Categories: Metro 24 Jam

Hari Ini Registrasi Akun LTMPT untuk SNMPTN 2021 Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Jadwal registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2021 dibuka hari ini, Senin (04/01/2021). Sebelum mendaftar itu, para calon peserta harus memenuhi beberapa persyaratan.

Berdasarkan informasi di portal LTMPT, jadwal registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2021 dibuka pada tanggal 4 Januari 2021 hingga 1 Februari 2021.

Sedangkan jadwal penetapan siswa yang layak oleh sekolah, bisa dilakukan mulai 4 Januari hingga 8 Februari 2021. Pengisian Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan 11 Januari sampai 8 Februari 2021.

Sementara itu, pendaftaran SNMPTN dilakukan 15-24 Februari 2021 dan pengumuman LTMPT hasil SNMPTN akan dilakukan pada 22 Maret 2021.

Untuk kuota SNMPTN 2021, LTPMT telah mengumumkannya sejak 28 Desember 2020 lalu. Kemudian, ada masa sanggah kuota SNMPTN 2021 hingga 15 Januari 2021 pukul 15.00 WIB.

Kemudian, pihak sekolah bisa melakukan registrasi di situs https://portal.ltmpt.ac.id/. Hal ini hanya bagi sekolah yang belum punya akun LTMPT.

Untuk siswa, registrasi akun LTMPT bisa lewat laman https://portal.ltmpt.ac.id/. Para pendaftar harus siswa yang duduk di kelas 12.

Sekolah kemudian menentukan calon peserta SNMPTN 2021 berdasarkan data LTMPT. Data ini berisi jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemendikbud dan EMIS-PENDIS Kemenag.

Selanjutnya adalah Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan basis data berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.

Setelah melewati proses tersebut, para peserta baru bisa mulai memilih PTN dan program studi yang diminati. Para pendaftar memiliki kesempatan memilih paling banyak dua PTN.

Kemudian, para peserta SNMPTN 2021 wajib mengisi portofolio bagi yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.

Ujian masuk PTN jalur SNMPTN 2021 dilakukan menurut persyaratan yang ditetapkan masing-masing universitas.

Setelah selesai mengikuti ujian, peserta bisa melihat hasil seleksi masuk PTN jalur SNMPTN 2021. Jika lulus, para peserta wajib mendaftar ulang sesuai syarat dan ketentuan tiap universitas. (*)

Recent Posts

Tak Terima Jenazah Harus Dimakamkan Secara Covid-19, Keluarga Duka di Siantar Pajang Poster Ini

Jalan Ade Irma Suryani Nasution Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Selasa (20/4/2021)…

10 jam ago

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Batubara, Diduga Keracunan Limbah

Puluhan ribu ikan ditemukan mati terkapar di Pantai Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara,…

11 jam ago

Mega Pro Kontra Vixion di Jalan Sangnaualuh, Pensiunan PNS Patah Kaki

Seorang laki-laki lanjut usia terkapar dengan darah berceceran, setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan…

14 jam ago

BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Pematang Siantar

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota…

16 jam ago

Anggota DPRD Sumut Minta Polda Selidiki Dalang Galian C Ilegal di Aek Nalas Siregar

Anggota DPRD Sumatera Utara Viktor Silaen, meminta pihak Polda Sumatera Utara agar secepatnya mengungkap dalang…

1 hari ago

Mortir Temuan Warga di Hatonduhan Diledakkan, Kapolsek: 5 Kali Lebih Dahsyat dari Sebelumnya

Tim Gegana Brimob Polda Sumatra Utara meledakan mortir temuan warga di Huta VIII Buntu Uluan…

1 hari ago