Categories: Metro 24 Jam

Sedang Diujicoba di Inggris, Obat Antibodi Untuk Sembuhkan dan Cegah Covid-19

Ilmuwan Inggris sedang melakukan pengobatan menggunakan antibodi untuk memberikan kekebalan instan kepada orang yang terpapar Covid-19, sekaligus mencegah penularan berikutnya.

Obat baru yang berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa itu disebut akan memberikan perlindungan langsung dalam jangka waktu relatif panjang kepada pasien yang tidak mungkin mendapatkan vaksininasi.

Obat tersebut dikatakan bisa diberikan dalam kondisi darurat kepada pasien rawat inap rumah di sakit, panti jompo penghuni maupun mahasiswa untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Orang yang tinggal bersama seseorang yang telah terjangkit Covid-19 bisa disuntik dengan obat tersebut agar mereka tidak terinfeksi, bahkan meski mereka belum pernah sama sekali mendapatkan vaksin corona.

Melansir DailyMail, Sabtu (26/12/2020), saat ini, ilmuwan dari University College London Hospitals (UCLH) United Kingdom National Health Service (NHS) telah menyuntikkan obat tersebut kepada sepuluh orang sebagai bagian dari ujicoba yang dinamai Storm Chaser.

Peserta ujicoba dilaporkan telah menerima 2 dosis obat tersebut secara berturut-turut. Para ilmuwan kini menargetkan untuk melakukan pengujian obat tersebut terhadap 1.125 orang di seluruh dunia.

Mereka berharap, pengobatan tersebut akan memberikan perlindungan terhadap Covid-19 antara 6 bulan hingga satu tahun.

Ilmuwan dari UCLH juga telah memulai uji klinis kedua yang dinamai Provent, untuk memeriksa penggunaan antibodi terhadap orang-orang yang belum mendapatkan vaksinasi, seperti pasien dengan gangguan imunitas tubuh, atau mereka yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19 akibat beberapa faktor seperti usia dan kondisi.

UCLH telah menyuntik sepuluh orang– termasuk staf medis dan mahasiswa –sebagai bagian dari uji coba Storm Chaser di pusat penelitian vaksin barunya, setelah penelitian tersebut memasuki uji coba fase tiga pada 2 Desember.

Kelompok utama dari ujicoba ini termasuk petugas kesehatan, siswa yang tinggal bersama di asrama dan pasien yang baru-baru ini terpapar dengan orang terinfeksi Covid-19, serta mereka yang dalam perawatan jangka panjang, staf militer maupun industri, seperti pekerja pabrik.

Dalam ujicoba pertama, antibod–yang disebut sebagai AZD7442, telah dikembangkan oleh perusahaan farmasi AstraZeneca.

Perusahaan ini jugad telah membuat vaksin bersama Universitas Oxford dan sedang menunggu persetujuan penggunaan dari Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA).

Sementara itu, para lansia yang sedang dalam perawatan jangka panjang, serta orang dengan kondisi seperti kanker dan HIV, akan direkrut dalam ujicoba Provent.

Direktur Medis NHS, Profesor Stephen Powis mengatakan, kedua uji klinis ini merupakan tambahan penting untuk menguji pendekatan terapeutik baru, karena perawatan antibodi mungkin menawarkan alternatif bagi kelompok pasien yang tidak bisa dilakukan vaksinasi, seperti pasien yang mengalami imnunitas.

Virolog UCLH, Dr Catherine Houlihan, yang memimpin uji coba Storm Chaser, mengatakan, kombinasi antibodi ini dapat menetralkan virus corona.

“Jadi, kami berharap menemukan bahwa memberikan perawatan ini melalui suntikan dapat mengarah pada perlindungan langsung terhadap perkembangan Covid- 19 pada orang yang telah terpapar — ketika sudah terlambat untuk dilakukan vaksinasi,” katanya, mengutip Guardian

Sementara itu, Konsultan Penyakit Menular UCLH, Dr Nicky Longley, yang memimpin ujicoba Provent di universitas mengatakan, pihaknya ingin meyakinkan orang-orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin akan mendapatkan alternatif yang sama protektifnya. (*)

Recent Posts

Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang: Lelang Jabatan Harus Profesional, Peringkat 1 Harus Jadi Kadis

Ketua Fraksi PAN DPRD, Bayu Sumantri Agung, mengkritik proses Lelang Jabatan Eselon II yang digelar…

3 jam ago

Gegara Dituduh Curi Beras, Ponakan Tikam Bude Pakai Gunting, Warga Jalan Ade Irma Geger!

Warga seputaran Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Siantar Utara digegerkan aksi penikaman yang dilakukan…

3 jam ago

Soal Tambang Batu di Siregar Aek Nalas, KPH Balige: Itu APL, Ketua DPRD Toba: Harus Disikapi dengan Bijak

Lokasi penambangan liar galian C batu padas di Huta Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan…

4 jam ago

Ditangkap Polisi dan Positif Narkoba, Kades Pulo Tagor Baru Hanya Direhabilitasi

Oknum Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Deliserdang, yang terjerat kasus narkoba akhirnya bisa…

4 jam ago

Duduk-duduk di Kawasan TPU, Pemuda 18 Tahun Tewas Tertimpa Tembok Rubuh

Seorang pemuda tewas lantaran tertimpa tembok rubuh di kawasan TPU, Jalan Medan, Lingkungan I, Kelurahan…

5 jam ago

Digrebek Polisi, Pengedar Sabu Kampung Banjar Tunjuk Temannya

Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali melakukan penggrebekan di Kelurahan (Kampung) Banjar, Siantar Barat,…

6 jam ago