanya 990 tenaga medis yang akan menjalani vaksinasi. Sedangkan 421 yang belum tercover pada vaksinasi tahap pertama ini akan dijadwalkan selanjutnya.

“Untuk menjaga vaksin itu tetap aman kita telah menyediakan kulkas khusus yakni dengan suhu 2 sampai 8 derajat celcius. Kemudian penyebaran untuk ke puskesmas pun alatnya sudah kita sediakan. Kalau untuk masyarakat, kabarnya pada bulan April 2021,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelum keberangkatan menjemput vaksin, petugas melakukan apel bersama di Mapolres Toba yang dipimpin oleh Kabag Ops AKP Jhony Andries Siregar.

Dalam arahannya, Jhony mengingatkan agar personel yang melakukan pengawalan mengutamakan keselamatan orang dan vaksin hingga sampai di Toba.

“Jadi, tolong jangan terlalu mengebut di jalan,” ujar Jhonny mengingatkan.

Informasi terakhir yang diterima Metro24jam.com dari Kadis Kesehatan Juliwan, vaksin akan tiba di Kabupaten Toba sore ini.

“Sedang dalam perjalanan menuju Toba. Paling lambat pukul 16.00 Wib sampai di Toba,” sebut Juliwan melalui WhatsApp, Rabu (3/2/2021). (*)

Recent Posts

Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang: Lelang Jabatan Harus Profesional, Peringkat 1 Harus Jadi Kadis

Ketua Fraksi PAN DPRD, Bayu Sumantri Agung, mengkritik proses Lelang Jabatan Eselon II yang digelar…

3 jam ago

Gegara Dituduh Curi Beras, Ponakan Tikam Bude Pakai Gunting, Warga Jalan Ade Irma Geger!

Warga seputaran Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Siantar Utara digegerkan aksi penikaman yang dilakukan…

3 jam ago

Soal Tambang Batu di Siregar Aek Nalas, KPH Balige: Itu APL, Ketua DPRD Toba: Harus Disikapi dengan Bijak

Lokasi penambangan liar galian C batu padas di Huta Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan…

4 jam ago

Ditangkap Polisi dan Positif Narkoba, Kades Pulo Tagor Baru Hanya Direhabilitasi

Oknum Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Deliserdang, yang terjerat kasus narkoba akhirnya bisa…

4 jam ago

Duduk-duduk di Kawasan TPU, Pemuda 18 Tahun Tewas Tertimpa Tembok Rubuh

Seorang pemuda tewas lantaran tertimpa tembok rubuh di kawasan TPU, Jalan Medan, Lingkungan I, Kelurahan…

5 jam ago

Digrebek Polisi, Pengedar Sabu Kampung Banjar Tunjuk Temannya

Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali melakukan penggrebekan di Kelurahan (Kampung) Banjar, Siantar Barat,…

6 jam ago