Categories: Metro 24 Jam

Hak Jawab dan Koreksi Atas Pemberitaan ‘Putra Pegiat Anti Korupsi Tewas di Komplek PT Bridgestone, 4 Orang Disebut Jadi Tersangka, Termasuk 1 WNA’

PT Brigdestone Sumatra Rubber Estate mengirimkan Surat Hak Jawab dan Koreksi atas pemberitaan Metro24jam.com atas pemberitaan “Putra Pegiat Anti Korupsi Tewas di Komplek PT Bridgestone, 4 Orang Disebut Jadi Tersangka, Termasuk 1 WNA”.

Surat bernomor Ref.: HR-0041/2021 ditandatangani GM Administration Richard Siahaan dan Jr HR Manager M Isnaeni Fadli, diterima redaksi Metro24jam.com pada hari Jum’at (15/1/2021) pukul 14.00 Wib, sebagai berikut:

Bahwa pada hari Senin, 28 Desember 2020, Metro24jam.com telah membuat pemberitaan dengan judul “Putra Pegiat Anti Korupsi Tewas di Komplek PT Bridgestone, 4 Orang Disebut Jadi Tersangka, Termasuk 1 WNA”.

Sehubungan dengan pemberitaan tersebut, kami sangat keberatan karena pada pemberitaan tersebut menyebutkan 4 Orang Disebut Jadi Tersangka, Termasuk 1 WNA, untuk itu kami mengajukan Hak Jawab dan Hak Koreksi sesuai Pasal 5 UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Adapun Hak Jawab dan Hak Koreksi kami atas pemberitaan Metro24jam.com sbb:

1. Bahwa pemuatan berita yang bertuliskan “Putra Pegiat Anti Korupsi Tewas di Komplek PT Bridgestone, 4 Orang Disebut Jadi Tersangka, Termasuk 1 WNA” telah mencemarkan WNA yang bekerja di PT Bridgstone karena disebut menjadi tersangka dalam kasus kematian YAP, sementara dalam kasus tersebut tida ada satupun melibatkan WNA.

2. Pemberitaan Metro24jam.com ini turut menyebarkan berita bohong karena telah memberitakan 1 WNA Termasuk Jadi Tersangka, sehingga orang lain akan mengira bahwa 1 WNA yang bekerja di PT Bridgestone menjadi tersangka dalam kasus kematian YAP.

3. Kami sangat menyesalkan ketidaprofesionalan Metro24jam.com sebagai pers karena tidak berimbang dan tidak uji informasi sebelum membuat pemberitaan tersebut.

4. Pemberitaan seharusnya disusun berdasarkan fakta, namun pemberitaan Metro24jam.com tersebut tidak disusun berdasarkan data yang dapat diuji validitasnya, dan kami juga sama sekali tidak pernah dimintakan keterangan ataupun klarifikasi mengenai pemberitaan tersebut.

Redaksi:
Hak Jawab dan Koreksi ini dimuat sesuai dengan ketentuan pada UU Pers No. 40 Tahun 1999. Kepada PT Brigdestone dan pembaca, redaksi meminta maaf.

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

14 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

14 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago