Categories: Metro 24 Jam

Rampok dan Bacok Remaja 14 Tahun di Delitua, 6 Pemuda Diringkus, 1 Diciduk di Kisaran

Personel Unit Reskrim Polsek Delitua berhasil mengungkap pelaku perampokan di Jalan Kanal, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, belum lama ini.

Dari pengungkapan tersebut, polisi akhirnya berhasil meringkus enam tersangka, setelah sebelumnya menciduk salah seorang pelaku di Jalan Pisang, Kelurahan Mutiara, Kecamatan Kisaran Timur, Kisaran, Kabupaten Asahan, Minggu (10/01/2021).

Para tersangka yang diamankan adalah Wandi Sahputra (18), Arifman Ndraha alias Arif (20)–keduanya warga Jalan Tuar Ujung, Dusun VI, Desa Marindal-II, Kecamatan Patumbak.

Empat pelaku lainnya yakni, Arif Prayoga (18), Fahrul Parazi alias Azi (18), Aditya dan Agung Setiawan, seluruhnya warga Kecamatan Medan Area.

Kapolsek Delitua, AKP Zulkifli Harahap mengatakan, keenam pemuda tersebut sebelumnya membegal seorang pelajar SMP bernama Audzri Ananda Sutarno (14), warga Gang Amarta, Dusun IV, B Desa Marindal I, Kecamatan Patumbak, Deliserdang, Minggu (03/01/2021).

Saat itu keenam pemuda tersebut beraksi dengan membawa sebilah parang. Dari tangan korban, para pelaku berhasil merampas sepedamotor Kawasaki KLX warna orange, BK 3398 AJM. Selain itu, Audzri Ananda Sutarno juga mengalami luka bacok pada lengannya.

Peristiwa itu kemudian dilaporkan orangtua Ananda, Sutarno (60), ke Polsek Delitua, Minggu (3/1/2021)

Kepada polisi, Sutarno mengatakan, bahwa putranya Audzri Ananda dibegal saat melintas di Jalan Kanal, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

Saat itu, Ananda yang berboncengan dengan temannya bersama rekan-rekan mereka hendak pergi ke Lapangan Merdeka. Ketika melintas di Jalan Kanal, rombongan Ananda berpapasan dengan beberapa 6 pengendara sepedamotor yang masing-masing berboncengan.

“Anak korban berkendara di barisan belakang rombongan. Kemudian, salah seorang pelaku mengambil parang dan hendak mengarahkan kepada korban,” jelas Zulkifli.

Melihat itu, temannya di boncengan Muhammad Irsan Ginting pun kaget. Spontan, remaja itu melompat dari sepedamotor. Akibatnya, Ananda kehilangan kendali sehingga terjatuh dari sepedamotornya.

Selanjutnya, para pelaku mengeroyok Ananda. Saat itulah, salah seorang di antara pelaku yang memegang parang hendak menikam Ananda.

Remaja itu kemudian menangkis serangan parang tersebut. Akibatnya Ananda terluka di pada lengan kanannya.

Tak sampai di situ, para pelaku kemudian menyeret Ananda ke arah jalan. Saat bersamaan, beberapa di antara pelaku langsung melarikan sepedamotor Kawasaki KLX yang dikendarai Ananda.

Berdasarkan pengaduan Sutarno, personel Unit Reskrim Polsek Delitua kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi salah seorang pelaku yang diketahui bernama Arif dan Wandi alias Ucok.

Setelah beberapa hari melacak keberadaannya, petugas akhirnya mendapat informasi bahwa Arif bersembunyi di Jalan Pisang, Kelurahan Mutiara, Kisaran Timur, Kisaran.

Polisi segera bergerak menuju Kisaran dan berhasil meringkus Arif dan Wandi alias Ucok di salah satu kos-kosan di kawasan itu. Setelah diinterogasi, Arif kemudian membeberkan nama-nama temannya yang ikut melakukan perampokan saat itu.

Selanjutnya, petugas kembali ke Medan dan berhasil meringkus Agung, Adit, Azi serta Arif Prayoga.

“Empat pelaku ini diamankan di kediaman Agung di kawasan Pasar Merah. Dari mereka juga diamankan barang bukti senjata yang digunakan untuk melakukan aksi kejahatannya,” ungkapnya.

Polisi kemudian melakukan pengembangan untuk mencari barang bukti lainnya. Saat itulah Wandi dan Arif berusaha melarikan diri dengan melawan petugas.

“Mereka berdua merampas senjata petugas, namun tidak berhasil dan pelaku langsung berusaha melarikan diri sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur,” jelas Zulkifli.

Hingga saat ini, polisi masih melakukan pengembangan untuk mencari terduga pelaku lain.

“Pengakuan korbannya, pelaku beraksi dengan menggunakan 12 sepeda motor, bahkan dia nyaris dibacok oleh pelaku. Mereka kami persangkakan melanggar pasal 365 KUHPidana,” terangnya.

Dari pengungkapan tersebut, polisi juga menyita sebilah samurai, pisau tongkat, gergaji pemotong es batu, satu unit sepedamotor Honda Beat BK 3876 MAM, dan satu unit sepeda motor Kawasaki KLX No Pol 3398 AJM, warna orange. (*)

Recent Posts

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

6 menit ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

5 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

5 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago