Categories: Metro 24 Jam

Begini Pandangan Asner Silalahi Tentang Peran Komunitas Dalam Memajukan Pematang Siantar

Ir Asner Silalahi MT berdialog dan diskusi dengan berbagai komunitas dari kalangan, yang pada umumnya anak-anak muda Kota Pematang Siantar, di Patarias Coffee Shop, Jalan Sangnaualuh, Siantar Timur, Sabtu (27/11/2020) malam.

Sejumlah komunitas yang hadia antara lain dari kalangan budaya, seni dan musik, kreatif, sosial, pendidikan, arung jeram, peduli anak dan Karang Taruna.

Dalam diskusi bertema “Membangun Kolaborasi Komunitas Dengan Pemerintah” tersebut, Asner Silalahi menjadi salah satu narasumber ditemani pemuda kreatif Tumpak W Hutabarat, moderator Hotmatua H Silalahi dan pembawa acara Tommy Angelo.

Komunitas yang hadir menaruh harapan yang tinggi kepada Asner Silalahi dan dr Susanti Dewayani, jika kelak terpilih sebagai walikota akan menjawab persoalan mereka yang sudah bertahun-tahun nyaris tidak mendapat perhatian pemerintah.

Pada kesempatan itu, Asner Silalahi pun menerima sejumlah pertanyaan terkait konsep kerja yang sudah direncanakan ketika menjadi Walikota Pematang Siantar.

Beberapa pertanyaan yang diajukan di antaranya, bagaimana langkah yang akan ditempuh Asner Silalahi dan dr Susanti Dewayani mewujudkan Siantar ramah anak, meningkatkan wisata, meningkatkan mutu pendidikan, menumbuhkan kreatifitas atau meningkatkan prestasi generasi muda baik dari segi olahraga, UMKM dan lainnya.

Menjawab pertanyaan itu, Asner Silalahi dengan tegas mengatakan, ia menilai bahwa generasi muda adalah penentu kemajuan daerah di era kemajuan teknologi ini. Untuk itu kaum milenial harus mendapat wadah dan perhatian dari pemerintah.

“Bagi kemajuan pendidikan, sangat perlu diadakan perlombaan antar pelajar atau komunitas. Contohnya, lomba membuat robot,” katanya.

Untuk memberi wadah kepada anak-anak muda, Asner mengatakan bahwa ia telah merencanakan diadakan perlombakan pada setiap hari ulang tahun Kota Pematang Siantar. Kegiatan ulang tahun kota itu nantinya, kata Asner, akan diadakan kurang lebih selama 10 hari.

“Kita pun akan berusaha menjadikan Siantar tuan rumah PON 2024 bagi beberapa pertandingan olahraga. Siantar sebagai kota nomor dua terbesar punya potensi itu dan kita harus ngotot. Dan saya yakin bisa karena PON itu bukan PON Medan, tapi PON Sumut,” jelasnya.

Selain itu, Asner Silalahi juga mengaku telah menyusun program pelatihan dan pembinaan UMKM.

Sementara untuk menambah geliat pariwisata, beberapa fokus utama Asner Sialahi adalah menguatkan nilai budaya dan kuliner.

“Semua Informasi keunggulan di kota ini akan dimuat dalam bentuk brosur, kemudian dibagikan kepada warga yang datang dari Bandara Kuala Namu,” katanya.

Asner pun berjanji akan menjadikan Sungai Bah Bolon sebagai objek yang menarik, mulai dari kegiatan arum jeram dan penataan.

Ia yakin program ini berjalan baik karena pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR mempunyai anggaran ke sana. Tugasnya adalah bagaimana melobi anggaran tersebut bisa diperoleh sesuai program yang telah disusun.

Tak kalah penting bagi Asner adalah mencoba menelusuri keberadaan terowongan yang ada di Siantar Hotel hingga ke Pabrik Es Siantar yang ada di Jalan Sudirman.

Menurutnya, terowongan bersejarah itu bisa didesain menjadi objek wisata bersejarah dan ditambah dengan adanya sentuhan baru seperti membuat rumah hantu.

Pensiunan ASN yang sudah puluhan tahun bekerja di Kementerian PUPR tersebut mengutarakan pentingnya menjaga Cagar Budaya dan dengan merawat bangunan bersejarah akan menambah objek wisata.

Sementara itu, Hotmatua H Silalahi mendorong kepada semua komunitas untuk mengajukan pertanyaan atau pun memberikam saran dan masukan kepada Asner.

Hal ini disampaikan karena keterbatasan waktu. Namun Asner Silalahi berjanji, kelak dipercaya jadi Wali Kota Pematangsiantar lewat pemungutan suara pada 9 Desember 2020, pertemuan rutin akan dilakukan kepada komunitas. Di sana menjadi ajang diskusi memberi masukan untuk kemajuan Siantar.

Sedangkan Tumpak Hutabarat, sebelumnya berpesan kepada Asner Silalahi agar membangun Siantar dengan tulus dan harus berani mengabaikan permintaan pihak manapun, yang jika hal tersebut menghambat program pembangunan.

Ia juga berpesan kepada Ny Asner Silalahi agar menjadi ibu walikota yang mampu memajukan kota lewat PKK atau lainnya. Tumpak tak lupa berpesan agar semua janji yang sudah disampaikan tidak diingkari. (*)

Recent Posts

Berhasil Curi Honda Supra, 2 Pria Ini Lebaran di Sel Polisi Plus Masing-masing Sebutir Peluru

Dua orang pria terpaksa dilumpuhkan tekab Polsek Medan Baru. Pasalnya, kedua sohib itu nekat melawan…

8 jam ago

Benda Mirip Mortir Ditemukan di Hatonduhan

Huta VIII, Nagori Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun mendadak ramai, Selasa (13/4/2021) sekira pukul…

9 jam ago

Polisi Jaga Ketat Pencairan Dana UMKM di Pematang Siantar

Personel Sat Sabhara Polres Pematang Siantar, melakukan penjagaan dan pengawasan ketat pencairan dana Usaha Menengah…

9 jam ago

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

14 jam ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

18 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

18 jam ago