Categories: Metro 24 Jam

Beraksi di Siantar, 4 Perampok Antar Provinsi Rampas Uang Rp65 Juta, 2 ‘Dipermak’ Massa

Dua pria yang coba merampok persis di depan Kantor Dinas Catatan Sipil Pematang Siantar, Jalan Melanthon Siregar, Siantar Marihat, berhasil ditangkap warga, Senin (7/12/2020) sekira pukul 10.30 Wib.

Keduanya diketahui bernama Edi (35), warga Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan dan Hasyim (33) warga Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

Saat itu, kedua pria tersebut bersama 2 temannya coba merampok uang sebanyak Rp65 juta milik Umum Tarigan (56)–warga Jalan Jambu, Kelurahan Pardamean, Kecamatan Siantar Marihat, yang disimpan di dalam jok sepedamotor Honda Supra, BK 2963 WAK.

Umum Tarigan ketika diwawancarai di lokasi mengatakan, saat itu baru saja mencairkan uang senilai Rp65 juta dari Bank Sumut di Jalan Merdeka, Kelurahan Proklamasi, Siantar Barat.

Keluar dari Bank Sumut, mantan Bendahara Dinas Catatan Sipil Pematang Siantar itu langsung memasukkan uang tersebut ke dalam jok sepedamotor lalu beranjak pergi.

“Saya langsung pergi ke Kantor Dinas Catatan Sipil,” kata Tarigan.

Tiba di Kantor Dinas Catatan Sipil Pematang Siantar, Umum Tarigan kemjudian memarkirkan sepedamotor, namun meninggalkan uang tersebut di dalam jok motor.

Saat ia melangkah masuk, ke Kantor Dinas Catatan Sipil, tiba-tiba saja Edi dan Hasyim langsung membongkar paksa jok sepedamotor tersebut lalu mengambil uang Rp65 juta yang dibungkus kertas yang tersimpan di dalamnya.

Beruntung, aksi keduanya terlihat oleh Umum Tarigan. Ia langsung mengejar kedua pria tersebut sembari berteriak meminta tolong kepada warga.

Kedua pelaku sempat kabur keluar dari areal Kantor Dinas Catatan Sipil, namun akhirnya berhasil ditangkap warga. Seketika itu juga, massa yang marah langsung menghakimi keduanya.

Aksi massa akhirnya dihentikan personel Denpom 1/I Pematang Siantar yang kebetulan melintas di lokasi. Selanjutnya kedua pelaku diboyong ke Polres Pematang Siantar.

“Berserakan semua uang tadi di jalan. Ada tadi warga sekitar yang mengambil uang itu. Nggak tahu di mana sekarang. Kata warga, sudah diserahkan sama 4 orang tak dikenal,” jelas Tarigan.

Sementara itu, Hasyim dan Edi ketika ditanyai mengatakan, mereka datang berempat mengendarai 2 sepedamotor. Namun, kedua teman mereka yang menunggu di luar pagar Kantor Dinas Catatan Sipil, berhasil melarikan diri.

Menurut Hasyim dan Edi, mereka memang sudah merencanakan untuk merampok pada hari itu dengan mengincar nasabah Bank Sumut.

Begitu Umum Tarigan, keluar dari Bank Sumut, mereka langsung membuntutinya.

“Sudah dibuntuti 2 teman kami mulai dari Bank Sumut pak,” aku Hasyim.

Menurut Hasyim, mereka berempat berangkat dari Kota Sibolga mengendarai sepedamotor.

“Kami nggak ada menginap, dan dari Kota Sibolga langsung berangkat tujuan Kota Siantar untuk melancarkan aksi perampokan. Kami juga nggak ada merampok waktu di Sibolga,” katanya.

Saat ini, polisi masih memburu kedua teman Edi dan Hasyim, yang disebut bernama Uluk (35) dan Andi (30) — masing-masing warga Palembang dan Depok.

Dari tangan Edi dan Hasyim, polisi mengamankan sepedamotor Honda CBR, dengan nomor plat, B 4347 TRS, yang dikendarai keduanya. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago