Categories: Metro 24 Jam

Diringkus Polisi! 3 Pria Ini Curi Sarang Walet di Galang, 3 Lagi Temannya Buron

Personel Satuan Reserse Kriminal Polresta Deliserdang berhasil meringkus 3 pelaku pencurian sarang burung walet, Kamis (10/12/2020) sekira pukul 00.30 Wib.

Ketiganya, bersama 3 teman mereka lainnya diduga telah mencuri sarang burung walet milik Rudy (61), di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Galang Kota, Kecamatan Galang, Deliserdang,

Para tersang yang diamankan adalah Jimmy (33), Hendri alias Ayung (40) dan Angga Wijaya alias Asen (36)–masing-masing warga Jalan Perbatasan, Desa Bakaran Batu, Jalan KH Ahmad Dahlan dan Jalan Bakaran Batu, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang.

Saat ini, polisi masih memburu tiga teman mereka, masing-masing berinisial P, U dan PB.

Pencurian itu diketahui pada Jum’at (27/11/2020) sekira pkl.08.30 Wib. Saat itu Rudy mendapat kabar dari tetangganya bernama Aki, bahwa sarang burung walet dari penangkaran tersebut sudah dicuri orang.

Setelah diperiksa, Rudy mengaku kehilangan sebanyak 1,5 kg sarang burung dan mengalami kerugian Rp15.000.000, Ia kemudian membuat pengaduan ke ke Polsek Galang sesuai Laporan Polisi nomor: LP/127/XII/2020/SU/RESTA DS/ Sek Galang, tanggal 1 Desember 2020.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan hingga berhasil mengidentifikasi para pelaku. Rabu (9/12/202), sekira pukul 22.00 Wib, personel Sat Reskrim Polresta Deliserdang mendapat informasi para terduga pelaku berada di Jalan Sutomo, Kecamatan Lubukpakam.

Petugas langsung menuju lokasi dan berhasil mengamankan pelaku, berikut barang bukti satu unit sepedamotor Honda GTR 150 warna hitam BM 4276 DAC kendaran yang digunakan pelaku saat hendak melakukan pencurian.

“Jimmy mengaku mendapat telpon dari PB di Galang yang mengajaknya melakukan pencurian sarang burung walet dan mencari pemain yang bisa membobol tembok gedung penangkaran. Kemudian Jimmy menemui P dan mengajaknya melakukan pencurian sarang burung walet,” kata Kasat Reskrim Polresta Deliserdang Kompol Muhammad Firdaus.

Lalu Jimmy mengajak Hendri alias Ayung untuk ikut ke Galang untuk melakukan pencurian tersebut. Jimmy juga mengajak Angga Wijaya alias Asen untuk mengantar P ke Galang menggunakan sepedamotornya.

Sarang burung walet hasil pencurian kemudian diserahkan kepada PB untuk dijual.

Berdasarkan pengakuan tersangka Jimny, yang membobol gedung sarang burung walet adalah P yang kemudian masuk bersama U untuk mengambil sarang burung walet.

Dari hasil penjulan sarang burung walet tersebut, Ayung mendapat bagian Rp1.150.000, Jimmy dapat Rp.1.150.000, sedangkan Asen mendapat Rp200.000. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago