Categories: Metro 24 Jam

Pengamanan Pilkada 2020, Kapolres Toba: Konsentrasi Hadapi Kemungkinan Terburuk

Polres Toba melaksanakan apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada 2020, Senin (07/12/2020) sekira pukul 08.00 Wib.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya SIK MH, mengatakan, apel persiapan pergeseran pasukan Operasi Mantap Praja tahun 2020, ada 256 personel telah dibagi dan siap untuk berangkat ke Polsek jajaran masing-masing.

“Selain dibagi ke kecamatan, ada juga personel yang ditugaskan untuk keamanan Mako, patroli dan lainnya,” sebut Akala seperti disampaikan Kasubbag Humas Aiptu Khairudin Sukri Yanto.

Dalam pengamanan, personel Polres Toba juga akan dibantu BKO (Bawah Kendali Operasi) Brimob Polda Sumut sebanyak 30 personel, BKO Polres Taput 30 orang serta TNI.

“Jadi kita siapkan pengamanan di segala lini yang menyangkut Pilkada, yang juga dibantu oleh BKO Brimob Poldasu, Polres Taput dan TNI,” bebernya

Kapolres menekankan, tugas Polri dalam Pilkada adalah murni pengamanan. Polri tidak ikut campur dalam urusan apapun di Pilkada dan harus tetap netral.

“Saat pemilihan nanti, kemungkinan terjadi peningkatan intensitas politik yang bisa menimbulkan potensi kerawanan,” katanya.

Dalam hal ini, Polri khususnya Polres Toba, fokus kepada pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah bangsa, serta penyebaran berita hoax dan hate speech berpotensi menyulut konflik social.

“Oleh karena itu kita dibantu TNI melaksanakan kegiatan pengamanan TPS saat pemungutan suara Pilbup Kabupaten Toba,” katanya.

Menurutnya pada Pilkada kali ini memerlukan konsentrasi serta kesiapan yang matang menghadapi segala kemungkinan terburuk di tengah pandemi Covid-19 yang jumlah kasusnya masih terus bertambah.

“Kita memelukan kosentrasi penuh serta kesiapan matang untk mengantisipasi kemungkinan terburuk, baik itu cluster baru Covid-19, banjir dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Wakapolres Kompol Janner Panjaitan SH MH, para Kabag, Kasat, Kapolsek, serta masing-masing 1 pleton BKO Polres Taput dan Brimob Polda Sumut. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

15 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

15 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago