Categories: Metro 24 Jam

7 Pegawai Dinyatakan Positif Covid-19, Kantor Dinas PPKB Batubara di-Lockdown

Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Batubara di Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh, ditutup untuk sementara, mulai Senin (04/01/2021).

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten, Batubara melalui Kadis Kesehatan drg Wahid Khusairy mengatakan, tindakan itu diambil setelah 7 pegawai pada kantor tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Hasil tersebut diperoleh, setelah Tim Satgas Covid-19 Batubara melaksanakan test Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap 12 pegawai di lingkungan Kantor Dinas PPKB, akhir Desember 2020 kemarin.

Tindak lanjut dari klaster baru ini, Satgas Covid-19 Batubara melakukan isolasi terhadap orang terkonfirmasi positif, tracing antigen kepada yang berdekatan, penyemprotan dan pembersihan di lingkungan kantor dan tempat tinggal terkonfirmasi positif.

Wahid menjelaskan, sebelumnya ditemukan 1 pegawai Dinas PPKB yang positif Covid-19. Diduga, karena mobilitasnya cukup tinggi dan banyak berinteraksi, ia kemudian menularkan virus kepada pegawai lainnya.

“Penyebaran Covid-19 biasa terjadi dari satu orang ke orang lainnya bila penderita memiliki mobilitas tinggi dan berinteraksi dengan banyak orang,” jelas Wahid di ruang kerjanya, Senin (04/01/2021).

Selain tujuh pegawai Dinas PPKB tesebut, Wahid mengatakan, pada hari ini juga ditemukan 3 warga desa yang positif Covid-19.

“Dengan demikian, hari ini terjadi penambahan 10 terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Batubara,” tandas Wahid.

Sebelumnya pada konfernsi pers akhir tahun, Kadis Kesehatan Wahid mengatakan total terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Batubara berjumlah 269 orang.

Dengan adanya tambahan 10 terkonfirmasi positif Covid-19 di awal tahun 2021 menjadikan total terkonfirmasi positif di Kabupaten Batubara menjadi 189 orang.

Untuk diketahui, Kantor Dinas PPKB Batubara berada di seputar kawasan wisata pantai yang ramai dikunjungi wisatawan lokal pada libur Tahun Baru 2021 ini.

Meski begitu, terkait adanya dugaan konsentrasi manusia di lokasi wisata menjadi penyebab klaster baru di Kantor Dinas PPKB, Wahid langsung menepisnya. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

14 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

14 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago