Categories: Metro 24 Jam

Terjadi di Samosir, Istri Sebut Suaminya Tewas Minum Racun, Keluarga Korban Lapor Polisi

Lamhot Simarmata (31) warga Janji Matogu, Desa Huta Gurgur, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir ditemukan meninggal dunia, Senin (14/12/2020) pagi.

Berdasarkan pengakuan sang istri Riana boru Sagala, suaminya itu meninggal dunia karena bunuh diri dengan cara meminum racun.

Namun, pihak keluarga Lamhot tidak terima dan merasa curiga, karena mengaku melihat ada lebam dan luka di tubuhnya. Pihak keluarga Lamhot kemudian membuat pengaduan ke Polres Samosir, Senin (14/12/2020) sekira pukul 14.00 Wib.

Saat ini kasus tersebut ditangani Satuan Reserse Kriminal Polres Samosir. Jenazah Lamhot pun dikirim ke RS Bhayangkara Polda Sumut di Jalan KH Wahid Hasyim Medan untuk dilakukan otopsi.

Kapolres Samosir, AKBP Mohamad Saleh, saat dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Suhartono SH, Rabu (16/12/2020) sekira pukul 14.20 Wib, membenarkan pihaknya telah menerima pengaduan keluarga Lamhot Simarmata.

Ia menjelaskan, bahwa istri Lamhot Simarmata, Riana boru Sagala sudah menjelaskan kepada pihak keluarga, bahwa suaminya itu meninggal dunia karena minum racun.

“Walau Riana boru Sagala telah memberikan alasan, keluarga tidak serta merta percaya,” kata Suhartono.

Ia menjelaskan, sesuai pengaduan yang diterima Polres Samosir, James Simarmata selaku orangtua Lamhot, mengaku mendapat kabar bahwa putranya meninggal dunia karena minum racun dari Sangap Simanjorang.

“Kalau ceritanya, istri korban membawa jenazah suaminya itu ke rumah orangtuanya untuk dikebumikan. Menurut istrinya, korban meninggal akibat minum racun. Jadi ditengok keluarganya, kok ada lebam atau bekas luka yang mencurigakan. Ada luka-luka sikit lah, tapi bukan luka tusukan atau gimana,” kata Suhartono.

Pihak keluarga Lamhot kemudian menaruh curiga dan segera membuat pengaduan ke Polsek Harian Boho yang kemudian berkoordinasi dengan Polres Samosir.

Petugas saat melakukan penyelidikan ke lokasi Lamhot Simarmata ditemukan tewas. (ist/metro24jam.com)

Menindaklanjuti pengaduan tersebut, Sat Reskrim Polres Samosir langsung bergerak dan membawa jenazah Lamhot ke RS Hadrianus, Pangururan, sebelum dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumut.

“Kita langsung bergerak dan sampaikan bahwa kalau memang curiga, kita Otopsi ajalah,kita bawa dulu ke Rumah Sakit Hadrianus Pangururan supaya kita melengkapi administrasi untuk diotopsi ke Bhayangkara Tingkat II Medan,” lanjutnya.

Suhartono menjelaskan, pihaknya tetap berhati-hati dalam penangangan kasus ini, sehingga belum bisa memberikan keterangan lebih jauh sebelum menerima hasil otopsi.

“Jadi kalau memang hasil otopsi ini memang minum racun, ya jelas dan kita enggak menduga-duga lagi, ya kan? Ini kan kita masih menduga-duga, apakah ini pembunuhan, atau apa,” sambungnya.

Sat Reskrim Polres Samosir juga berencana memastikan penyebab kematian Lamhot melalui Laboratorium Kriminal (Labkrim) Polda Sumut.

“Setelah kita nanti peroleh hasil bahwa lambungnya mengandung racun, kita juga masih membawanya ke Labkrim Polda Sumut untuk memastikan. Dan kalau diotopsi, apakah memang ada kekerasan dengan benda tumpul atau apa gitu,” ujarnya.

Hasil otopsi diperkirakan satu minggu mendatang. “Maka sampai sekarang, kita masih menunggu. Katanya, siang ini akan diotopsi. Kalau hasilnya lebih kurang keluar satu minggu,” ungkapnya.

Menunggu hasil otopsi, AKP Suhartono mengaku bahwa pihaknya akan tetap melakukan penyelidikan.

“Apakah korban meninggal karena adanya penganiayaan atau minum racun, dua-duanya tetap berjalan,” pungkasnya. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

15 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

15 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago