Categories: Metro 24 Jam

Pengujian Ini Diklaim Bisa Dapatkan Hasil Swab Covid-19 Hanya Dalam 15 Menit!

Sebuah perusahaan farmasi di Inggris mengklaim telah berhasil telah mengembangkan alat test Covid-19 (swab test). Dengan alat tersebut, seseorang bisa diketahui terinfeksi virus Covid-19 atau tidak hanya dalam waktu 15 menit.

Perusahaan bernama Vatic tersebut mengatakan, bahwa alat yang disebut KnowNow itu sangat akurat dan jauh lebih nyaman bagi orang yang menjalani test.

Peralatan tersebut tetap menggunakan kapas seperti swab test yang dilakukan saat ini, tapi hanya mengambil air liur dari bagian dalam pipi, bukan dari hidung bagian atas seperti yang sering dilakukan tim medis saat ini.

Reagen yang digunakan dalam alat tersebut hanya akan mendeteksi virus, bukan sisa fragmen sel yang sudah terinfeksi Covid-19.

Kepala eksekutif perusahaan, Alex Sheppard mengatakan, alat uji akan sangat berbeda dengan yang sudah ada pada saat ini.

Satu studi pendahuluan yang dilakukan perusahaan, dari 200 hasil tes, tidak satupun yang memberikan hasil positif palsu (positive false).

Meski begitu, temuan baru ini masih membutuhkan persetujuan regulasi dan harus menjalani uji klinis pada 2021 mendatang.

“Ini adalah produk yang ditemukan, dirancang dan diproduksi di Inggris,” kata Sheppard kepada Sky News, seperti dikutip TheSun, Sabtu (19/12/2020).

“Bahan kimia untuk pengujian ini pada dasarnya adalah untuk test infeksi, karena yang kami deteksi hanyalah virus yang menular – kami tidak bisa mendeteksi virus yang tidak menular,” kata dia

Seperti diketahui, pengujian aliran lateral lainnya, yang mirip test kehamilan (rapid test), sebelumnya sudah digunakan untuk mendeteksi Covid.

Para ahli di Public Health England dan Oxford University mengatakan tes tersebut tidak seakurat uji laboratorium (swab test). (*)

Artikel ini disadur dari TheSun.co.uk

Recent Posts

Tak Terima Jenazah Harus Dimakamkan Secara Covid-19, Keluarga Duka di Siantar Pajang Poster Ini

Jalan Ade Irma Suryani Nasution Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Selasa (20/4/2021)…

9 jam ago

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Batubara, Diduga Keracunan Limbah

Puluhan ribu ikan ditemukan mati terkapar di Pantai Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara,…

9 jam ago

Mega Pro Kontra Vixion di Jalan Sangnaualuh, Pensiunan PNS Patah Kaki

Seorang laki-laki lanjut usia terkapar dengan darah berceceran, setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan…

13 jam ago

BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Pematang Siantar

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota…

14 jam ago

Anggota DPRD Sumut Minta Polda Selidiki Dalang Galian C Ilegal di Aek Nalas Siregar

Anggota DPRD Sumatera Utara Viktor Silaen, meminta pihak Polda Sumatera Utara agar secepatnya mengungkap dalang…

1 hari ago

Mortir Temuan Warga di Hatonduhan Diledakkan, Kapolsek: 5 Kali Lebih Dahsyat dari Sebelumnya

Tim Gegana Brimob Polda Sumatra Utara meledakan mortir temuan warga di Huta VIII Buntu Uluan…

1 hari ago