Categories: Metro 24 Jam

Panen Perdana Ikan Mas di Desa Siguci, Imran Obos: Salut dengan Kegigihan Petani

Ketua DPD PAN Deliserdang Imran Obos SE menghadiri panen perdana ikan mas di Dusun Bandar Bayu, Desa Siguci STM Hilir, Sabtu (19/12/2020). Pada kesempatan itu, Ketua Komisi I DPRD Deliserdang tersebut menyaksikan petani memanen 1 ton ikan dari kolam yang memiliki luas sekitar 60 hektar.

Imran Obos mengaku salut dengan kegigihan para petani dalam membudidayakan ikan mas tersebut, mengingat posisi kolam berada di bawah jalan berbukit, yang jika ditempuh perjalanan dengan berjalan kaki, bisa memakan waktu sekitar satu jam.

“Salut kita melihat para petani ikan mas di desa ini. Saya memberikan apresiasi yang tinggi untuk mereka,” kata Imran Obos usai acara pemotongan pita pada panen perdana dan pengiriman ikan mas dari desa tersebut.

Ia menjelaskan, keberhasilan para petani tak lepas dari kerjasama dengan PT Leong Hip Jayaindo dengan pakannya 982 super untuk makanan ikan mas.
“Mudah-mudahan ini akan berlanjut terus dan para petani Ikan mas disini bisa sejahtera,” katanya.

Imran juga berharap, petani ikan mas bisa bersinergi dengan pemerintahan agar mendapat bantuan dari Pemkab Deliserdang, khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan.

“Mudah mudahan ke depannya, Pemkab Deliserdang memperhatikan para petani ikan mas di sini. Saya berharap para petani ikan mas ini mempertahankan kualitas ikan mas yang sangat bagus ini,” tandasnya.

Sementara itu Senior Manager Marketing Aquafeed PT Leong Hip Jayaindo, Nursani, didampingi Senior SPV Marketing, Valla Pasaribu, Formulator, Helentina Mariance Manulang, mengapresiasi para petani ikan mas yang sudah bekerjasama dalam budi daya ikan mas tersebut sehingga sukses pada panen perdana.

“Terimakasih, kerja sama ini dengan memakai pakan 982 Super. Saya berharap nantinya petani segera membentuk kelompok-kelompok tani selanjutnya lengkap kepengurusan. Karena, kelompok tani di sini nantinya bisa mengendalikan harga agar para petani tetap mendapatkan keuntungan,” kata Nursani.

Sementara itu, salah seorang petani ikan mas, H Barus mengaku puas dengan hasil panen perdana panen ikan mas tersebut.

“Sebelumnya, panen ikan mas tidak seperti ini. Kalau dibilang, kurang berhasil lah bang. Namun semenjak kerjasama dengan PT Leong Hup Jayaindo ini, kami sangat senang, ikannya bagus dan berkualitas,” sebut Barus.

Ia menjelaskan, berkat pakan Super dari perusahaan tersebut, ikan mas sudah bisa dipanen pada usia sekitar tiga bulan lebih.

“Beratnya bisa 7 ons ke. Ada satu kilo maupun lebih. Terima kasih kepada PT Leong Hup Jayaindo dan Ketua PAN Deliserdang yang selalu mendukung para petani ikan mas di sini,” tandasnya.

Senada dengan Barus, tokoh masyarakat setempat, Abadi Tarigan, juga berterima kasih kepada semua pihak, sehingga penen perdana ikan mas berjalan lancar dan sukses.

“Walaupun terkendala akses menuju kolam yang begitu terjal, namun tidak membuat patah semangat para undangan yang hadir. Terima kasih Ketua PAN Deliserdang dan PT Leong Hup Jayaindo, dan khususnya para petani ikan mas,” kata Abadi Tarigan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, penyuluh dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, Norma Tarigan serta perwakilan Diskanla Deliserdang, Bumdes E Tarigan. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago