Categories: Metro 24 Jam

Utang Pembelian Rp174 Juta Tak Dibayar, Agen Telur Ayam di Sidempuan Dijemput ke Rumah

Seorang pria yang sehari-hari berprofesi sebagai agen telur ayam di Kota Padang Sidempuan diamankan personel Unit Reskrim Polsek Beringin dari kediamannya, Minggu (29/11/2020) sekira pukul 23.45 Wib.

Khaidir Noval Harahap (48), warga Komplek Perumahan Sidempuan Baru, Kelurahan Silandit, Padang Sidempuan Selatan, Kota Padang Sidempuan, dalam dugaan penipuan dan penggelapan utang terhadap Dewiwaty (33), warga Dusun VI, Desa Pematang Biara, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, lebih kurang setahun lalu.

Kanit Reskrim Polsek Beringin Iptu D Manalu SH, mengatakan, Khaidir Noval Harahap ditangkap berdasarkan Laporan Polisi nomor: LP/119/X/2020/SU/ RESTA DS/SEK BERINGIN, tanggal 27 Oktober 2020.

Dalam pengaduannya, Dewiwaty mengatakan telah mengalami kerugian akibat ditipu sebanyak Rp174 juta.

Peristiwa itu berawal pada Rabu (18/12/2019) sekira pukul 10.00 Wib. Saat itu Noval datang ke rumah Dewiwaty di Dusun III, Desa Pematang Biara, Kecamatan Pantai Labu, untuk membeli telur ayam sebanyak 200 ikat atau 60.000 butir.

“Saat itu tersangka berjanji kepada pelapor akan membayar uang telur ayam yang diambil setelah habis terjual,” katanya.

Selanjutnya, Noval kembali datang pada Minggu (29/12/2019) sekira pukul 09.30 Wib tanpa membawa uang yang dijanjikan sebelumnya.

Meski begitu, Noval kembali meminta sebanyak 120 ikat lagi telur ayam dan berjanji akan membayar keseluruhan utangnya kepada Dewiwaty setelah seluruhnya habis terjual.

“Dua kali mengambil telur, tersangka belum juga melunasi utangnya. Terakhir, tersangka kembali datang menemui korban dan meminta sebanyak 120 ikat lagi telur ayam dan berjanji akan membayar seluruh utangnya, setelah semua telur terjual,” urai Manalu.

Namun setelah mengambil sebanyak 440 ikat atau sebanyak 132.000 butir telur, Noval ternyata tak mau melunasi utangnya.

Dewiwaty beberapa kali coba menagih dengan menghubungi nomor seluler Noval, namun tak mendapat jawaban. Kesal merasa telah ditipu, Dewiwaty kemudian membuat pengaduan ke Polsek Beringin Polresta Deliserdang.

Berdasarkan laporan pengaduan tersebut, personel Unit Reskrim Polsek Beringin melakukan penyelidikan tentang keberadaan Noval, hingga akhirnya mendapat informasi bahwa pria bertubuh tambun itu berada di kediamannya di Kota Padang Sidempuan.

Tim yang dipimpin Iptu D Manalu segera berangkat ke Padang Sidempuan dan berhasil mengamankan Khaidir Noval Harahap, Minggu (29/11/2020) sekira pukul 23.45 Wib.

“Dari hasil interogasi, tersangka mengakui perbuatannya telah mengambil telur ayam seperti yang dilaporkan pelapor,” katanya.

Dari pengungkapan kasus tersebut, polisi menyita barang bukti 3 lembar faktur bon pengambilan telur ayam, masing-masing 120 ikat pada tanggal 01 Februari 2020, 120 ikat tanggal pada 29 Desember 2019 dan 200 ikat pada tanggal 18 Desember 2019. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

20 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago