Categories: Metro 24 Jam

Personel Polres Tanjungbalai Ikuti Pembekalan Pengamanan TPS pada Pilkada 2020

Seratusan personel Polres Tanjungbalai menjalani pembekalan sekaligus menerima arahan untuk pengamanan Pilkada 2020 Tanjungbalai.

Pelaksanaan kegiatan dipimpin Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira didampingi Waka Polres Kompol H Jumanto di GOR Wira Satya Mapolres Tanjungbalai, Selasa (01/12/2020) mulai pukul 10.00 Wib.

Hadir sebagai narasumber, mewakili Ketua KPU Tanjungbalai, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara, Mhd Guntur Sitorus SPdI serta Ketua Bawaslu Dedy Hendrawan SH MH.

Kegiatan juga diikuti para Pejabat Utama dan Kapolsek sejajaran Polres Tanjungbalai.

Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut khusus dilaksanakan untuk para personel yang mendapat tugas pengamanan pada Pilkada 2020.

“Saya harapkan kepada rekan-rekan agar mencatat, dan apabila ada yang kurang dipahami, tolong ditanyakan kepada narasumber, agar dalam melaksanakan tugas pengaman di TPS nanti, rekan-rekan tidak ada lagi keraguan, sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” katanya.

Ia juga meminta kepada narasumber agar dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada personel Polres Tanjungbalai agar bisa melaksanakan tugas tanpa keraguan.

“Yang terpenting saya sampaikan, anggota kepolisian dilarang masuk ke dalam ring lokasi TPS, kecuali atas permintaan Ketua KPPS/anggota TPS,” katanya.

Kapolres Putu Yudha juga mengingatkan kepada para anggotanya untuk mengawal surat suara mulai dari gudang logistik hingga selesai penghitungan suara.

“Kotak bergerak ke PPK kelurahan, kemudian menginap di kelurahan. Besok pagi disalurkan ke TPS, yang semua giatnya harus dikawal. Petugas agar mencatat nomor HP Ketua KPPS dan antisipasi kotak suara agar tidak berjalan sendiri,” sebutnya.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan para personel untuk tetap menjaga kesehatan, sehingga jadwal yang sudah disusun tidak lagi berubah.

“Semuanya, rajin olahraga, pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumut melalui Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara, Mhd Guntur Sitorus, menambahkan sejumlah aturan yang perlu diketahui oleh para personel yang akan melakukan pengamanan.

“Bagi pemilih yang suhu tubunya tinggi diarahkan ke bilik khusus. Tinta diteteskan tidak dicelup. Pada pintu keluar dan masuk harus disiapkan cuci tangan dan sarung tangan dan para pemilih harus mengggunakan masker,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa relawan pasangan calon dilarang membagi-bagikan masker yang memiliki atribut.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis KPU Tanjungbalai, Mhd Guntur Sitorus menambahkan bahwa selama proses pendistribusian kotak suara dan pelipatan surat Suara tidak ditemukan permasalahan.

Ia menjelaskan, bahwa TPS akan dibuka pada pukul 07.00 Wib disaksikan oleh pengawas TPS dan saksi serta berakhir pada pukul 13.00 Wib.

“Boleh mencoblos kembali apabila sudah mendaftar di bawah pukul 13.00 Wib, tapi jika mendaftar di atas pukul 13.00 Wib tidak diperbolehkan,” katanya.

Guntur mengingatkan, pukul 11.30 sampai 13.00 Wib merupakan jam rawan dalam pemilihan, karena para petugas TPS sudah lelah dan pemilih ada yang salah masuk lokasi.

“Pemilih juga dilarang mendokumentasikan hak pilihnya. Kenali siapa Ketua KPPS-nya masing-masing karena dialah yang berhak dan mensahkan perolehan perhitungan suara di TPS,” jelasnya.

“Apabila ada pemilih yang tidak menggunakan masker maka Ketua KPPS menyediakan masker untuk pemilih dan tanpa atribut,” imbuh Guntur.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Tanjungbalai mengingatkan, agar para personel pelaksanaan Pilkada nanti memakai APD yang telah disediakan.

“Tidak ada kotak suara yang bergerak tanpa ada pihak kepolisian, semuanya tetap dalam pengawalan dari pihak kepolisian,” tandasnya. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

20 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago