Sabtu, 16 Januari 2021 | 06.55 WIB
MGID BANNER
Metro24Jam>News>Puluhan Pemuda Unjukrasa ke Kantor Kejari Siantar, Ada Apa?

Puluhan Pemuda Unjukrasa ke Kantor Kejari Siantar, Ada Apa?

Reporter : Firman Zega | Kamis, 14 Januari 2021 - 20:33 WIB

IMG-103710

Pemuda Anti Koripsi saat berunjukrasa ke Kantor Kejari Pematang Siantar. (Zega/metro24jam.com)

Reklam Flip
Loading...

SIANTAR, metro24jam.com – Puluhan warga yang menamakan diri sebagai Pemuda Anti Korupsi (PAK) melakukan unjuk rasa di Kantor Kejaksaan Negeri Pematang Siantar, Kamis (14/1/2020).

Pengunjuk rasa, dalam orasinya, mempertanyakan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) terkait proyek pembangunan jembatan VIII STA 13. 441 Pematang Siantar yang dikerjakan PT EPP pada Tahun Anggaran 2019.

Pada temuan BPK tersebut, dikatakan ada kelebihan pembayaran yang harus dikembalikan yaitu sebesar Rp2,9 miliar.

“Dari informasi yang kami terima, ada oknum Kejari Siantar yang terlibat di dalamnya,” kata Koordinator Aksi, Arfiani, kepada awak media.

Menurut PAK, dari temuan BPK yang dimuat dalam buku laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah tahun anggaran 2019, dipaparkan bahwa pembangunan jembatan tersebut nilai kontraknya sebesar Rp14,4 miliar.

Selain itu, PAK juga menilai ada keanehan ketika kasus temuan BPK ini tidak ditindaklanjuti Kejari Pematang Siantar selaku Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) pada saat itu.

Dalam tuntutannya, PAK menilai selama ini ada oknum Kejari Pematang Siantar yang membuat resah di sejumlah OPD termasuk kontraktor-kontraktor putra daerah, sehingga menimbulkan keresahan.

Selain itu juga PAK juga mempertanyakan hasil pemeriksaan Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung (Kejagung) beberapa waktu lalu terkait adanya laporan pengaduan tentang oknum di Kejaksaan.

Dalam hal ini, PAK selaku Lembaga yang pro anti korupsi juga mengaku tetap memantau sejumlah kasus dugaan korupsi yang sedang berproses di Kejari Pematang Siantar, dan berharap pihak kejaksaan serius menanganinya.

“Pastinya kita sepakat, kota Siantar menjadi kota yang bersih dari korupsi sehingga pembangunan dapat terealisasi demi kemakmuran rakyat,” sebut Risky, salah seorang pengunjuk rasa melalui orasinya.

PAK sepakat Kota Pematang Siantar dengan semboyan Sapangambei Manoktok Hitei bersih dari tindakan-tindakan korupsi.

“Sehingga oknum-oknum yang ingin menggunakan jabatannya untuk memperkaya dirinya harus pindah dari Bumi Habonaron Do Bona. Hidup rakyat!” teriak Risky.

Saat diwawancarai sejumlah wartawan, puluhan pemuda ini menuturkan bahwa selain melakukan unjukrasa di Kantor Kejari Pematang Siantar, pihaknya juga akan menyurati sejumlah instansi, termasuk Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Utara, Komisi III DPR RI dan Jaksa Agung Muda (JAMWAS) Kejaksaan Agung RI serta sejumlah lembaga lainnya.

“Ini sebagai bentuk keseriusan kita dalam memberantas korupsi di Siantar,” tutupnya. (*)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Polres Lhokseumawe Paparkan Pengungkapan Kasus Curat, Cabul dan Narkoba

Polres Lhokseumawe Paparkan Pengungkapan Kasus Curat, Cabul dan Narkoba

Kepolisian Resort (Polres) Kota Lhokseumawe, menggelar Konferensi Pers pengungkapan sejumlah kasus yang terjadi di wilayah hukumnya, Jum'at (15/1/2021). Kapolres AKBP ...
Bupati Batubara Bantu Warga Terdampak Banjir di 3 Kecamatan

Bupati Batubara Bantu Warga Terdampak Banjir di 3 Kecamatan

Bupati Ir Zahir MAP memberikan bantuan kepada warga di 3 kecamatan di Kabupaten Batubara yang terdampak banjir, Jum'at (15/1/2021). Banjir ...
Pulang Beli Sabu, Remaja 17 Tahun Ini Diciduk Polisi, BB Disimpan Dalam Kotak Rokok

Pulang Beli Sabu, Remaja 17 Tahun Ini Diciduk Polisi, BB Disimpan Dalam Kotak Rokok

Seorang remaja berusia 17 tahun ditangkap Satuan Narkoba Polres Siantar karena membawa narkoba jenis sabu, Kamis (14/1/2020) sekira jam 23.50 ...
Pria Tewas di Depan Mapolda Sumut, Kabid Humas: Korban Sakit Paru-paru

Pria Tewas di Depan Mapolda Sumut, Kabid Humas: Korban Sakit Paru-paru

Sesosok pria mendadak tergeletak persis di depan Mapolda Sumatera Utara, Jum'at (15/1/2021). Dari mulutnya keluar darah segar. Petugas piket di ...
Harimau Sumatera Berkeliaran di Desa Meranti Timur, Seekor Kambing Jadi Mangsa

Harimau Sumatera Berkeliaran di Desa Meranti Timur, Seekor Kambing Jadi Mangsa

Penampakan seekor harimau Sumatera, Rabu (13/1/2021) membuat heboh warga di Dusun VI Sigalapang, Desa Meranti Timur, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, ...
Deliserdang Gelar Vaksinasi, Kadiskes: Wajib Dua Kali

Deliserdang Gelar Vaksinasi, Kadiskes: Wajib Dua Kali

Dinas Kesehatan Deliserdang menggelar vaksinasi Covid-19 di RSUD Deliserdang Jumat (15/1/2021). Kegiatan vaksinasi diawali dengan menyuntikkan vaksi kepada 10 tokoh ...
Reklam Sticky Ads
Reklam Inread
Triv
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
ReklamStore Scroll