Sabtu, 16 Januari 2021 | 06.37 WIB
MGID BANNER
Metro24Jam>News>Disparbud Simalungun Gelar Workshop Bagi Manajer, Pengusaha Hotel dan Restoran

Disparbud Simalungun Gelar Workshop Bagi Manajer, Pengusaha Hotel dan Restoran

Reporter : Heryanto Silalahi | Kamis, 3 Desember 2020 - 19:09 WIB

IMG-102474

Para peserta saat mengikuti workshop di Atsari Hotel, Tigaraja, Girsang Sipangan Bolon. (Heryanto S/metro24jam.com)

Reklam Flip
Loading...

PARAPAT, metro24jam.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun menggelar worskshop bagi pengusaha dan manajer hotel maupun pemilik restoran, bertempat di Atsari Hotel, Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kamis (3/12/2020).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simalungun, Resman H Saragih SSos, mengatakan, kegiatan workshop tersebut bertujuan memulihkan ekonomi sektor pariwisata dengan mengangkat kembali marwah Danau Toba menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan super prioritas (UNESCO).

“Pemerintah pusat telah mengakui Danau Toba sebagai Global Geopark Network (GGN) sehingga menggelar workshop untuk memulihkan ekonomi sektor pariwisata bagi pengusaha hotel mau pun restaurant,” sebut Resman dalam sambutannya pada pembukaan worskshop.

Dengan adanya pengakuan dan perhatian dunia terhadap Kaldera Toba, lanjut Resman, maka pemerintah bersama masyarakat berkewajiban meningkatkan, serta menjaga kelestarian lingkungan mau pun keutuhan kawasan Kaldera Toba.

“Melalui Kementerian Pariwisata dan Kementerian Bappeda, pemerintah berupaya memulihkan situasi sektor kawasan Danau Toba, demi peningkatan ekonomi rakyat,” katanya.

Workshop tersebut menghadirkan Kepala Bappeda Simalungun Lurinim Purba SSos MSi didampingi Kabid Fisik, Rudi Saragih sebagai narasumber dengan moderator Zulpanuddin Dalimunthe SH.

Sebagai narasumber kedua, Frans Nopendy Saragih SSTP MSi diwakili Nina Triana Sembiring dengan moderator Yenny Silalahi, dan Pahala RB Sinaga SSTP diwakili Ka Bidang Perizinan, Anton Oramon Damanik SE MSi.

Sekeretaris Dinas Parbud, Amson Napitupulu, menambahkan, kegiatan worskshop tersebut salah satu bantuan (safety net) bagi industri pariwisata khususnya hotel dan restoran.

Sedangkan tugas pemerintah daerah adalah melakukan mensosialisasi, bimbingan teknis melalui workshop.

“Targetnya adalah, pada tahun 2021 mudah-mudahan sektor pariwisata kita bisa normal kembali. Oleh sebab itu mari kita berupaya untuk menerapkan program Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) di setiap destinasi maupun lokasi yang terkait pariwisata dan ekonomi kreatif, dan tetap menaati protokol kesehatan,” sebut Amson.

Sementara itu, Ketua Panitia Zulpanuddin Dalimunthe SH dalam laporannya menyampaikan bahwa ada 70 peserta yang mengikuti kegiatan workshop. Panitia juga memberikan sertifikat kepada setiap peserta yang sudah mengikuti workshop. (*)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Polres Lhokseumawe Paparkan Pengungkapan Kasus Curat, Cabul dan Narkoba

Polres Lhokseumawe Paparkan Pengungkapan Kasus Curat, Cabul dan Narkoba

Kepolisian Resort (Polres) Kota Lhokseumawe, menggelar Konferensi Pers pengungkapan sejumlah kasus yang terjadi di wilayah hukumnya, Jum'at (15/1/2021). Kapolres AKBP ...
Bupati Batubara Bantu Warga Terdampak Banjir di 3 Kecamatan

Bupati Batubara Bantu Warga Terdampak Banjir di 3 Kecamatan

Bupati Ir Zahir MAP memberikan bantuan kepada warga di 3 kecamatan di Kabupaten Batubara yang terdampak banjir, Jum'at (15/1/2021). Banjir ...
Pulang Beli Sabu, Remaja 17 Tahun Ini Diciduk Polisi, BB Disimpan Dalam Kotak Rokok

Pulang Beli Sabu, Remaja 17 Tahun Ini Diciduk Polisi, BB Disimpan Dalam Kotak Rokok

Seorang remaja berusia 17 tahun ditangkap Satuan Narkoba Polres Siantar karena membawa narkoba jenis sabu, Kamis (14/1/2020) sekira jam 23.50 ...
Pria Tewas di Depan Mapolda Sumut, Kabid Humas: Korban Sakit Paru-paru

Pria Tewas di Depan Mapolda Sumut, Kabid Humas: Korban Sakit Paru-paru

Sesosok pria mendadak tergeletak persis di depan Mapolda Sumatera Utara, Jum'at (15/1/2021). Dari mulutnya keluar darah segar. Petugas piket di ...
Harimau Sumatera Berkeliaran di Desa Meranti Timur, Seekor Kambing Jadi Mangsa

Harimau Sumatera Berkeliaran di Desa Meranti Timur, Seekor Kambing Jadi Mangsa

Penampakan seekor harimau Sumatera, Rabu (13/1/2021) membuat heboh warga di Dusun VI Sigalapang, Desa Meranti Timur, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, ...
Deliserdang Gelar Vaksinasi, Kadiskes: Wajib Dua Kali

Deliserdang Gelar Vaksinasi, Kadiskes: Wajib Dua Kali

Dinas Kesehatan Deliserdang menggelar vaksinasi Covid-19 di RSUD Deliserdang Jumat (15/1/2021). Kegiatan vaksinasi diawali dengan menyuntikkan vaksi kepada 10 tokoh ...
Reklam Sticky Ads
Reklam Inread
Triv
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
ReklamStore Scroll