Sabtu, 16 Januari 2021 | 07.10 WIB
MGID BANNER
Metro24Jam>News>Banjir di Aceh Utara Meluas ke Sejumlah Kecamatan, Begini Kondisi Teranyar

Banjir di Aceh Utara Meluas ke Sejumlah Kecamatan, Begini Kondisi Teranyar

Reporter : Chairul Sya'ban | Sabtu, 5 Desember 2020 - 16:23 WIB

IMG-102542

Salah satu kawasan pemukiman warga yang terendam banjir. (Chairul/metro24jam.com)

Reklam Flip
Loading...

ACEH UTARA, metro24jam.com – Banjir yang melanda sejumlah desa di Kemukiman Lhoksukon Teungoh Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara terus meluas hingga Sabtu (05/12/2020) sore.

Informasi terakhir yang diperoleh Metro24jam.com, air juga telah merendam Kecamatan Cot Girek, Lhoksukon, Pirak Timu, Matangkuli dan Langkahan. Debit air dikhawatirkan bakal meningkat, mengingat curah hujan masih tinggi.

Ketua DPK KNPI Lhoksukon, Mukhtar, mengatakan, debit banjir di Kemukiman Lhoksukon Teungoh terus bertambah dan meluas. Curah hujan yang tinggi menyebabkan debit air sungai Krueng Peutoe meluap merendam perumahan warga serta beberapa ruas jalan.

“Hingga Sabtu sore terpantau banjirnya meningkat, karena curah hujan pun masih tinggi. Banjir ini akibat luapan dari Krueng Peutoe, sementara belum ada tanggul sungai jebol namun dikhawatirkan tanggul akan jebol mengingat debit air masih meningkat,” kata Mukhtar.

Tokoh masyarakat Lhoksukon, Ibnu Sabil, menjelaskan, untuk Kemukiman Lhoksukon Teungoh, setidaknya ada 10 desa yang sudah terendam banjir saat ini, yaitu Desa Geulumpang, Teungoh, Kumbang, Meuria, Dayah, Krueng, Rawa, Nga, Jok dan Desa Manyang.

“Desa lainnya yaitu Alue Eumpok, Alue Itam Baroh, Meureubo, Babah Geudubang, Meunasah Tuha, Ulee Tanoh, Meucat, Rayeuk, Cot U Sibak, Cot Ara, Asan, Nga, Beuringin, Dayah, Geumata, Tutong dan Alue Drien,” kata Ibnu Sabil.

Banjir merendam salah satu sekolah di Kecamatan Lhoksukon. (Chairul/metro24jam.com)

Sedangkan kondisi terparah saat ini dialami warga di Desa Dayah LT, Krueng LT, Babah Geudubang, Merboe, Meuria, Nga LT, Jok LT, Meunasah Tuha, Meucat, dan Desa Rayeuk LB. “Warga juga mendirikan dapur umum di Desa Meureubo, Babah Gedubang, dan Nga LT,” tukas Sabil.

Banjir serupa juga merendam sejumlah rumah di Desa Alue Drien Kecamatan Cot Girek dan Desa U Baro. Bahkan, komplek Panti Asuhan Yayasan As Shalamah Desa Alue Drien juga digenangi banjir dengan ketinggian air 35 Cm. Terlihat pula areal persawahan di dua desa itu direndam banjir.

Jamaluddin Geuchik Desa U Baro, mengatakan sejak Jum’at (04/12/2020) puluhan rumah warga di desa itu digenangi banjir. Debit air terus meningkat hingga Sabtu siang akibat hujan yang tak kunjung reda. “Ada puluhan rumah yang terendam, tetap kami pantau kondisi dan perkembangannya,” jelas Jamaluddin. (*)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Polres Lhokseumawe Paparkan Pengungkapan Kasus Curat, Cabul dan Narkoba

Polres Lhokseumawe Paparkan Pengungkapan Kasus Curat, Cabul dan Narkoba

Kepolisian Resort (Polres) Kota Lhokseumawe, menggelar Konferensi Pers pengungkapan sejumlah kasus yang terjadi di wilayah hukumnya, Jum'at (15/1/2021). Kapolres AKBP ...
Bupati Batubara Bantu Warga Terdampak Banjir di 3 Kecamatan

Bupati Batubara Bantu Warga Terdampak Banjir di 3 Kecamatan

Bupati Ir Zahir MAP memberikan bantuan kepada warga di 3 kecamatan di Kabupaten Batubara yang terdampak banjir, Jum'at (15/1/2021). Banjir ...
Pulang Beli Sabu, Remaja 17 Tahun Ini Diciduk Polisi, BB Disimpan Dalam Kotak Rokok

Pulang Beli Sabu, Remaja 17 Tahun Ini Diciduk Polisi, BB Disimpan Dalam Kotak Rokok

Seorang remaja berusia 17 tahun ditangkap Satuan Narkoba Polres Siantar karena membawa narkoba jenis sabu, Kamis (14/1/2020) sekira jam 23.50 ...
Pria Tewas di Depan Mapolda Sumut, Kabid Humas: Korban Sakit Paru-paru

Pria Tewas di Depan Mapolda Sumut, Kabid Humas: Korban Sakit Paru-paru

Sesosok pria mendadak tergeletak persis di depan Mapolda Sumatera Utara, Jum'at (15/1/2021). Dari mulutnya keluar darah segar. Petugas piket di ...
Harimau Sumatera Berkeliaran di Desa Meranti Timur, Seekor Kambing Jadi Mangsa

Harimau Sumatera Berkeliaran di Desa Meranti Timur, Seekor Kambing Jadi Mangsa

Penampakan seekor harimau Sumatera, Rabu (13/1/2021) membuat heboh warga di Dusun VI Sigalapang, Desa Meranti Timur, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, ...
Deliserdang Gelar Vaksinasi, Kadiskes: Wajib Dua Kali

Deliserdang Gelar Vaksinasi, Kadiskes: Wajib Dua Kali

Dinas Kesehatan Deliserdang menggelar vaksinasi Covid-19 di RSUD Deliserdang Jumat (15/1/2021). Kegiatan vaksinasi diawali dengan menyuntikkan vaksi kepada 10 tokoh ...
Reklam Sticky Ads
Reklam Inread
Triv
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
ReklamStore Scroll