Categories: Metro 24 Jam

Penambangan Pasir di Perdagangan Berhenti, di Kucingan Sei Mangkei Tetap Jalan

Penambangan pasir di bantaran aliran Sungai Bah bolon, Nagori Perdagangan II, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun akhirnya dihentikan sendiri oleh pemilik usaha belum lama ini.

Warga sekitar pun menyambut baik tindakan yang diambil oknum pengusaha Galian C asal Batubara tersebut, meski akibat ulah penambangan pasir itu tetap menyisakan sejumlah kerusakan.

“Sekarang di bawah jembatan Lima Puluh – Batubara – Perdagangan sudah tutup, tidak beroperasi. Jadi, yang di Kucingan lah ‘main’, semua ke sana,” sebut salah seorang warga saat ditemui di Jembatan penghubung Limapuluh-Perdagangan, Kamis (7/1/2021) siang.

Menurut pria itu, pengelola penambangan di Kucingan berinisial ST. “Dia orang Siantar, bukan si ND dan AY. Kalau orang ini dua bukan pengusaha, tapi hanya pemilik lahan,” katanya.

Penambangan pasir di aliran Sungai Bah Bolon, Kucingan, Nagori Sai Mangkei, Kecamatan Bosar Maligas, menurut pria itu, sudah lama menjadi incaran sejumlah pengusaha, baik lokal hingga luar daerah.

Namun pada umumnya, para pengusaha diduga tidak mendapatkan izin resmi untuk melakukan penambangan.

“Galian C pasir di Kucingan ini sudah berlangsung lama dan baru-baru ini katanya digerebek tim dari Polda Sumut. Ada diamankan alat berat excavator, mandor dan ada warga setempat,” katanya.

“Menurut informasi, sudah naik ke tahap penyidikan. Artinya paling tidak sudah ada tersangkanya di sana. Tapi belum disampaikan siapa tersangkanya sampai sekarang sudah beroperasi lagi,” katanya.

Sementara itu, penambangan pasir di bawah jembatan penghubung Limapuluh-Perdagangan, yang sudah dihentikan, coba dikelola kembali beberapa pekan lalu, melalui perangkat Kelurahan Perdagangan II.

Namun, karena tidak memilki izin, Lurah Perdagangan II akhirnya menghentikan operasional itu.

“Sempat dikelola perangkat kelurahan tambang pasir di Perdagangan II itu, katanya melalui BuMNag. Tapi karena izin tidak ada, dihentikan juga, camat marah,” kata warga.

Pantauan Metro24jam.com, Kamis (7/1/2021) sore di lokasi tersebut, sudah tidak ada lagi aktivitas penambangan.

“Sudah tidak ada. Sudah tidak ada aktivitas lagi. Sudah kosong semuanya,” kata seorang warga ditemui di lokasi bekas penambangan ilegal itu.

Terpisah, Pangulu Sei Mangkei Jumarno mengatakan penambangan pasir di desanya, sudah berlangsung hampir satu tahun. Pihak pengusaha bersedia menyisihkan sebagian keuntungan ke desa mereka berupa bantuan kepada masyarakat.

“Operasionalnya sudah hampir setahun. Dalam hal ini, nagori menerima Rp 2.000 dan masjid Rp3.000 per truk. Kalau diglobalkan jadi Rp5.000 per truk,” katanya.

Menurut Jumano, izin penambangan tersebut sudah ada. Pengusaha juga disebut bersedia memberikan bantuan seperti sembako, setiap bulannya kepada warga setempat.

Ia juga mengakui, bahwa sekira 4 bulan sebelumnya, penambangan pasir di desanya itu memang sempat diamankan polisi. Petugas mengamankan alat berat dari lokasi serta pengusahanya yang warga Nagori Sai Mangkei.

“Tapi ini sudah beroperasi lagi,” jelas Jumano sembari meminta Metro24jam.com untuk meminta penjelasan kepada pengelola usaha dimaksud.

Sementara itu, ST, yang disebut sebagai pengelola penambangan pasir di Nagori Sei Mangkei itu tidak bersedia menjawab pertanyaan yang dilayangkan awak media ini.

“Sebelum ku jawab, aku mau nanya balik bang. Dapat no aku dari siapa?” jawabnya melalui WhatsApp, Kamis (7/1/2021) sore. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

15 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

15 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago