Categories: Metro 24 Jam

Penyuluh KB Aceh Utara Diminta Serius Tangani Prevalensi Kasus Stunting

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, meminta para petugas penyuluh KB agar serius dalam menangani prevalensi kasus stunting di Bumi Pase. Aceh Utara, menurut Muhammad Thaib, merupakan salah satu daerah dengan jumlah kasus stunting (pertumbuhan kerdil) yang cukup tinggi.

Hal itu disampaikan Bupati Muhammad Thaib dalam sambutan pada Pengurus DPC Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kabupaten Aceh Utara masa bakti tahun 2020 – 2024 di aula Kantor Bupati di Jalan T Hamzah Bendahara, Lhokseumawe, Selasa (15/12/2020).

“Hal ini memang butuh kerjasama semua pihak, tapi bagi penyuluh KB agar dijadikan prioritas dalam setiap program kerja dan kegiatan. Dengan telah terbentuknya organisasi IPeKB, maka program kerja dan kegiatan penyuluh KB dapat lebih terarah dan terorganisir,” ujar Bupati yang akrab disapa Cek Mad.

Melalui pengukuhan itu, diharapkan program kerja penyuluh KB di Aceh Utara sesuai dan sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah sehingga pembangunan keluarga dan kependudukan terintegrasi dalam pembangunan daerah.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs Shaidal Kastri MPd turut menyerahkan Piagam Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Pusat kepada Bupati H Muhammad Thaib.

Penghargaan diberikan atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan KB untuk terwujudnya keluarga berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang di daerah ini.

“Saya lihat perhatian Pemkab Aceh Utara untuk program dan kegiatan Keluarga Berancana sudah luar biasa, untuk itu saya minta para penyuluh dan pengurus IPeKB untuk tingkatkan kinerja masing-masing di lapangan,” kata Sahidal Kastri.

Menurutnya, terdapat banyak perbedaan dan pola kerja penyuluh KB saat ini dengan yang dulu. Dulu ada jargon ‘dua anak cukup’, tapi sekarang jargonnya ‘dua anak itu keren’.

Oleh sebab itu, para penyuluh KB hendaknya terus mengasah diri agar mampu mengikuti kondisi kekinian dalam menghadapi situasi-situasi di lapangan, di tengah-tengah masyarakat.

Selain prosesi pelantikan dan pengukuhan DPC IPeKB Aceh Utara, di tempat yang sama juga dilakukan pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC IPeKB Kota Lhokseumawe oleh Ketua DPD IPeKB Aceh Jenat Thaib.

Seusai prosesi pelantikan, Bupati Muhammad Thaib menyerahkan sepedamotor operasional untuk penyuluh KB Aceh Utara.

Penyerahan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati dan disaksikan Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Shaidal Kastri; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan KB Aceh Utara, Fakhruradhi SH MH serta sejumlah pejabat terkait.

“Sebanyak 42 unit, pengadaan melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan adanya bantuan sepeda motor, kita harapkan kinerja penyuluh KB di lapangan semakin meningkat,” kata Fakhruradhi. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

14 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

14 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago