Categories: Metro 24 Jam

3 Pria di Dolok Hataran Digerebek Saat Pesta Narkoba Dalam Rumah

Warga di Jalan Utama, seputar Jalan Asahan KM 8, Nagori Dolok Hataran, Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun mendadak ramai, Selasa (05/01/2021) siang.

Informasi yang dihimpun Metro24jam.com, Rabu (6/1/2021) sore, warga setempat sempat heboh ketika personel Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun menggrebek 3 pria yang sedang pesta narkoba di rumah salah seorang pria residivis kasus narkortika.

“Polisi menangkap tiga orang di rumah itu, si Congek sama abangnya si HSR dan si AAN. Katanya pesta narkoba,” sebut warga yang ditemui di seputaran Jalan Asahan KM 8, Nagori Dolok Hataran Kecamatan Siantar.

Menurut warga tersebut, saat polisi melakukan penggrebekan Congek sempat sembunyi dalam kamar.

“Kami rasa membuang sabu lah. Memang selama ini, tiga orang itu sudah lama meresahkan termasuk si AS orang Kampung Laras itu,” imbuhnya.

Saat itu, jelas warga tersebut, petugas dengan mengedarai mobil jenis SUV warna hitam langsung bergerak masuk.

“Gak ada kedengaran suara-suara ribut-ribut, tiba-tiba udah masuk aja. Jadi kedapatan si Congek ini sama abangnya dan si AAN di dalam kamar,” katanya.

Menurut warga, tidak terdengar ada yang mendobrak pintu depan rumah tersebut.

“Kurasa pas polisi itu masuk, tiga orang ini kaget dan sempat sembuyi di kamar. Mereka (polisi), sempat memperlihatkan narkoba itu ke tukang pangkas di depan rumah yang digrebek itu,” katanya.

Tak lama berselang, setelah mobil mobil warna silver datang, ketiga orang tersebut langsung dibawa.

“Nggak tau ke mana. Intinya ngak ada ribut-ribut, apalagi melawan. Mungkin karena sudah ‘tinggi’ orang itu tiga,” ungkapnya sembari tertawa.

Namun, ia mengaku heran, karena AS yang tinggal di Simpang Laras tidak ditangkap. “Padahal warga sudah lama mengetahui, kalau barang (sabu) itu yang diedarkan dari dia,” bebernya.

Warga yang minta identitasnya tidak disebutkan mengatakan, AD alias Congek selama ini memang sudah menjadi rahasia umum di kawasan itu, adalah seorang pengedar narkoba.

“Si Congek ini memang pengedar narkoba dan pernah dipenjara kasus narkoba. Kalau abangnya, residivis juga, tapi lupa kasusnya apa. Yang pasti pernah masuk penjara lah dia. Kerjanya pun supir si AS. Kalau si AAN ini duda kerja bangunan dan sudah lama lah kecanduan, maka badannya pun kurus,” lanjutnya.

Menurut pria tersebut, di desa itu ketiga orang yang diamankan petugas, termasuk AS, memang sudah sangat meresahkan warga karena mengedarkan sabu. “Akhirnya dari Polres yang menangkap ke 3 orang ini,” katanya.

Beberapa hari sebelum penggrebekan itu, tepatnya Minggu (3/1/2021), menurut warga tersebut, kediaman Congek sempat dikepung oleh 3 orang termasuk AS membawa senjata tajam.

“Orang itu dua, si Cogek dengan si AS, sebelumya juga sempat berantam, katanya soal setoran. Tapi nggak tau setoran apa. Waktu itu abang si Congek mengantar barang ke Siantar,” sebut warga.

Terpisah, Kasat Resnarkoba AKP Adi Haryono ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya melakukan pengrebekan tersebut.

“Betul, 3 diamankan dari tempat kejadian perkara (TKP). Hasil BAP dan keterangan tersangka bahwa yang 2 orang tidak ada kaitannya dengan sabu-sabu tersebut. Namun tetap diamankan untuk diambil keterangannya sebagai saksi,” jelas Adi Haryono, Rabu (6/1/2021) sore.

Ketika ditanya apakah kedua orang yang tidak ada kaitan itu sudah dipulangkan, Adi Haryono mengatakan, bahwa penyidik masih menahan mereka.

“Belum. Masih diambil keterangannya. Penyidik punya waktu 3×24 jam dan perpanjangan 3×24 jam,” katanya.

Penangkapan tersebut jelas Adi Haryono berawal dari laporan masyarakat yang melaporkan bahwa di TKP sering terjadi transaksi dan penyalahgunaan narkoba.

Saat ini, polisi sudah menetapkan Congek sebagai tersangka. Dari lokasi petugas menyida barang bukti berupa 4 paket sabu-sabu seberat 0,76 gram, 1 kotak kecil plastik klip plus 4 plastik klip kosong berikut mancis.

Kepada polisi, Congek mengaku mendapatkan barang haram itu dari seorang warga Sionggang, Kecamatan Siantar, Simalungun. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

20 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago