Categories: Metro 24 Jam

Ratusan Tgk Imum dan Camat di Aceh Utara Ikuti Pelatihan Baitul Mal

Ratusan Teungku Imum dari 852 desa dan camat dari 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Utara mengikuti pelatihan dari Baitul Mal. Pelatihan dengan tema ‘Zakat Memberdayakan Ummat’ yang akan berlangsung hingga Kamis (17/12/2200tersebut dibuka Bupati H Muhammad Thaib di Aula Kantor Bupati Aceh Utara, Senin (14/12/2020).

Pelatihan bertujuan meningkatkan pemahaman tentang peran dan fungsi Baitul Mal di tingkat desa. Selain itu, juga dimaksudkan membangun sinergitas terhadap program dan kegiatan Baitul Mal tingkat kabupaten dengan desa, dalam menanggulangi kemiskinan, khususnya di Aceh Utara.

Bupati H Muhammad Thaib dalam sambutannya berharap agar setiap desa di Aceh Utara memiliki dayah pengajian, sehingga dapat menjadi prasarana pendidikan kader-kader ulama ke depan.

Peningkatan SDM bidang keagamaan, kata Bupati Muhammad Thaib, sangatlah penting dan strategis dalam pembinaan keumatan di Aceh Utara, termasuk dalam pengelolaan Baitul Mal.

Tak hanya itu, ia juga mengharapkan agar zakat, infaq dan sedekah atau ZIS yang telah terkumpul di Baitul Mal hendaknya dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran.

Selain membangun rumah-rumah dhuafa, sasaran strategis penyaluran ZIS adalah untuk membantu bidang pendidikan dayah.

“Agar nantinya anak-anak dayah dapat diberdayakan untuk kemaslahatan pendidikan mereka,” kata orang nomor satu di Aceh Utara yang akrab disapa Cek Mad tersebut.

Sementara itu Ketua Panitia Pelatihan Zulfikar Z SPd MT, dalam laporannya mengatakan, para peserta kegiatan adalah seluruh Teungku Imum Gampong dan camat di Kabupaten Aceh Utara, dengan jumlah total 879 orang.

Pelatihan dibagi dalam empat sesi, masing-masing pada 14 Desember 2020 berlangsung di aula Kantor Bupati diikuti 235 orang. Selanjutnya, pada 15 Desember 2020 berlangsung di aula Hotel Lido Graha diikuti 207 orang,

Pada 16 Desember 2020 di Balai Desa Kecamatan Samudera diikuti 213 orang, dan terakhir berlangsung di Balai Desa Kecamatan Dewantara pada 17 Desember 2020 diikuti oleh 224 orang.

“Kita menghadirkan narasumber dari unsur akademisi, dewan pengawas Baitul Mal, dan dari Pengurus Baitul Mal,” jelas Zulfikar, yang juga Sekretaris Baitul Mal Aceh Utara.

Sementara itu Kepala Baitul Mal Aceh Utara, Tgk Yusradi Ismail SE, mengatakan, pelatihan serupa sudah pernah dilaksanakan pada 2016 lalu. Akan tetapi karena terbatasnya anggaran saat itu, sehingga hanya 60 gampong yang bisa mengikutinya.

“Permasalahannya hingga saat ini belum terbentuk Baitul Mal Desa di seluruh wilayah Aceh Utara,” ujar Tgk Yusradi Ismail.

Akibatnya, sambung dia, pengelolaan harta ZIS dan harta wakaf masih bersifat pasif serta tidak maksimalnya pemungutan dan penyaluran ZIS di tingkat desa dan kecamatan.

Ia menyebut, penyebabnya antara lain adalah karena belum adanya manajemen pengelolaan Baitul Mal yang profesional.

Oleh karena itu, lanjut Yusradi, melalui pelatihan tersebut nantinya dapat terbentuk Baitul Mal Desa di seluruh wilayah Aceh Utara.

Selain itu, juga dapat terbangun basis data mustahiq secara terpadu, terbangunnya koordinasi yang kuat dalam program dan kegiatan serta penyaluran ZIS yang tepat sasaran. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

20 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago