Categories: Metro 24 Jam

Pilkada Toba 2020 Aman, Kapolres Akala: Pendukung Pemenang Agar Tidak Euforia

Pilkada serentak Tahun 2020 telah usai. Sejak tahapan awal hingga puncaknya pada tanggal 09 Desember 2020, banyak menguras pikiran dan tenaga bagi peserta Pesta Demokrasi, baik itu KPU, PPK, PPS, KPPS termasuk aparat keamanan TNI-Polri dan Sat Pol-PP.

Jajaran Polres Toba didukung personel BKO Polda Sumatera Utara, disebut telah sukses melaksanakan pengamanan Pilkada 2020 yang berlangsung pada 9 Desember 2020 lalu.

Meski begitu, tugas belum usai. Personel Polres Toba saat ini masih harus melakukan pengawalan untuk pengiriman hasil perhitungan surat suara dari tiap kecamatan ke KPU Kabupaten Toba.

Hal itu disampaikan Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya SIK MH dalam konferensi pers di Mapolres Toba, Rabu (16/12/2020) pagi.

“Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan operasi, yakni pengawalan kotak suara dan surat suara dari KPU ke PPK se-Kabupaten Toba serta ke 477 TPS dari 16 Kecamatan di Kabupaten Toba,” katanya.

Dalam pengamanan pengiriman surat suara, jelas Kapolres Akala, dilaksanakan dari 477 TPS, Polres Toba mengerahkan 265 personel, terdiri dari 156 personel PAM TPS,16 Perwira Pengendali (Padal), Penangungjawab Wilayah sebanyak 6 personil, PAM di Kantor KPU dan Bawaslu masing-masing 16 dan 11 personel.

Sedangkan untuk BKO dari Polda Sumut dan Polres Taput, masing-masing sebanyak 30 personel.

“Saat ini seluruh hasil rekapitulasi di 16 PPK masih berada di KPU. Kami dari Polres Toba melakukan pengamanan secara bergantian sambil menunggu Pleno Rekapitulasi serta penetapan pemenang dari KPUD Kabupaten Toba,” ucap Akala.

Aspek yang mempengaruhi pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba agar masyarakat dapat melakukan hak pilihnya dengan mengikuti Protokol Kesehatan dan menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan pilkada ini sehingga dapat berjalan dengan baik,aman dan lancar.

“Kami juga melakukan persiapan dari segi aspek perencanaan,pengorganisasian pelaksanaan sampai pada berakhirnya pemilihan di tiap TPS berjalan dengan baik dan lancar,” urainya.

Kapolres Akala berharap, agar masyarakat Toba tetap konsisten dalam menjaga kondusifitas dan Kamtibmas.

“Kepada para pendukung paslon yang menang di Pilkada 2020 ini agar tidak terlalu eforia. Jangan sampai memunculkan cluster baru Covid-19. Situasi kondusif menandakan bahwa demokrasi khususnya di Kabupaten Toba sudah dewasa,” pungkasnya. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

15 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

15 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago