Categories: Metro 24 Jam

BMKG Himbau Warga Aceh Waspada Bencana Hidrometeorologi, Ini Daerah Yang Berpotensi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar kembali mengimbau masyarakat di sejumlah wilayah Provinsi Aceh untuk mewaspadai ‘bencana hidrometeorologi’.

Sejumlah wilayah di Provinsi Aceh juga masih berpotensi diguyur hujan lebat. Himbauan tersebut sebagaimana peringatan dini yang kembali dikeluarkan oleh BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Aceh Besar, Zakaria Ahmad, melalui keterangan tertulisnya kepada Metro24jam.com mengatakan, bahwa hujan lebat disertai petir atau kilat berpotensi mengguyur sejumlah daerah di Aceh dan berlaku hingga Jum’at (08/01/2021).

Cuaca ekstrim seperti ini, sebut Zakaria Ahmad, karena masih terdapat belokan angin atau shearline sehingga terjadi perlambatan pergerakan masa udara yang membuat penumpukan masa udara di sebagian wilayah Aceh.

“Dengan demikian wilayah tersebut berpotensi terjadi angin kencang, kilat atau petir dan disertai hujan lebat untuk dua hingga tiga hari kedepan. Kami himbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir dan longsor,” katanya.

Zakaria juga merincikan, daerah yang berpotensi hujan lebat dan dapat memicu potensi longsor maupun banjir, meliputi Kecamatan Terangon dan Tripe Jaye di Kabupaten Gayo Lues, tiga Kecamatan di Aceh Barat Daya meliputi Kecamatan Kuala Batee, Babah Rot dan Jeumpa.

“Kemudian Kecamatan Beutong dan Darul Makmur di Kabupaten Nagan Raya. Untuk itu kami himbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir dan longsor, juga pengendara kendaraan bermotor untuk tetap hati-hati pada jalur tersebut,” imbuh Zakaria.

Sementara daerah lain yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang meliputi Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Aceh Tengah, Bener Meriah, Sabang, Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Aceh Selatan. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

15 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

15 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago