Categories: Metro 24 Jam

Rumah Terbakar Saat Hadiri Hajatan, Janda Tua di Perdagangan III Terpaksa Mengungsi

Kediaman seorang warga kurang mampu di Jalan Bahagia Lingkungan II, Kelurahan Perdagangan III, Kecamatan Bandar, Simalungun ludes terbakar, Minggu (10/1/2021), sekira pukul 15.00 Wib.

Rumah berdinding tepas dengan ukuran 4×6 meter tersebut merupakan milik seorang janda bernama Suratmi (64), yang juga warga setempat.

Menurut warga bernama Agus Salim Siregar, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.10 Wib. Saat itu, pemilik rumah sedang tidak berada di tempat karena menghadiri hajatan.

“Tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran tersebut, hanya saja untuk kerugian materi diperkirakan mencapai Rp50 juta,” katanya.

Ia menjelaskan, belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Peristiwa itu diketahui warga ketika asap tebal disusul api terlihat warga di kawasan itu.

“Melihat api sudah menyala besar, warga langsung mendobrak pintu depan rumah untuk memudahkan proses pemadaman sekaligus menghindari api dari merembet ke rumah lain. Warga berupaya menyiramkan air dengan peralatan seadanya. Lalu rumah itu rubuh sendiri,” kata dia.

Berselang beberapa menit kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkai dan Pemkab Simalungun tiba di lokasi. Namun, kobaran api saat itu sudah lebih dulu padam.

“Selain bangunan, perabotan dan peralatan rumah tangga lainnya hangus,” kata Agus.

Menyusul peristiwa tersebut, Suratmi saat ini terpaksa diungsikan ke rumah salah seorang kerabatnya di Lingkungan II, Kelurahan Perdagangan III, Kecamatan Bandar.

“Kami minta kepala desa mendata dan memasukkan warga yang terkena musibah ini untuk mendapatkan bantuan. Kami juga berharap uluran tangan dermawan dan usahawan yang ada di Kecamatan Bandar ini,” kata dia.

Terpisah, Kapolsek Perdagangan AKP Josia Simarmata SH membenarkan peristiwa kebakaran di Lingkungan II, Kelurahan Perdagangan III tersebut.

“Terkait kebakaran, korban jiwa tidak ada, kerugian materi diperkirakan kurang lebih 60 juta rupiah,” katanya melalui WhatsApp, Minggu (10/1/2021) malam. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago