Categories: Metro 24 Jam

Menaker RI Teken MoU Kerjasama Peningkatan SDM dan Perluasan Kesempatan Kerja di Toba

Kementerian Ketenagakerjaan menandatangani kesepakatan dengan BBPLK Medan dan Institut Teknologi Del serta Perjanjian Kerja Bersama antara Ditjen Binapenta dengan PT Toba Tenun Sejahtera, Kamis (28/01/2021) siang.

Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Institute Teknologi Del, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba.

Menteri Ketenagakerjaan RI Dr Ida Fauziyah MSi mengatakan, kesepakatan tersebut merupakan bagian dari 2 program besar departemen yang dipimpinnya dalam peningkatan keterampilan SDM untuk pemulihan ekonomi serta perluasan kesempatan kerja di sektor pariwisata.

Menaker Ida menyatakan kerjasama antara BBPLK Medan dan Institut Teknologi Del dalam pengembangan pelatihan berbasis digital ini akan sangat bermanfaat di era revolusi industri 4.0.

Hal ini juga sejalan dengan kebijakan pengembangan ekosistem digital dan transformasi BLK yang menjadi program unggulan Kemnaker pada tahun ini.

“Untuk tahun 2021, Kemenaker akan menargetkan akan melatih dan melakukan sertifikasi kepada 500.000 tenaga kerja di sektor pariwisata di 5 destinasi wisata premium, di antaranya Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur dan Likupang,” katanya.

Sektor pariwisata tidak hanya diisi para pekerja formal yang bekerja di hotel, namun juga di cafe serta resort yang merupakan sektor informal.

“Karena sektor informal merupakan sektor baru yang akan sangat berpotensi ke depannya. Selain itu, juga terdapat 2 sektor lainnya, yaitu kuliner dan kerajinan yang saat ini juga potensial,” sambung Menteri Ida Fauziyah.

Untuk itu lanjut Ida, Kemnaker melalui BLK, baik yang dikelola pemerintah pusat maupun pemerintah daerah akan terus bersinegeri untuk membangun kemampuan SDM.

“Tidak sedikit kompetensi SDM yang harus kita bangun, di samping itu kami juga punya BLK Komunitas, yang banyak jurusannya di pariwisata. Untuk di Sumatera Utara, BLK komunitas berbasis gereja,” kata dia.

Kemnaker melalui Ditjen Binapenta, lanjut Menteri Ida, juga menjalin kerjasama untuk memberikan bantuan program Tenaga Kerja Mandiri kepada kelompok komunitas tenun ulos yang bergabung dalam PT Toba Tenun Sejahtera.

Program tersebut bertujuan membantu masyarakat pengrajin tenun ulos dalam menghadapi dinamika di masa pandemi Covid-19 saat ini yang penuh dengan ketidakpastian.

“Saya kira, di Medan ini yang bisa didorong yang tradisionalnya yaitu Ulos. Sampai kapanpun juga kain ulos akan selalu ada di hati masyarakat Batak. Karena ulos adalah sejarah dari leluhur,” ungkap Ida.

Pada kesempatan itu, Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya secara virtual menyampaikan, kerjasama antara Kemnaker dengan Institut Teknologi Del dalam mengembangkan teknologi wisata berbasis digital merupakan langkah yang sangat tepat di era digital saat ini.

“Kita bawa Danau Toba ke panggung wisata dunia yang tanpa batas. Sebagai keluarga besar Institut Teknologi Del, jadikanlah momentum ini sebagai jalan kita membangun negeri,” ajaknya.

“Pendampingan dan pelatihan yang dilakukan bersama-sama di Danau Toba, tenun menjadi langkah yang tepat dalam masyarakat, khususnya Sumatera Utara aktif berkontribusi bersama-sama membangun Danau Toba sebagai destinasi pariwisata superprioritas,” pungkasnya. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

3 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

3 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

20 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago