Categories: Metro 24 Jam

Pembekalan Saksi Salah Satu Paslon Bupati Simalungun Dituding Langgar Prokes, Begini Kata Kapolres Agus Waluyo

Polres Simalungun berkoordinasi dengan Panwascam dan Bawaslu terkait beredarnya video amatir pada kegiatan pembekalan saksi dari salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Tahun 2020 yang diduga telah melanggar aturan Protokol Kesehatan Covid-19.

Dalam keterangan pers yang diperoleh Metro24jam.com, Minggu (06/12/2020)
Kapolres AKBP Agus Waluyo SIK, menjelaskan, bahwa sampai saat ini Polres Simalungun belum menerima rekomendasi atau kajian hasil laporan berupa temuan dari Panwascam/Bawaslu terkait hal tersebut.

Sesuai PKPU No 13 Tahun 2020, bahwa dalam Hal Terdapat Pihak yang melanggar kewajiban Protokol Kesehatan berkaitan dengan kegiatan Penyelenggaraan Pilkada tahun 2020, harus berdasarkan laporan atau temuan dari pihak Panwascam/Bawaslu.

Karena itu, jelas Kapolres Agus Waluyo, pihaknya saat ini masih menunggu dari kajian dari Panwascam ataupun Bawaslu terkait ada tidaknya dugaan pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 pada kegiatan tersebut.

“Kami pihak kepolisian sifatnya menerima rekomendasi atau kajian dari Panwascam/Bawaslu terkait laporan atau temuan tersebut dan tidak bisa melakukan tindakan tanpa adanya permintaan bantuan, rekomendasi atau kajian dari pihak Panwascam/Bawaslu,” jelas Agus Waluyo dalam keterangannya melalui Humas Polres Simalungun.

“Dalam kegiatan yang sifatnya adalah internal partai apapun, polisi sifatnya hanya membantu pengamanan kegiatan dan tidak boleh masuk dalam ruangan kegiatan internal partai atau Paslon, apalagi membubarkan peserta kegiatan tanpa dasar aturan yang kuat. Sementara, tugas dan tanggungjawab wewenang dari petugas Polri dan Bawaslu sudah ada masing-masing,” tandasnya.

Kapolres Agus Waluyo menjelaskan, bahwa Maklumat Kapolri tidak bisa serta- merta digunakan dalam kegiatan Pilkada.

“Karena berkaitan dengan kegiatan Pilkada, sudah ada aturan tersendiri dan sudah ada pihak lain (KPU dan Bawaslu). KPU telah memiliki peraturan khusus prokes bagi penyelenggara Pemilu, dan peraturan itulah yang harus diawasi oleh Bawaslu sesuai pasal di PKPU dan undang undang Bawaslu,” pungkas mantan Kapolres Toba Samosir tersebut.

Penelusuran Metro24jam.com, video kegiatan yang diduga telah melanggar Protokol Kesehatan Covid-19 tersebut diunggah oleh akun Facebook Jay Aganis, Minggu (6/12/2020) pukul 07.33 Wib.

“Mensos RI, J Batubara ditetapkan tersangka oleh KPK. Polres Simalungun belum terdengar ada menetapkan tersangka atas dugaan pelanggaran Prokes di Griya Simancit milik Bupati Simalungun, JR Saragih ini?&?” Tulisnya Sebagai caption video.

Postingan di akun Facebook Jay Aganis. (Facebook/Jay Aganis).

Berikut ini tautan video yang diunggah akun Facebook, Jay Aganis:

(*)

Recent Posts

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

18 menit ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

5 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

5 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

5 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

22 jam ago