Categories: Metro 24 Jam

Prajurit Den Arhanud-001/CSBY Uji Kemampuan Gunakan Senjata Berat di Aceh Utara

Ratusan prajurit TNI dari Den Arhanud-001/CSBY melakukan latihan menembak senjata berat atau Latbakjatrat tahun anggaran 2020 di pesisir Pantai Desa Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Aceh Utara, Kamis (10/12/2020).

Latihan yang berlangsung hingga Jum’at (11/12/2020) diikuti 122 prajurit TNI AD dan dipimpin Komandan Denarhanud-001/CSBY, Mayor (Arh) Alse Arianto dan Dinas Kelaikan Angkatan Darat (Dislaikad) Kolonel (Arh) Hermansyah, perwakilan Kodam IM Kolonel Arh Dodo Masdori, perwakilan Pussenarhanud oleh Kapten Arh Doni dan PT Line Industri Akbar.

Mayor Alse Arianto mengatakan, latihan tersebut merupakan program standarisasi menembak senjata berat dengan menggunakan alutsista TD-2000 B terdiri dari dua unit FCV-1 dilengkapi rudal QW-3, tiga meriam 57mm/AA jarak tembak efektif 6 km, satu FCDV-1 atau alat kendali tembak dan satu radar SR-74.

“Sebenarnya ini latihan puncak dari prajurit untuk mengukur profesionalismenya mengenai alutsista tersebut. Apakah dia (prajurit) menjadi komandan meriam dan menjadi pengisi sampai dengan penembak. Diharapkan nantinya pada saat operasi tempur mereka sudah terbiasa dengan situasi pertempuran menghadapi bahaya udara,” ujar Alse.

Menurutnya, latihan tersebut juga merupakan ajang pembuktian sejauh mana tingkat kemampuan dan kesiapan prajurit. Karena sebagaimana diketahui bahwa sekarang ancaman terbesar dari negara lain adanya pesawat udara atau drone.

“Tentunya kita tidak boleh berpuas diri, karena perkembangan teknologi ke depan semakin canggih dan kita pun harus meningkatkan kemampuan dan mengoperasionalkan alutsista tersebut,” ujarnya. (*)

Recent Posts

Tak Terima Jenazah Harus Dimakamkan Secara Covid-19, Keluarga Duka di Siantar Pajang Poster Ini

Jalan Ade Irma Suryani Nasution Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Selasa (20/4/2021)…

9 jam ago

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Batubara, Diduga Keracunan Limbah

Puluhan ribu ikan ditemukan mati terkapar di Pantai Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara,…

10 jam ago

Mega Pro Kontra Vixion di Jalan Sangnaualuh, Pensiunan PNS Patah Kaki

Seorang laki-laki lanjut usia terkapar dengan darah berceceran, setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan…

13 jam ago

BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Pematang Siantar

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota…

15 jam ago

Anggota DPRD Sumut Minta Polda Selidiki Dalang Galian C Ilegal di Aek Nalas Siregar

Anggota DPRD Sumatera Utara Viktor Silaen, meminta pihak Polda Sumatera Utara agar secepatnya mengungkap dalang…

1 hari ago

Mortir Temuan Warga di Hatonduhan Diledakkan, Kapolsek: 5 Kali Lebih Dahsyat dari Sebelumnya

Tim Gegana Brimob Polda Sumatra Utara meledakan mortir temuan warga di Huta VIII Buntu Uluan…

1 hari ago