Categories: Metro 24 Jam

Antisipasi Banjir, TNI dan Masyarakat Kuta Lhoksukon Timbun Tanggul Jebol

Curah hujan tinggi masih berpotensi mengguyur Kabupaten Aceh Utara dalam sepekan terakhir. Kondisi ini memicu peningkatan debit air di beberapa aliran sungai, seperti Krueng Peutoe, Krueng Kreutoe, Krueng Pirak dan Krueng Pase.

Pantauan Metro24jam.com, hingga Senin (04/01/2021) siang sebagian perumahan warga di Kecamatan Lhoksukon dan Pirak Timu terendam banjir. Beberapa titik tanggul juga masih jebol akibat banjir yang sempat melanda di awal Desember 2020.

Mengantisipasi terjadinya banjir kembali, TNI bersama masyarakat saling bahu membahu gotong-royong menimbun tanggul yang jebol, di Desa Kuta Lhoksukon, Senin (04/01/2021).

Babinsa Desa Kuta Lhoksukon Koramil 08/Lsk, Serka Manurung, mengatakan, ia menginisiasi warga setempat untuk melakukan penimbunan tanggul yang jebol di Dusun V, Kuta Lhoksukon.

Inisiatif tersebut langsung mendapat sambutan baik dari warga yang bergegas menyiapkan peralatan maupun bahan walau bermodal karung berisi tanah.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Kodim 0103/Aceh Utara, Serka Manurung mengatakan, wilayah binaannya hampir setiap tahun, ketika musim penggujan, mengalami banjir akibat luapan debit air sungai.

Tanggul yang ada selama ini sudah rusak dan sehingga debit air yang deras kerap merendam pemukiman warga.

“Untuk itulah kami memperbaiki tanggul yang sudah rusak dengan karung yang sudah kita siapkan kemudian diisi tanah dan ditumpuk bersilangan agar tanggul kuat mampu menahan luapan air sungai. Dengan upaya ini diharapkan warga setempat tidak kebanjiran lagi saat hujan kembali turun,” kata Serka Manurung.

Di tempat berbeda, hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang warga Desa Kuta Lhoksukon, Amri. Saat hujan mengguyur, wilayahnya kerap terdampak banjir karena letak wilayah bersebelahan dengan lokasi aliran sungai Krueng Kreutoe.

Selain itu, menurut dia, tanggul yang ada selama ini sudah tidak kuat menahan air sehingga memerlukan perbaikan.

“Atas masukan dari Babinsa, Alhamdulillah niat kita untuk memperbaiki tanggul akhirnya terlaksana. Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa karena selalu peduli dengan keadaan desa kami. Tanpa dorongannya, mungkin pembuatan tanggul ini tidak akan kunjung dibuat karena kesibukan warga,” tutur Amri.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto SAP melalui Danramil 08/Lhoksukon, Kapten Arm Anas Awaluddin, menyebutkan kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan Babinsa Serka Manurung dan masyarakat adalah satu wujud kepedulian TNI dengan warga Desa Binaannya. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

14 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

14 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago