Categories: Metro 24 Jam

Puluhan Warga Panei Datangi PTPN IV Marjandi, Tuding Proyek Irigasi Penyebab Banjir

Puluhan perwakilan warga Kecamatan Panei mendatangi kantor Manajer PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Marjandi, Selasa (12/1/2021).

Warga menuding, penanaman sawit di Daerah Saluran Sungai (DAS), dan seluruh proyek pembangunan irigasi perkebunan sawit PTPN IV Marjandi menjadi penyebab banjir di kawasan itu.

Menurut warga, kontur bangunan saluran irigasi ada yang tidak beres yang menyebabkan penyempitan aliran anak sungai yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya banjir jika curah hujan cukup tinggi.

Untuk diketahui, saat ini kawasan Kelurahan Panei Tongah, Kecamatan Panei, tengah direndam banjir. Sebelumnya juga pernah terjadi banjir serupa pada tahun lalu.

“Kami minta PTPN IV Marjandi melakukan penutupan seluruh parit irigasi yang menyebabkan air meluap dan tumpah ke badan jalan dan ke desa kami, pada saat musim hujan,” kata U Nenggolan, mewakili warga Kecamatan Panei.

Ia mengatakan, permasalahan banjir tersebut sudah seringkali disampaikan kepada pihak PTPN IV Marjandi, mulai dari pimpinan sebelumnya. Namun, hingga hari ini belum juga ada solusinya.

Menurut Nainggolan, aksi serupa, bukan pertama dilakukan. Tapi pihak PTPN IV Marjandi sampai saat ini tidak segera mencari solusi untuk memberi ketenagan kepada warga.

“Apabila masih tidak ada respon, maka kami akan melakukan aksi yang lebih besar. Warga sudah tak peduli dengan janji. Pokoknya kami meminta PTPN IV Marjandi memberi ketenangan dan solusi,” tegasnya.

Hal senada disampaikan J Nainggolan, salah seorang ketua organisasi kepemudaan di Kecamatan Panei.

Ia mengatakan, banjir seringkali terjadi di pemukiman warga setelah pihak PTPN IV Marjandi membangun parit irigasi di daerah resapan air.

“Saat ini Kelurahan Panei Tongah, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun direndam banjir. seharunya PTPN IV Marjandi memberi solusi,” sebutnya.

Warga lainnya menimpali, “Tolong pak! Jangan sampai rusuh warga!”, sembari meminta pihak PTPN IV Marjandi meninjau ke lokasi terdampak banjir.

Perwakilan warga Panei saat mediasi dengan pihak PTPN IV Marjandi. (ist/metro24jam.com)

Terpisah, manajer PTPN IV Marjandi T Sitanggang ketika dikonfirmasi melalui Asisten SDM Vincent Nadeak, menjelaskan, telah menerima audensi perwakilan warga.

“Kita sudah audiensi di ruangan manejer, dengan beberapa perwakilan dari Panei Tongah. Dan kita juga sudah meninjau langsung yang terkena dampak,” katanya via WhastApp, Selasa (12/1/2021) siang.

Sekedar informasi, hujan deras yang melanda Kabupaten Simalungun pada Senin (11/1/2021) sore sampai tengah malam, mengakibatkan 3 jembatan di Kecamatan Panei rusak berat.

Dua jembatan putus total di Nagori Janggir Leto dan Nagori Rawang Pardomuan Nauli, yang merupakan akses vital dari Nagori Parsaguan, Kecamatan Panei Tongah.

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda untuk perbaikan jembatan dimaksud. (*)

Recent Posts

Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang: Lelang Jabatan Harus Profesional, Peringkat 1 Harus Jadi Kadis

Ketua Fraksi PAN DPRD, Bayu Sumantri Agung, mengkritik proses Lelang Jabatan Eselon II yang digelar…

2 jam ago

Gegara Dituduh Curi Beras, Ponakan Tikam Bude Pakai Gunting, Warga Jalan Ade Irma Geger!

Warga seputaran Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Siantar Utara digegerkan aksi penikaman yang dilakukan…

2 jam ago

Soal Tambang Batu di Siregar Aek Nalas, KPH Balige: Itu APL, Ketua DPRD Toba: Harus Disikapi dengan Bijak

Lokasi penambangan liar galian C batu padas di Huta Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan…

3 jam ago

Ditangkap Polisi dan Positif Narkoba, Kades Pulo Tagor Baru Hanya Direhabilitasi

Oknum Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Deliserdang, yang terjerat kasus narkoba akhirnya bisa…

3 jam ago

Duduk-duduk di Kawasan TPU, Pemuda 18 Tahun Tewas Tertimpa Tembok Rubuh

Seorang pemuda tewas lantaran tertimpa tembok rubuh di kawasan TPU, Jalan Medan, Lingkungan I, Kelurahan…

4 jam ago

Digrebek Polisi, Pengedar Sabu Kampung Banjar Tunjuk Temannya

Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali melakukan penggrebekan di Kelurahan (Kampung) Banjar, Siantar Barat,…

5 jam ago