Jumat, 24 September 2021 | 07.58 WIB
Regal Springs
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Puluhan Warga Panei Datangi PTPN IV Marjandi, Tuding Proyek Irigasi Penyebab Banjir

Puluhan Warga Panei Datangi PTPN IV Marjandi, Tuding Proyek Irigasi Penyebab Banjir

Reporter : Agus Suhendra | Selasa, 12 Januari 2021 - 17:13 WIB

IMG-103618

Warga di lokasi jembatan dan ruas jalan rusah akibat dampak banjir. (ist/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Puluhan perwakilan warga Kecamatan Panei mendatangi kantor Manajer PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Marjandi, Selasa (12/1/2021).

Warga menuding, penanaman sawit di Daerah Saluran Sungai (DAS), dan seluruh proyek pembangunan irigasi perkebunan sawit PTPN IV Marjandi menjadi penyebab banjir di kawasan itu.

Menurut warga, kontur bangunan saluran irigasi ada yang tidak beres yang menyebabkan penyempitan aliran anak sungai yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya banjir jika curah hujan cukup tinggi.

Untuk diketahui, saat ini kawasan Kelurahan Panei Tongah, Kecamatan Panei, tengah direndam banjir. Sebelumnya juga pernah terjadi banjir serupa pada tahun lalu.

“Kami minta PTPN IV Marjandi melakukan penutupan seluruh parit irigasi yang menyebabkan air meluap dan tumpah ke badan jalan dan ke desa kami, pada saat musim hujan,” kata U Nenggolan, mewakili warga Kecamatan Panei.

Ia mengatakan, permasalahan banjir tersebut sudah seringkali disampaikan kepada pihak PTPN IV Marjandi, mulai dari pimpinan sebelumnya. Namun, hingga hari ini belum juga ada solusinya.

Menurut Nainggolan, aksi serupa, bukan pertama dilakukan. Tapi pihak PTPN IV Marjandi sampai saat ini tidak segera mencari solusi untuk memberi ketenagan kepada warga.

“Apabila masih tidak ada respon, maka kami akan melakukan aksi yang lebih besar. Warga sudah tak peduli dengan janji. Pokoknya kami meminta PTPN IV Marjandi memberi ketenangan dan solusi,” tegasnya.

Hal senada disampaikan J Nainggolan, salah seorang ketua organisasi kepemudaan di Kecamatan Panei.

Ia mengatakan, banjir seringkali terjadi di pemukiman warga setelah pihak PTPN IV Marjandi membangun parit irigasi di daerah resapan air.

“Saat ini Kelurahan Panei Tongah, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun direndam banjir. seharunya PTPN IV Marjandi memberi solusi,” sebutnya.

Warga lainnya menimpali, “Tolong pak! Jangan sampai rusuh warga!”, sembari meminta pihak PTPN IV Marjandi meninjau ke lokasi terdampak banjir.

Perwakilan warga Panei saat mediasi dengan pihak PTPN IV Marjandi. (ist/metro24jam.com)

Terpisah, manajer PTPN IV Marjandi T Sitanggang ketika dikonfirmasi melalui Asisten SDM Vincent Nadeak, menjelaskan, telah menerima audensi perwakilan warga.

“Kita sudah audiensi di ruangan manejer, dengan beberapa perwakilan dari Panei Tongah. Dan kita juga sudah meninjau langsung yang terkena dampak,” katanya via WhastApp, Selasa (12/1/2021) siang.

Sekedar informasi, hujan deras yang melanda Kabupaten Simalungun pada Senin (11/1/2021) sore sampai tengah malam, mengakibatkan 3 jembatan di Kecamatan Panei rusak berat.

Dua jembatan putus total di Nagori Janggir Leto dan Nagori Rawang Pardomuan Nauli, yang merupakan akses vital dari Nagori Parsaguan, Kecamatan Panei Tongah.

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda untuk perbaikan jembatan dimaksud. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Begini Cara Aliansi Pemuda Perdagangan Atasi Kejenuhan di Masa Pandemi

Begini Cara Aliansi Pemuda Perdagangan Atasi Kejenuhan di Masa Pandemi

Aliansi Pemuda Perdagangan (APP) memperindah kampung halaman mereka dengan melakukan pengecatan warna-warni di seputar jembatan pengubung dengan Kabupaten Batubara, Kamis ...
Video Pungli Pedagang Viral di Medsos, Oknum Ketua OKP Ini Dijemput Polisi

Video Pungli Pedagang Viral di Medsos, Oknum Ketua OKP Ini Dijemput Polisi

Meski polisi telah berkali-kali viral melakukan penindakan terhadap aksi pungli, sepertinya para pelaku tak kunjung jera. Hal yang sama juga ...
Didakwa Jadi Kurir Sabu 20 Kg, Pria Asa Tanjung Morawa Terancam Hukuman Mati

Didakwa Jadi Kurir Sabu 20 Kg, Pria Asa Tanjung Morawa Terancam Hukuman Mati

Aditya Warma alias Adit (23) diadili secara virtual di Ruang Cakra IX Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (23/9/2021). Warga Jalan ...
Puskesmas Diusulkan Sebagai KPA, Ini Jawaban Para Kapus di Siantar…

Puskesmas Diusulkan Sebagai KPA, Ini Jawaban Para Kapus di Siantar…

Komisi 1 DPRD Siantar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan seluruh Kepala Puskesmas, Kamis (23/9/2021). Dalam rapat tersebut, tercetus kembali ...
Bentrok OKP di Galang, Polisi Sudah Tetapkan 5 Tersangka, 1 Diserahkan ke Polresta Deliserdang

Bentrok OKP di Galang, Polisi Sudah Tetapkan 5 Tersangka, 1 Diserahkan ke Polresta Deliserdang

Pasca bentrok 2 kelompok OKP di Desa Kelapa Satu, Kecamatan Galang Kabupaten Deliserdang pada Selasa (17/8/2021) sekira pukul 21.00 Wib, ...
Tertabrak Motor di Jalinsum Lubukpakam, Warga Pasar Melintang Dilarikan ke RS

Tertabrak Motor di Jalinsum Lubukpakam, Warga Pasar Melintang Dilarikan ke RS

Partogi Adat Simarmata (60), warga Dusun IX, Kelapa Tinggi, Desa Pasar Melintang, Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang terluka setelah mengalami kecelakaan, Kamis ...
MGID

Loading…


Awie
Horas Laundry
AdvertNative 320 x 200